Salah satu tempat wisata di lembang bandung yang eksotis dan wajib kamu coba adalah Gunung Putri Lembang. Tidak akan ada habisnya jika kita membahas tempat wisata di bandung. Selain banyak, tempat wisata di bandung setiap tahunnya selalu bertambah.

Tempat wisata di bandung berpusat di lembang, salah satu kawasan yang banyak diminati oleh wisatawan karena tempat wisatanya. Seakan ingin menunjukan wujudnya sebagai salah satu tempat wisata terbaik di kota bandung, lembang menyuguhkan banyak destinasi wisata mulai dari tempat wisata sampai wisata kuliner.

Gunung Putri Lembang

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi di bandung adalah Gunung Putri Lembang. Gunung yang memiliki ketinggian 1.587 mdpl ini biasanya dipilih oleh pendaki pemula untuk melatih fisiknya. Bukan tanpa sebab, karena di gunung ini kamu hanya perlu menempuh waktu yang lumayan singkat. Selain itu, jalur pendakiannya pun tidak terlalu sulit untuk pemula.

Kamu dapat menikmati keindahan alam lembang bandung dari atas sini, kamu juga bisa menikmati indahnya gemerlap lampu – lampu kota bandung dari atas sini. Banyak hal yang bisa kamu lakukan disini, seperti gunung pada umumnya kamu bisa menikmati sunset dan sunrise dari atas Gunung Putri Lembang.

Sejarah Dan Legenda

Membahas soal gunung tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas soal misteri-misteri yang terdapat di tempat tersebut. Salah satu keasyikan dari hiking dan pendakian gunung adalah misteri tersebut. Dengan misteri kita lebih tertantang untuk mendaki, karena kita merasa ditarik oleh rasa penasaran yang ada dalam diri kita sendiri.

Gunung Putri Lembang memiliki benteng peninggalan zaman kolonial Belanda, benteng tersebut masih berdiri kokoh namun sayangnya tidak terurus. Hal itu yang menyebabkan benteng ini seperti mengeluarkan hawa negatif.

Benteng tersebut berada di puncak gunung, dan dibangun pada tahun terjadinya World War I (Perang Dunia Pertama) pada tahun 1913 – 1917 oleh pemerintahan Belanda. Karena umurnya yang cukup tua dan tidak terawat, akhirnya benteng ini ditumbuhi banyak rerumputan dan ilalang.

Selain sejarahnya yang menarik, gunung ini memiliki legenda yang menarik juga. Konon menurut warga sekitar, tempat ini ada hubungannya dengan Legenda yang terkenal yakni Sangkuriang. Menurut cerita, gunung ini dijadikan tempat pelarian dan persembunyiin Dayang Sumbi yang ketika itu sedang dikejar oleh anaknya yakni Sangkuriang.

Walaupun cerita itu sudah banyak dipercaya oleh warga sekitar, tidak sedikit pula yang menyakini bahwa Gunung tempat persembunyiin Dayang Sumbi adalah Gunung yang lain. Bukan Gunung Putri seperti yang tersebar dalam cerita tersebut.

Lokasi Gunung Putri Lembang

Gunung ini terletak di bandung barat tepatnya di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Kamu bisa menuju lokasi dengan kendaraan pribadi ataupun dengan angkutan umum. Banyak tersedia angkutan umum yang menuju ke Gunung Putri.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi mungkin kamu dapat dengan mudah menemukan lokasi dengan bantuan Google Maps. Namun demi menghindari hal yang tidak diinginkan seperti macet, baterai habis dan hal lainnya. Kamu bisa mengikuti arahan kami.

Pertama-tama kamu harus mulai dari Alun-Alun Lembang, setelah itu kamu belok kiri ke arah tangkuban perahu. Memang lokasi gunung putri tidak jauh dari tangkuban perahu. Dari Gunung Tangkuban Perahu anda bisa mengikuti jalanan tersebut, sekitar kurang lebih 2,5 kilometer kamu akan dapat melihat Jl Gunung Putri. Masuk ke jalan tersebut dan kamu akan sampai di Kampung Gunung Putri. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di pos penjagaan.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa mengikuti arahan kami. Mulai dari terminal ledeng kamu bisa mengunakan angkutan umum jurusan Stasiun Hall – Lembang atau bisa juga Ciroyom – Lembang. Kamu bisa turun di Jl Jayagiri, kamu akan melihat melihat gunung putri dari arah situ dan bisa langsung mengikuti jalan dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Dan Parkir

Harga tiket dan masuknya sendiri tidak terlalu mahal, pastikan anda membawa makanan dan minuman sebelum sampai puncak karena tidak ada perjual makanan dan minuman disana.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 7.500 – Rp 17.500
ParkirRp 10.000

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu, kamu bisa menginformasikan harga terbaru dengan komentar dibawah ini. Sekalian review hehe.

Gunung Putri Lembang 7500
Comments Rating 5 (2 reviews)

Tentang Penulis

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

2 Comments

Tinggalkan Komentar

Sending