Catatan Muslim
usaha cetak foto digital

Usaha Cetak Foto Digital, Modal Minim Untungnya Menggiurkan

Usaha cetak foto digital merupakan sebuah peluang menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Apalagi saat ini, setiap orang semakin dimudahkan dalam mengabadikan momen. Baik melalui kamera digital, hingga smartphone yang hampir dimiliki setiap individu.

Fakta ini semakin memudahkan untuk siapa saja mengoleksi foto-foto terbaiknya. Dimulai foto keluarga, persahabatan, liburan, dan lain sebagainya.

Dahulu untuk bisa memiliki koleksi foto tidak mudah. Terlebih bagi yang tinggal di kampung. Harus mendatangi jasa pemotreran, hingga menunggu berhari-hari untuk melihat hasilnya.

Saat ini semua orang bisa dengan mudah memotret sebanyak apa pun yang di inginkan. Smartphone dan memori card, adalah dua alat yang semakin memanjakan keperluan tersebut.

Menariknya, kita juga bisa melihat langsung hasil objek yang di bidik. Tentu saja akan semakin mudah dalam memilih foto terbaik untuk diabadikan di media sosial, atau dicetak.

Peluang Usaha Cetak Foto Digital

Kemudahan dalam mengambil foto merupakan peluang bisnis menjanjikan. Dengan hal ini setiap keluarga bisa mengabadikan momen tumbuh kembang anak, dan lainnya.

Bagi yang ingin menghias dinding rumah dengan foto tersebut, tentu berinisiatif untuk mencetaknya. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang ingin menyimpannya dalam sebuah album.

Fakta ini membuat banyak orang berinsiatif membuka usaha percetakan foto digital. Bagi siapapun yang sedang mencari referensi usaha, sepertinya perlu mempertimbangkan peluang ini.

Baca juga: Bisnis Tanpa Modal, Ini yang Harus Dilakukan

Modal Usaha Cetak Foto Digital

Modal usaha cetak foto digital sebenarnya tidak terlalu besar. Cukup memiliki laptop, printer, tinta dan kertas foto. Maka usaha pun sudah bisa berjalan. Aplikasi yang dijalankan juga terbilang mudah, hanya dengan Photoshop pun sudah bisa.

Bagi yang belum ada budget membeli laptop maka bisa memilih komputer, modal yang dikeluarkan bisa semakin irit. Harga printer pun sangat bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk kertas foto 1 pak berisi 20 lembar, berukuran A4 harganya lebih kurang Rp 40 ribuan.

Penggunaan tinta sangat dianjurkan menggunakan Art Paper, selain berkualitas juga tidak mudah luntur sekali pun terkena air. Harga tinta sangat beragam, untuk yang paling terjangkau sekitar Rp 60 ribu/ botolnya.

Dalam penggunaan tinta, printer umumnya membutuhkan 4 warna yang berbeda yaitu biru, merah, kuning, dan hitam.

Daftar Ukuran Foto

Bagi pemula biasanya hanya bisa melayani jasa cetak foto dari ukuran 2×3 cm hingga A4. Namun jika printer yang digunakan sudah menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi, tentu saja ukurannya bisa lebih besar, misalnya hingga A3.

Adapun ukuran foto yang umumnya dipesan customer adalah sebagai berikut:

• Pas Photo 2 x3 : 20mm x 28mm
• Pas Photo 3×4 : 28mm x 38mm
• Pas Photo 4×6 : 38mm x 58mm
• 1R : 38mm x 58mm
• 2R : 60mm x 90mm
• 3R : 89mm x 127mm
• 4R : 100mm x 150mm
• 5R : 130mm x 180mm
• 6R : 150mm x 200mm
• 10R : 200mm x 250mm

Untuk menentukan harga ada baiknya untuk melakukan survai atau cek 3 harga kompetitor terlebih dahulu. Setiap wilayah biasanya memiliki perbedaan harga, tapi tidak terlalu jauh.

Di tempat saya misalnya, harga foto berukuran 4×6 harganya berkisar antara Rp 2.000,- s/d Rp 2.500,-. Sementara untuk ukuran 10R biasa Rp 12.000,- hingga Rp 15.000,-. Jangan lupa beri sedikit servis semisal perubahan background atau kecerahan. Yang pasti layani customer sepenuh hati hingga merasa nyaman untuk berkunjung kembali.

Baca juga: Usaha Busana Muslim Membuat Rezeki Makin Berkah

Tips Sukses Usaha Cetak Foto Digital

Seperti dibahas sebelumnya, harga perlembar kertas foto A4 sekitar Rp2.000,-. Ukuran tersebut cukup untuk mencetak foto ukuran 5R sebanyak 2 lembar, dan 10R untuk 1 lembar.

Jika selembar foto 10R dihargai Rp 12.000,- setelah dipotong harga kertas masih ada selisih Rp 10.000. Ambil saja perumpamaan biaya tinta dan lainnya Rp 2.000,-/lembarnya. Setidaknya Rp 8.000,-/ lembar keuntungan bersih bisa didapatkan bukan?

Untuk membuat usaha menjadi banyak pelanggan, pastikan kualitas dan layanan senantiasa memuaskan. Berikan juga bonus bagi customer yang mencetak dalam jumlah besar.

Akan lebih menguntungkan lagi jika bekerja sama dengan para fotografer. Dengan hal ini pesanan dalam jumlah partai bisa lebih mudah didapatkan.

Acara pernikahan, khitanan, ulang tahun dan lainnya, mayoritas memerlukan cetakan foto dengan jumlah cukup banyak. Bagaimana tertarik membuka usaha cetak foto digital?

Chinta Velina

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.