Catatan Muslim

Tips Memilih Pet Shop Terbaik

Pet shop menjadi satu kebutuhan yang sangat penting. Terutama bagi mereka yang miliki hewan peliharaan dan tak mau kesayangannya terjadi sesuatu. Oleh karena itu menjadi penting adanya informasi terkait tips memilih pet shop terbaik.

tips memilih pet shop terbaik
finansialku.com

Maklum saja kini hewan peliharaan menjadi salah satu alat atau cara terapi paling efektif. Dimana pandemi tak kunjung efektif. Menjadi kebutuhan siapa saja untuk memastikan baik-baik saja.

Namun untuk sampai pada alamat pet shop ada baiknya untuk tahu seluk beluknya. Khususnya bagi mereka yang miliki hewan peliharaan cukup banyak, baik itu kucing maupun anjing.

Dengan memahami ini semua bisa jadi, siapa tahu dari hobi bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Tak sedikit mereka yang bisa mengubah kondisi ini menjadi sebuah peluang yang menggiurkan.

Bisa jadi di sekitar kita ada pet shop hanya saja kita ragu dengan layanan yang mereka berikan. Apakah sesuai dengan standar atau hanya bisnis asal-asalan semata.

Baca juga: Ubah Hobi jadi Cuan, Ini yang Saya Lakukan

5 Layanan Pet Shop yang Banyak Dicari

Saat ini setidaknya ada 4 layanan pet shop yang banyak dicari. Maklum saja masyarakat perkotaan sangat konsen dengan hewan peliharaan yang mereka miliki.

Tak ingin kecewa maka ada baiknya kenali layanan pet shop terpopuler berikut ini:

1. Perawatan Hewan Peliharaan

Pet shop identik dengan jasa perawatan hewan peliharaan baik itu grooming, bathing maupun layanan lainnya. Mayoritas jenis hewan yang dipilih tentu saja kucing dan anjing. Hal ini karena dua jenis hewan ini paling banyak dipilih sebagai peliharaan.

Dan kini, dimasa pandemi layanan pet shop tidak saja hanya ada di lokasi saja. Tak jarang mereka juga melayani jasa panggilan. Kita duduk manis di rumah dan tim dari pet shop akan datang ke rumah untuk memanjakan anjing atau kucing dimiliki.

2. Pelatihan Hewan Peliharaan

Seringkali kita menemukan hewan yang baru dibeli masih miliki perilaku agresif. Belum bisa menerima lingkungan dan tuan baru.

Namun demikian tidak perlu khawatir karena pet shop pun akan siap membantu memberi jasa pelatihan. Tujuannya sudah pasti agar lebih ramah dengan si empunya dan lingkungan baru.

Kebiasaan-kebiasaan baru akan diajarkan dan hasilnya bisa dirasakan dalam beberapa waktu ke depan. Jangan lupa konsultasikan apa yang terjadi saat ini dan tujuan apa yang ingin diraih di masa yang akan datang.

3. Tempat Penitipan atau Hotel

Sering dinas keluar kota dan di rumah tidak ada yang bisa diandalkan maka pet shop adalah solusinya. Dimana pet shop biasanya mereka menyediakan jasa pentitipan atau hotel untuk hewan peliharaan.

Untuk waktunya pun bisa disesuaikan, mau dalam hitungan jam atau hari mereka siap memanjakan hewan peliharaan. Tak perlu takut dan harus bertanya ini “kitten” sudah makan atau belum.

4. Jasa Dokter Hewan

Mayoritas pet shop yang ada saat ini juga menyediakan jasa dokter hewan. Tujuannya sudah pasti untuk menjaga “kesayangan” dalam kondisi baik-baik saja.

Jangan sampai sakit dan menderita terlalu lama. Kita sebagai pemilik pastinya akan merasa sedih berada dalam satu kondisi yang tidak nyaman. Mereka pun kini tidak saja melayani di lokasi praktik saja tapi juga bisa dipanggil ke rumah.

Jasa dokter hewan ini bukan saja hanya untuk hewan sakit saja. Tapi mereka juga akan dengan sigap membantu proses vaksinasi, microchipping, obat cacing dan tindakan medis lainnya.

Kalaupun ternyata pet shop di Jakarta yang dipilih tidak menyediakan jasa dokter hewan secara khusus setidaknya mereka miliki rekanan. Tujuannya sudah pasti bila terjadi hal tidak diinginkan langsung mendapat tindakan yang tepat.

