Catatan Muslim

Kiat Sukses Jasa Penitipan Hewan

Saat ini seringkali kita tidak menduga bila diluar sana ada cukup banyak orang yang cukup jeli dalam menangkap sebuah peluang. Salah satunya dengan menjamurnya jasa penitipan hewan.

jasa penitipan hewan
antarafoto.com

Padahal dulu bisa jadi orang akan menyepelekan bisnis ini. Namun siapa sangka bila keberadaannya begitu dicari, terutama bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan dan harus ditinggal ke luar kota untuk satu urusan.

Jenis hewan yang paling banyak dipelihara tentu saja ada aneka burung, anjing, kucing dan masih banyak lagi. Tak menutup kemungkinan ada juga diantara pecinta hewan tak biasa seperti ular, iguana hingga kura-kura.

Harga dari masing-masing hewan pun bervariasi. Mulai dari yang puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan. Tapi jangan salah meski harga bervariasi tapi rasa sayang mereka tetap sama, begitu besar atau lebih tepatnya luar biasa.

Tak jarang mereka, para pemilik hewan ini rela menggelontorkan budget untuk “kemakmuran” hewan kesayangan.

Baca juga: Ubah Hobi Jadi Cuan, Ini yang Saya Lakukan

Mengubah Hobi Jadi Cuan

Melihat peluang yang begitu besar, terutama di kota besar membuat mereka para pecinta hewan ini pun berpikir. Bagaimana hobi bisa berjalan dan biaya bisa ditekan seminimal mungkin.

Salah satu cara yang bisa dipilih tentu saja dengan membuat bisnis jasa penitipan hewan. Logikanya, kalaupun tidak ada yang mengajukan penitipan mereka tetap akan merawat hewan kesayangan mereka.

Bisnis ini pun memiliki potensi keberhasilan yang jauh lebih besar. Hal ini didasari dengan kecintaan akan membuat seseorang penasaran dan belajar. Mencari informasi dan wawasan lebih banyak lagi.

Sukses membangun Jasa Penitipan Hewan

Faktanya tidak banyak pemilik usaha jasa penitipan hewan yang untung besar atau berhasil. Masih banyak diantara mereka yang kemudian gagal.

Hal ini dikarenakan dalam bisnis tidak saja perlu melibatkan hobi. Lebih dari itu dibutuhkan persiapan matang.

Diantara beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam membangun jasa penitipan hewan antara lain:

1. Lakukan Perencanaan yang Matang

Apapun bisnisnya pasti membutuhkan perencanaan yang matang. Ada baiknya semua bisa di catat dan direncanakan untuk mengontrol progres dari bisnis dibangun.

Benar usaha ini bermula dari hobi tapi dalam bisnis itu saja tidak cukup. Harus ada kalkulasi atau hitung-hitungan yang terukur sehingga semua keputusan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Pilih Lokasi Strategis

Selanjutnya, bisnis apapun pastinya akan dipengaruhi lokasi di mana mereka berada. Mereka yang bisa menemukan lokasi strategis pastinya akan lebih mudah menjaring market yang tepat.

Berada di lokasi yang mudah terlihat dan diakses dari berbagai penjuru pastinya akan menjadi nilai lebih. Logika paling sederhana masyarakat kita adalah memilih sesuatu tanpa ribet.

Paling mudah dilihat dimana ketika mereka berbelanja pasti akan memilih tempat yang mudah ditemukan daripada lokasi yang tidak terlihat.

Mereka yang memiliki kesadaran tinggi terhadap kesehatan hewan bisanya adalah masyarakat yang tinggal di perkotaan. Hewan, khususnya kucing kini bisa dijadikan teman terbaik untuk berbagi.

3. Optimalkan Promosi

Memiliki usaha di salah satu lokasi yang strategis saja tidak cukup. Harus ada sejumlah upaya dilakukan untuk membuat jasa penitipan hewan lebih mudah dikenal masyarakat luas.

Saat ini kita hidup di era digital dan bisa memanfaatkan semua sumber daya untuk melakukan promosi yang masif. Ada banyak pilihan media promosi yang bisa diambil, mulai dari yang gratisan hingga berbayar.

4. Bekerja Sama dengan Komunitas Pecinta Hewan

Cara lain paling mudah untuk dekat dengan para pecinta hewan sudah pasti dengan bergabung komunitas pecinta hewan. Di tiap kota biasanya ada wadah yang akan menaungi para pehobi.

Menjadi salah satu anggota dari komunitas juga akan memberi wawasan terkait hewan. Terutama tentang cara perawatan dan mengatasi penyakit kalau saja itu tiba-tiba terjadi.

5. Dekat dengan Dokter Hewan

Salah satu keuntungan pemilik jasa penitipan hewan dekat dengan dokter hewan tentu saja menjadi prioritas dalam tindakan. Terutama untuk memastikan kesehatan hewan benar-benar terjaga.

Memberi pengalaman berbeda bahwa apa yang ditawarkan benar-benar amanah. Dan pastinya tidak ingin bukan tiba-tiba terjadi sesuatu dan bingung akan lari kemana.

Terlebih bila kita benar-benar buta terhadap dunia kesehatan hewan. Jangan coba-coba sok tahu dan kemudian akan berakibat fatal dengan hilangnya nyawa.

Saat ini ada cara paling mudah untuk menemukan dokter hewan terdekat. Salah satunya dengan aplikasi Halodoc, dimana start up ini pada mulanya memang fokus untuk menjaga kesehatan manusia.

Dalam berjalannya waktu mereka pun melakukan inovasi dan terobosan dengan melibatkan dokter hewan. Tujuannya pun sama, bagaimana bisa memberikan layanan terbaik untuk semua hewan yang membutuhkan pertolongan.

joko yugiyanto

Add comment