Catatan Muslim

Usaha Percetakan Undangan Bisnis Musiman yang Menjanjikan

Usaha percetakan undangan,  merupakan salah satu jenis usaha yang memilik target pasar sangat luas. Hampir semua orang akan dihadapkan pada kebutuhan undangan. Mulai dari keperluan acara nikahan, khitan, ulang tahun dan lain sebagainya.

usaha percetakan undangan
klikmania.net

Hal ini menandakan bahwa usaha percetakan undangan sudah memiliki target pasar cukup baik. Dimana pun kamu berada,  tentu bisa membuka usaha ini. Di perkampungan, di perkotaan, dekat jalan raya, dan lain sebagainya.

Modal Usaha Percetakan Undangan

Mayoritas seseorang menunda membuka usaha karena alasan modal. Padahal sejatinya modal bukanlah suatu kendala utama melainkan tekad untuk terus berusaha dan bekerja keras.

Modal bisa didapatkan dengan mudah,  jika kita memiliki tekad baja untuk segera membuka usaha. Bukankah Tuhan memberi rezeki sesuai kebutuhan dan upaya kita?

Usaha yang akan dibuka tentu bisa menyesuaikan jumlah modal yang dimiliki. Jika modal sudah banyak, tidak ada salahnya langsung membuka percetakan berskala besar.

Namun jika modalnya minim, bisa membuka usaha sesuai modal ala kadarnya atau bisa di bilang modal dengkul.

Dengan modal minim, bukan berarti usaha yang dibuka tidak profesional. Tidak masalah membeli komputer second selama masih berkualitas.

Kamu pun bisa juga membeli printer baru dengan harga terjangkau.

Baca juga: Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Sukses Usaha Percetakan Undangan

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar percetakan undangan yang dibuka bisa segera segera berkembang. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Terus Belajar dan Berinovasi

Sebelum memulai usaha percetakan undangan, ada baiknya sudah memiliki keterampilan  dasar dalam hal desain. Baik menggunakan Corel Draw maupun Photoshop.

Setrampil apa pun kemampuan desain yang dimiliki, pastikan untuk tidak pernah berhenti belajar dan berinovasi.

Dengan senantiasa belajar, maka kita tidak akan tertinggal dengan yang lainnya. Inovasi juga memungkinkan untuk selangkah lebih di depan dan pastinya semakin mudah mendapatkan pelanggan.

  1. Vendor Blangko yang Lengkap

Sebelum membuka usaha, sebaiknya melakukan survei penyedia blangko undangan terdekat. Pastikan memiliki beberapa referensi vendor blangko terbaik yang memiliki koleksi lengkap.

Dengan hal ini, usaha yang dijalankan akan semakin mudah menjawab semua kebutuhan pelanggan. Sebagus dan sebanyak apa pun desain undangan yang dimiliki, tanpa ketersediaan blangko akan menghambat dan merusak kepercayaan customer.

  1. Pilihan Katalog Lengkap

Bayangkan ketika sedang mencari undangan, kemudian menemukan lokasi yang memiliki banyak penyedia jasa tersebut. Di lokasi tersebut, terpasang spanduk mulai dari terima jasa cetak undangan, undangan murah berkualitas, dan tulisan di spanduk pada umumnya.

Pas menoleh ke kiri, ada salah satu peyedia jasa di spanduknya tertulis, sedia 1001 desain undangan terbaik. Saya yakin, akan lebih memilih mengunjungi tempat yang menyediakan 1001 desain undangan tersebut.

Tentu saja karena banyaknya pilihan akan semakin memudahkan kita, untuk mendapatkan undangan terbaik sesuai keinginan. Jadi pastikan, usaha yang dirintis memiliki pilihan katalog yang lengkap ya.

  1. Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi startegis merupakan salah satu media promosi yang sangat kuat. Untuk itu pilih lokasi terbaik agar dapat ditemukan dengan mudah oleh siapa pun.

Ada banyak contoh lokasi strategis, seperti di pasar, dekat jalan raya, dekat sekolah,  dan lain sebagainya. Maka sebelum memastikan akan membuka usaha di mana untuk lakukan survey terlebih dahulu.

  1. Harga dan Kualitas Bersaing

Setiap usaha apa pun tentu memiliki persaingan. Usaha tanpa pesaing akan terasa hambar dan kurang bergairah. Jangan takut untuk bersaing, sebab ia akan menjadikan kita semakin kreatif dan inovatif.

Agar usaha yang dijalankan selalu bisa bersaing dengan baik. Selain perhatikan harga agar benar-benar diikuti kualitas dari produk itu sendiri. Jangan lupa pastikan tidak ada kesalahan cetak, sehingga tampilan produk selalu bersih dan elegan.

  1. Promosi yang Kuat

Promosi adalah tips sukses usaha percetakan undangan terakhir yang saya rekomendasikan.  Ada banyak jalan melakukan promosi, mulai dari pasang spanduk hingga share di blog dan media sosial. Bisa juga bikin kartu nama kemudian bagikan.

Media sosial, internet dan lainnya semakin mempermudah pelaku bisnis dalam melakukan promosi. Dengan hal ini, sekali pun lokasi usaha tidak terlalu strategis maka tidak perlu khawatir lagi.

Baca juga: Usaha Toko Mainan Anak

Promosi juga bisa dilakukan melalui undangan yang dicetak. Tuliskan logo percetakan lengkap dengan nomor teleponnya. Selama undangan yang dibuat berkualitas, siap-siap saja menerima banyak orderan. Baik yang menghubungi melalui telpon, media sosial, hingga datang sendiri ke tempat usaha.

Chinta Velina

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.