5. Menyediakan Keperluan Hewan Peliharaan

Tidak hanya itu saja tapi biasanya mereka juga menyediakan aneka kebutuhan hewan peliharaan. Bukan saja menyediakan makanan hewan secara spesifik tapi mereka biasanya juga menjual aneka kebutuhan mulai dari sabun, shampo hingga pernak pernik cantik.

Tak perlu pergi jauh atau harus ke toko lain. Sembari mendapat treatment kita bisa membeli apa yang sekiranya diperlukan untuk hewan peliharaan.

Baca Juga: Kiat Sukses Jasa Penitipan Hewan

Tips Memilih Pet Shop Terbaik

Setelah mengetahui dan memahami jasa apa yang biasanya pet shop tawarkan maka saatnya memilih pet shop terbaik. Artinya kita tidak bisa datang ke tempat asal-asalan karena bisa jadi hanya akan mendapat tretment asal kelar.

Agar tidak salah pilih maka pahami hal-hal berikut di bawah ini.

1. Miliki Izin Resmi

Kini usaha apapun itu harus mendapat izin resmi dari pemerintah setempat. Artinya usaha tersebut benar-benar telah memenuhi syarat secara administrasi.

Biasanya mereka yang miliki usaha akan memampang surat izin tersebut. Izin ini juga akan memberi rasa aman dimana produk ditawarkan pun mendapat pengawasan dari pemerintah.

2. Memisahkan Hewan Sakit dan Sehat

Terlihat sepele tapi pastinya sangat penting. Sepintas sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pet shop ada baiknya melakukan observasi ke dalam.

Tujuannya untuk melihat perlakuan pengelola terhadap hewan dititipkan. Jangan sampai menitipkan pada pet shop yang tidak memisahkan antara hewan sakit dan sehat.

Bila hewan sehat dijadikan satu dengan hewan yang sakit maka akan sangat rentan. Bisa jadi saat kita titipkan dalam kondisi sehat dan kemudian sewaktu diambil sakit karena tertular.

3. Pilih Pet Shop Terpercaya

Bila zaman dulu bisa jadi kita akan kesulitan menemukan pet shop yang terpercaya atau amanah. Namun diera serba digital saat ini sangat mudah menemukan pet shop terpercaya.

Cukup melihat review dari pelanggan sebelumnya. Tak percaya cobalah ketik satu nama di mesin pencari google dan kita akan menemukan nama pet shop. Dan selanjutnya kita bisa melihat ulasan dari google tersebut.

Biasanya satu usaha yang bagus miliki bintang mendekati angka 5. Sangat jarang pelanggan memberikan nilai kecil bila tidak keterlaluan. Selain itu lihat diskripsi dari ulasan itu dan kita akan tahu plus minusnya.

4. Berada di Lingkungan Baik

Jangan lupa perhatikan lingkungan sekitar pet shop berada. Apakah lingkungan yang cukup baik atau tidak.

Jangan sekali-kali memilih pada lokasi yang kotor dan kumuh. Hal ini karena bisa jadi meningkatkan potensi risiko untuk sakit atau terkena virus dan kuman.

Area pet shop idealnya juga bersih dan tidak ada bau tidak sedap karena seperti kita tahu. Hewan dalam jumlah banyak sangat rentan untuk meninggalkan kotoran.

5. Pilih yang Miliki Dokter Hewan

Sebisa mungkin saat menentukan pet shop yang akan digunakan untuk memilih mereka yang miliki dokter hewan. Tujuannya untuk memastikan semua hewan dalam kondisi baik-baik saja.

Hanya mereka yang ahli dan paham betul akan hewan yang bisa mengetahui kondisi mahluk yang tak bisa bicara ini. Dengan adanya dokter hewan yang stand by minimal kita sebagai pemilik akan merasa lebih tenang.

Adanya beberapa informasi terkait tips memilih pet shop terbaik ini setidaknya bisa memberikan rujukan. Bila ingin memanjakan hewan peliharaan harus pergi ke mana.

Jangan sampai pilih karena mereka tidak bisa bercerita apa yang mereka rasakan. Tapi setidaknya kita sebagai tuan bisa memberikan yang terbaik.

Lina Muryani

Add comment