Catatan Muslim
Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol : Harga Tiket, Foto, Alamat, dan Penginapan

Gunung Batu Jonggol memang tidak terlalu terkenal dikalangan pendaki dan komunitas pencinta alam. Karena lokasinya yang tidak terlalu banyak dilewati oleh transportasi umum. Namun Gunung ini sudah lumayan terkenal dikalangan pendaki bogor dan sekitarnya. Karena medannya yang tidak terlalu sulit sehingga sangat cocok dijadikan pilihan untuk pemula yang baru mendaki.

Gunung Batu Jonggol
Img : Arie Fadly

Ukuran gunung yang tidak terlalu tinggi menjadikan gunung ini destinasi wisata yang tak membutuhkan waktu lama. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja, kamu sudah sampai di area berkemah. Disini kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah. Area berkemah ini sebuah area lapang dengan rerumputan dan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi.

Jika kamu memutuskan untuk berkemah disini, kamu perlu hati-hati karena ada kawanan monyet yang sering mencuri atau mengambil makanan. Sebaiknya simpan makanan ditempat aman yang tidak diketahui oleh monyet bisa juga didalam tenda. Walaupun begitu, monyet disini terbilang ramah dan tidak akan menyerang pendaki.

Mengenal Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Img : Senja Sore

Gunung Batu terletak di Desa Sukaharga, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Awalnya bernama Gunung Batu Jonggol, karena dahulu gunung ini berada di wilayah administratif Kecamatan Jonggol. Sebetulnya tempat ini lebih cocok disebut bukit lantaran hanya memiliki tinggi 875 meter diatas permukaan laut (mdpl) atau sekitar 2.871 kaki.

Setiap gunung pasti memiliki mitos, legenda dan cerita mistis, salah satunya seperti Gunung Putri Lembang yang memiliki legenda “Konon menurut warga sekitar, tempat ini ada hubungannya dengan Legenda yang terkenal yakni Sangkuriang. Menurut cerita, gunung ini dijadikan tempat pelarian dan persembunyiin Dayang Sumbi yang ketika itu sedang dikejar oleh anaknya yakni Sangkuriang.

Lain halnya dengan gunung ini yang tidak memiliki cerita mistis, mitos, maupun legenda yang tersebar dimasyarakat. Jadi buat kamu yang tidak terlalu suka hal yang berbau mistis dan ingin mendaki gunung, kamu harus mencoba gunung ini.

Gunung Batu Jonggol
Img : Bilqis Rachelsya

Untuk mencapai area berkemah kamu hanya memerlukan waktu pendakian sekitar 15 menit saja, dimulai dari pos pertama kamu membayar karcis. Dari area berkemah tersebut kamu sudah dapat melihat puncak dengan sangat jelas.

Dari area tersebut pendakian bisa kamu lanjutkan, namun kali ini dengan medan yang lebih sulit. Jika kamu berkunjung pada musim hujan, sebaiknya kamu berhati-hati karena medan nya licin dan kamu akan mudah tergelincir. Silahkan ikuti Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan.

Sebelum sampai puncak, terdapat beberapa titik dimana kamu harus menggunakan tali untuk menaiki batu-batu tebing. Jika kamu sudah berhasil melewati titik tersebut, kamu akan sampai di puncak gunung ini.

Harga Tiket

Img : Vlog Fraditha

Untuk dapat mendaki Gunung batu kamu harus membayar karcis atau tiket di pos pertama, harga tiketnya sendiri sangat murah yakni Rp 15.000,- jika tidak menginap, namun kamu harus membayar biaya tambahan jika ingin mendirikan tenda yakni sebesar Rp 5.000,-.

Disini tersedia tempat parkir dengan tarif parkir yang bervariasi, untuk sepeda motor Rp 15.000,- sedangkan mobil Rp 30.000,- untuk minibus sekitar Rp 50.000 menginap. Kamu dapat membeli perbekalan diwarung yang terdaapt di area parkir.

*Harga diatas adalah harga terakhir penulis mengunjungi tempat tersebut, harga sewaktu-waktu bisa berubah. Kamu dapat membagikan harga terbaru dikolom komentar.

Rute menuju Gunung Batu Jonggol

Img : Ceng Chiang

Salah satu yang membuat tempat wisata ini belum begitu terkenal karena jarang atau bahkan tidak ada transportasi umum yang memiliki rute menuju lokasi ini. Sehingga kamu perlu menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil.

Walaupun tidak ada transportasi umum yang menuju saja, jalanan disini sudah terbilang bagus. Tidak serusak yang dibayangkan. Jadi aman untuk kesehatan kendaraan pribadi kamu, tidak perlu khawatir akan rusak.

Untuk sampai kelokasi ini kamu bisa melewati Cibubur menuju cileungsi, terus hingga kamu sampai ke jonggol dan cariu. Dari cariu kamu akan melihat papan petunjuk menuju lokasi tersebut.

Sepanjang jalan menuju lokasi tersebut, kamu akan bertemu dengan tiga kampung gunung batu, yakni Gunung Batu I, Gunung Batu II, dan Gunung Batu III. Lokasi tersebut berada di Gunung Batu I.

Lokasi : Desa Sukaharga, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Maps : Gunung Batu Jonggol

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment