Catatan Muslim

Rahasia Usaha Ramai Pembeli yang Jarang Disadari

Memiliki usaha ramai pembeli tentu menjadi dambaan semua penjual jasa maupun produk apa pun. Sebab keuntungan usaha memang sangat ditentukan oleh jumlah pembeli yang bertransaksi.

usaha ramai pembeli
catatanmuslim.com

Di suatu lokasi tak jarang ada beberapa usaha sejenis yang dibuka. Misalnya saja usaha foto copy di dekat kampus, maupun usaha jual beli hp di dekat jalan raya. Dengan sangat mudah dalam satu ruko ada beberapa usaha sejenis.

Meski melayani produk dan jasa yang sama, biasanya ada satu tempat usaha yang sangat ramai pembeli. Banyak yang berasumsi negatif seperti menggunakan jasa dukun, hingga jin. Pada hal jika dipikir secara logika semua orang bisa melakukan itu, meski hanya memanfaatkan perantara dirinya sendiri.

Baca juga: Tips Berbisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

Lantas apa sebenarnya rahasianya? Pada postingan kali ini kita akan mencoba mengungkapnya bersama.

Berbagai Kemungkinan Usaha Ramai Pembeli

Belajar dari lapangan, baik di pusat perbelanjaan modern maupun tradisinal ada beberapa kemungkinan kenapa suatu usaha bisa lebih ramai pembeli dibanding yang lainnya:

1. Harga Lebih Murah

Harga bersahabat sepertinya cukup logis jika dijadikan sebagai suatu alasan kenapa seseorang memutuskan berbelanja di suatu tempat. Sayangnya tidak semua orang mengincar harga murah, beberapa diantaranya justru meragukan kualitas suatu produk atau jasa jika dijual lebih murah.

2. Pelayanan Lebih Ramah

Kenyamanan dalam berbelanja memang merupakan suatu hal yang sangat didambakan oleh setiap customer. Tak sedikit mereka yang akan merasa sangat sakit hati ketika dilayani dengan tidak baik saat berbelanja. Meski jadi membeli kekecewaan itu akan selalu diingat, sehingga bisa membuatnya tidak kembali berbelanja lagi di lain hari.

Pelayanan yang ramah merupakan salah satu cara sederhana membuat para customer nyaman dan senang, sehingga berpotensi menjadi pelanggan setia. Hal ini karena dengan pelayanan terbaik mereka merasa dihormati, dihargai, dan diperlakukan sebagaimana seharusnya.

3. Diskon dan Hadiah

Di berbagai pusat perbelanjaan modern sering kita temukan diskon dan potongan harga. Dalam momen-momen tertentu diadakan pula undian berhadiah untuk para pelangggannya.

Diskon memang dapat membuat orang lebih tertarik untuk membeli suatu produk. Hanya saja cara ini biasanya efektif ketika calon pembeli sudah mengetahui produk dan lokasi, bukan inisiatif sendiri langsung menuju tempat usaha.

Karena seperti kita tahu, di pusat perbelanjaan itu ada beragam jenis usaha dari para pelaku usaha yang berbeda. Seringkali mereka menuliskan diskon dengan besar-besar untuk menarik perhatian calon pembeli.

Begitu pun untuk usaha yang ada di dekat jalan raya maupun keramaian lainnya, cara ini efektif ketika seseorang melihat tulisan diskon 25%, 50% dan lain sebagainya.

4. Ini Rahasia Usaha Ramai Pembeli

Cara-cara di atas memang merupakan bagian dari cara memikat customer baru. Namun ini belum menyentuh dua ranah customer sekaligus, yakni hati dan pikiran sebagai pusat dari keputusan tindakan seseorang.

Cara menyentuh keduanya adalah dengan membangun kepercayaan pelanggan. Kepercayaan akan tumbuh mana kala kita memiliki branding yang sangat baik.

Paling mudah yang bisa dilakukan adalah memberikan layanan dengan sepenuh hati. Perusahaan sekelas Pertamina saja menggunakan Senyum, Salam, Sapa dan langkah kecil itu tentu bisa diterapkan. Ingatlah apa pun yang dilakukan dengan ketulusan dan keiklasan akan selalu sampai ke hati.

Baca juga: Mapemall Tawarkan Promo dan Diskon Menarik

Layani setiap customer yang datang dengan sangat baik, berikan pemahaman yang cukup terhadap mereka yang merasa tidak paham terhadap satu hal. Jika customer menanyakan suatu produk, berikan referensi beberapa produk dengan kualitas dan harga terbaik sehingga calon pembeli memiliki pilihan sesuai kebutuhan dan dana disediakan.

Apa bila di kemudian hari ada keluhan terkait produk yang dibeli, layani mereka seperti halnya kita ingin dilayani jika menjadi customer. Tetap tenang jangan hanya berfokus pada keuntungan, jadilah bagian dari solusi setiap masalah.

Ajarkan ini kepada setiap karyawan yang ada di usaha kita, bentuk mereka menjadi orang-orang humanis yang melihat semua orang sebagai saudara dekat. Apa yang diajarkan kelak akan memberi efek baik untuk kita.

Proses Tidak akan Membohongi

Jika hal-hal sederhana di atas dilakukan, maka bukan hal yang sulit untuk usaha ramai pembeli dan menjadikan setiap customer baru sebagai pelanggan, dan menjadikan pelanggan sebagai media promosi terbaik kepada khalayak luas.

Kepercayaan akan mengalahkan banyak hal, mulai harga murah hingga hadiah sekali pun. Berikanlah hal-hal terbaik dengan maksimal sesuai kemampuan pada semua orang ,maka akan banyak hal-hal terbaik yang bisa kita dapatkan. Termasuk usaha yang barokah dan selalu cukup memenuhi setiap kebutuhan, baik primer, skunder, hingga tersier.

joko yugiyanto

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.