Hai Sobat Traveller~ Bagi para pendaki, hujan adalah salah satu hal yang dapat membendung niat mereka untuk mendaki gunung. Namun banyak dari mereka yang lebih memilih menghiraukan itu karena merasa terpanggil untuk mendaki gunung.

Mendaki Gunung adalah hal yang lumayan sulit, terlebih lagi bagi para pendaki gunung pemula. Jika musim hujan, kesulitan itu akan berlipat ganda.

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Buat kamu yang rindu ingin mendaki gunung meski musim hujan, kamu perlu perhatikan beberapa hal ini agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Jika kamu bisa menahan rasa rindu tersebut, sebaiknya kamu urungkan niat kamu untuk mendaki. Demi keselamatan kalian bersama.

1. Persiapan

Img : Tokopedia.com

Kamu perlu menyiapkan semuanya dengan matang karena saat musim hujan jalur pendakian kamu akan lebih tertasa sulit dibandingkan saat cuaca cerah. Banyak rintangan yang akan kamu hadapi, sebaiknya kamu mempersiapkan semuanya secara matang.

Bukan hanya barang-barang saja, kamu juga perlu menyiapkan fisik, dan mental. Jika dirasa kurang sehat, jangan dipaksakan untuk mendaki. Masih ada hari esok yang bisa kamu pilih.

2. Jalur Gunung

Aku sangat menyarankan untuk memilih jalur pendakian yang singkat, karena sangat tidak memungkinkan untuk berkemah dimusim hujan. Dengan jalur yang singkat kamu tidak perlu berkemah, kamu bisa mendaki pagi hari dan pulang sore hari.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui jalur yang akan kamu lalui. Hindari jalur pendakian yang beresiko, karena tidak menutup kemungkinan saat musim hujan sangat rawan longsor dan tanah yang licin.

3. Pakaian

Biasanya saat musim hujan, angin akan reasa sangat kencang. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan pakaian yang hangat agar terhindar dari masuk angin yang membuat tubuh kamu tidak fit.

Pilihlah sepatu yang nyaman, sangat disarankan memakai sepatu Boots. Jalur pendakian yang licin harus menjadi pertimbangan kita untuk memilih sepatu. Dengan sepatu Boot kamu tidak perlu kuatir air masuk kedalam sepatu kamu.

4. Gunakan Gaiter

Bukan hanya jalur pendakian yang semakin sulit saja, saat musim hujan biasanya banyak binatan pacet yang mulai bermunculan. Hal ini akan menjadi rintangan tersendiri yang harus dihadapi. Kamu bisa mencegah binatan pacet menempel dikakimu dengan menggunakan gaiter.

5. Gunakan Trash Bag

Tidak menutup kemungkinan kalau air akan masuk kedalam tasmu melalui celah ritsleting atau jahitan. Untuk mengatasi ini kamu bisa menggunakan Trash Bag untuk menghindari air masuk dan membasahi tas kamu.

6. Trekking Pole

Jalur yang licin adalah salah satu hal yang harus dihadapi pendaki saat musim hujan. Kamu wajib membawa Trekking Pole, alat ini akan mencegah kamu tergelincir dengan menjaga keseimbangan kamu.

Tentang Penulis

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Tinggalkan Komentar