Catatan Muslim

Ubah Hobi Jadi Cuan, Ini yang Saya Lakukan

Kalau beberapa tahun yang lalu pekerjaan sebagai abdi negara adalah favorit semua orang. Namun kini tidak lagi, telah banyak anak muda yang mampu ubah hobi jadi cuan.

ubah hobi jadi cuan
catatanmuslim.com

Saya pun demikian, sedikit banyak telah ubah hobi jadi cuan. Apapun yang saya kerjakan dan itu termasuk adalah hobi saya maka sebisa mungkin akan dikonversi dalam bentuk nominal.

Tak besar memang angkanya tapi setidaknya cukup untuk bertahan di ibu kota. Terlebih diawal pandemi saya kehilangan pekerjaan utama sebagai human capital sejak awal April 2020.

Mau cari kerja lagi saat itu juga dirasa tidak mungkin karena banyak perusahaan melakukan efisiensi. Terlebih semua pihak sedang fokus dengan adanya corona virus di tanah air.

Praktis saya harus memutar otak. Bagaimana caranya bertahan dirantau tanpa harus merepotkan yang lain.

Bertahan dengan sisa tabungan pasti sebagai opsi pertama. Tapi keuangan pasti akan tergerus bila tidak ada pendapatan.

Saatnya Ubah Hobi Jadi Cuan

Tak perlu waktu lama bagi saya untuk memutuskan ubah hobi jadi cuan karena selama ini memang saya menjadi salah satu pelaku meski skala amatiran. Sejak April 2020 saya mencoba mendata ulang “alat tempur” apa yang siap pakai.

Harapannya dengan apa yang ada bisa dioptimasi pada level tertinggi. Selain itu pastinya menyiapkan alat tempur yang lainnya.

Dan setidaknya yang secara konkrit telah saya lakukan untuk benar-benar ubah hobi jadi cuan antara lain:

1. Hobi Menulis

Beruntung dulu saat di kampus bergabung dengan lembaga pers mahasiswa. Dimana saat itu kemampuan menulis saya benar-benar diasah.

Seseorang yang tidak tahu cara menulis yang baik dan benar tapi dipaksa untuk terus berproses dan berproduksi. Tak banyak hasilnya memang karena kala itu entah kenapa saya kurang tertarik pada desk redaksi.

Namun jangan salah, dari organisasi kampus tersebut mampu mengantarkan saya sebagai salah seorang jurnalis di salah satu media mainstream terbesar tanah air. Selama hampir satu tahun saya dan puluhan calon jurnalis muda digembleng untuk bagaimana menjadi seorang pewarta yang berintegritas.

Saat ini setidaknya dari hobi menulis saya bisa mengelola beberapa blog. Selain itu pastinya bisa ikut lomba blog dan sedikit banyak merasakan manisnya sebagai seorang juara. Dari hobi menulis bukan hanya itu saja yang bisa saya ubah menjadi cuan.

Sesekali saya pun masih menulis untuk blog atau situs orang lain. Jangan kaget pula bila kemudian saya mengatakan sebagai pekerja teks komersil karena itu benar adanya.

2. Hobi Main Sosial Media

Selain menulis pastinya saya juga hobi bermain sosial media. Mulai dari facebook, twitter, instagram, youtube hingga linkedIn saya miliki dan dari semua itu pun bisa menghasilkan sejumlah rupiah.

Pekerjaan sebagai content creator, influencer, key opinion leader, buzzer dan sejenisnya pun saya jalani meski dalam skala kecil. Dari pekerjaan ini kita dituntut untuk jeli melihat pesan apa yang hendak disampaikan.

Benar kiranya bila saya katakan ubah hobi jadi cuan tapi tetap saja kita harus selektif. Mana yang bisa diambil dan mana yang tidak bisa diambil

Ada beberapa kategori yang tidak pernah saya ambil bila bertentangan dengan hati nurani dan etika. Selain itu pastinya semua hal yang menyangkut suka, agama dan antar golongan.

Saatnya Naik Kelas dengan Aplikasi Super

aplikasi super
superapp.id

Dua hal diatas adalah hobi saya yang telah terbukti jadi cuan. Dan kini saatnya naik kelas dengan menjadi seller melalui dunia digital.

Dimana siapapun kini yang memiliki hobi berdagang bisa memanfaatkan teknologi digital untuk menuntaskannya. Jalan ninja itu harus go online mengingat cara kerja offline mulai ditinggalkan.

Khusus warga Surabaya dan sekitarnya sangat disarankan untuk menginstal Aplikasi Super. Caranya pun sangat mudah yakni hanya dengan 3 langkah saja:

1.Download Aplikasi Super di Play Store
2.Instal dan daftar kemudian isi data diri selengkap mungkin
3.Lakukan verifikasi dan selesai

Mudah bukan dan prosesnya tidak ribet sehingga bisa menjadi opsi bagi mereka yang ingin mendapat penghasilan meski di rumah saja. Kalau kamu belum ada aplikasi ini buruan unduh dan daftarkan diri.

Khusus bagi mereka yang menjadi Super Agen maka akan mendapat keuntungan lain seperti:

1. Kulakan itu Mudah

Tidak perlu repot untuk telpon sales atau pergi ke toko grosir. Dengan aplikasi ini maka semua yang ingin dibeli untuk kulakan akan bisa didapat.

2. Harga Bersaing

Bukan hanya mudah tapi juga soal harga bisa diadu. Dijamin lebih mudah dan ketika dijual kembali akan untung besar

3. Free Ongkos Kirim

Tanpa ada biaya tambahan dan pesanan akan dikirim satu hari kemudian. Bayangkan bila masih menggunakan cara lama pastinya butuh biaya untuk beli bensin, waktu dan tenaga ke tempat grosiran.

Aplikasi ini juga terbukti efektif untuk penuhi kebutuhan sehari-hari. Baik bagi mereka yang ingin menjadi agen atau hanya sebagai pengguna biasa atau user langsung.

Dan berikut beberapa diantaranya:

1. Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Dengan aplikasi ini maka kamu yang tinggal di Surabaya bisa belanja untuk kebutuhan sehari-hari. Aneka kebutuhan sehari-hari akan dengan mudah ditemukan pada aplikasi ini.

Soal harga dan kualitas jangan khawatir. Hanya produk yang baik saja yang akan diproses dalam aplikasi ini.

2. Belanja Super Mudah

Belanja itu mudah dan benar adanya. Cukup di rumah saja dan pilih apa yang ingin dibeli maka barang akan datang.

Cara belanja seperti ini juga pastinya lebih disarankan karena bisa menjaga jarak satu sama lain. Tidak ada lagi kerumunan dan diharapkan sebaran corona virus bisa ditahan.

3. Banyak Bonus dan Voucher

Bagi kamu yang suka dengan bonus, hadiah atau voucher maka tepat kiranya miliki aplikasi ini. Dimana mereka sering kali bagi-bagi hadiah terutama voucher.

Mereka yang telah menggunakan sejak tahun lalu pastinya ingat dengan Super Bohay. Banyak diantara pengguna yang beruntung dan mendapat potongan dengan kode unik.

Tak mau bukan kehilangan kesempatan untuk untung lebih banyak. Makanya jangan sampai tidak memiliki aplikasi yang keren banget ini dan buktikan ubah hobi jadi cuan berikutnya terlaksana dengan sempurna.

joko yugiyanto

Add comment