Jendela Alam Lembang merupakan tempat yang menyatukan konsep wisata dan edukasi. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga, karena disini kamu akan diajak berwisata sambil belajar.

Belajar Sambil Berwisata Di Jendela Alam Lembang

Anak-anak akan diajak belajar mengenai lingkungan dan makhluk hidup sambil menikmati alam sekitar yang sejuk dan indah. Kegiatan edukasi disini sudah dirancang sedemikian rupa agar anak-anak tidak merasa bosan dan pastinya merasa asik untuk mengikuti kegiatan alam disini.

Tidak heran jika banyak sekolah di bandung yang menjadikan Jendela Alam Lembang sebagai destinasi field trip, sekarang bukan hanya sekolah di bandung saja melainkan ada beberapa sekolah dari luar kota yang menjadikan tempat wisata ini menjadi field trip.

Jendela Alam Lembang : Hal-hal yang bisa dilakukan

Banyak kegiatan edukasi yang dapat kamu lakukan disini, kegiatan-kegiatan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagiannya terdapat wisata edukasi yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat wisata edukasi tidak membosankan, pastinya asik jika dilakukan bersama keluarga dan teman.

Jendela Edukasi

Di Jendela Edukasi ini terbagi menjadi beberapa bagian, kamu akan diajak berwisata sambil belajar tentang makhluk hidup dan lingkungan. Kamu akan didampingi Tour Guide yang akan mengajak anda menjalani kegiatan edukasi seru ini. Anak – anak tidak diajak berkeliling saja, namun mereka dapat melakukan interaksi disetiap bagian kegiatan edukasi.

Kegiatan Bercocok Tanam Konvensional

Disini kamu akan dikenalkan dan dibimbing bercocok tanam konvensional dengan metode sama yang digunakan oleh petani pada umumnya. Berkebun konvensional ini lebih seru dengan ditemani oleh guide berpengalaman, kamu akan diberikan alat-alat berkebun seperti sekop, pupuk, benih sayuran, alat siram, dan alat lainnya. Kamu juga akan diajarkan mengenai tumbuh kembang tanaman mulai dari menumbuhkan benih hingga merawat tanaman. Hal ini akan menarik minat anak-anak kepada lingkungan dan tanaman.

Panen Tomat cherry dan membuat olahan

Selanjutnya kamu akan diajak memanem buah tomat cherry sesuka hati, kegiatan ini paling disukai oleh anak-anak. Tomat Cherry tersebut akan di packing rapih dan dapat kamu bawa pulang. Tidak hanya diperbolehkan untuk memetik buah tomat cherry sesuka hati, kamu juga akan dijelaskan mengenai buah ini mulai dari proses tanam hingga kandungan gizi yang terdapat dibuah ini.

Selain memanen buah tomat cherry, kamu juga akan dipersilahkan untuk memanen telur ayam secara langsung dan dibolehkan untuk membawa satu butih telur. Tidak jauh dari tempat panen telur, kamu akan diajarkan cara mengolah telur asin, cincau dan yogurth. Setelah kamu selesai membuat olahan tersebut, kamu diperbolehkan untuk menikmati olahannya.

Mencari Harta Karun

Dalam kegiatan ini anak-anak akan diberi peta dan diajarkan cara membuat kompas. Tapi sebelum itu, anak-anak akan dibagi kedalam beberapa kelompok. Kegiatan ini sangat seru dan mengedukasi, kamu harus mengikuti petunjuk yang ada sampai akhirnya menemukan harta karun yang dituju. Mencari harta karun bisa melatih anak – anak dalam hal Team Work, Skill Mapping, dan sebagainnya.

Memberi makan hewan

Disini bukan hanya belajar tentang alam saja, anak – anak juga akan diajarkan mengenai hewan. Salah satu kegiatannya yakni dengan memberi makan hewan, kamu diperbolehkan memberi makan hewan dengan makanan yang susah disediakan disana. Hewan yang terdapat disini antara lain Kuda Poni, kelinci, sapi, kambing, dan hewan – hewan lainnya.

Jendela Permainan

Jendela Alam Lembang

Dok : Wina Noviani Fatimah

Setelah melakukan kegiatan belajar di jendela edukasi, kamu akan diajak refreshing dengan berbagai permainan yang tersedia di Jendela Permainan. Permainan yang tersedia disini sangat cocok untuk dinikmati oleh anak-anak karena sebagian besar permainan memang diperuntukan untuk anak-anak. Dengan adanya Jendela Permainan ini, dipastikan bahwa anak – anak tidak akan bosan saat berada di Jendela Alam Lembang. Beberapa permainan tersebut antara lain :

Permainan Menangkap Ikan

Permainan seru yang pertama ialah menangkap ikan, kamu bisa menangkap ikan yang sengaja dilepas di sungai buatan. Walaupun namanya sungai, permainan ini sangat aman untuk anak-anak karena ukuran sungainya yang kecil dan tidak dalam seperti yang kita bayangkan. Anak – anak bisa menangkap ikan dengan jaring kecil yang sudah disediakan.

Permainan Berkuda

Disini anak-anak akan diajak berkeliling area dengan menaiki kuda poni. Anak – anak akan merasa senang dengan menaiki kuda poni yang selama ini hanya bisa mereka lihat sebagai kartun. Kegiatan berkuda ini sangat aman karena ditemani oleh pawang yang sudah berpengalaman.

Permainan Kelompok Fun Games

Keseruan bisa tercipta dengan permainan kelompok yang tersedia disini, anak – anak akan diajak bermain permainan kelompok seru. Permainan tersebut yakni Tarik Tambang, Magic Ball, Balon Race, Four Stroke Race, dan permainan seru lainnya.

Permainan Perang Air

Bermain air memang kegiatan yang disukai oleh anak-anak, oleh karena itu disini terdapat permainan air yakni Perang Air. Dalam permainan ini anak – anak anak dibagi kedalam dua kelompok, setiap kelompok harus merobohkan benteng masing-masing dengan menggunakan Bola Air.

Mini waterboom

Keseruan bermain air tidak sampai di perang air saja, anak – anak akan diajak berenang di Mini waterboom yang tersedia di Jendela Permainan ini. Kegiatan ini pasti sangat asik mengingat anak – anak sangat suka bermain air. Tapi jangan lupakan kesehatan juga ya.

Masih banyak permainan-permainan lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi tempat wisata lembang terfavorit itu. Karena selain keseruan belajarnya, disana terdapat permainan yang tidak kalah serunya.

Jendela Workshop

Jendela Alam Bandung bukan hanya diperutukan untuk anak – anak saja, buat kamu yang sudah dewasa kamu bisa mengikuti beberapa aktivitas yang ada di Jendela Workshop ini. Tentu saja aktivitas ini tidak kalah serunya dengan beberapa kegiatan anak – anak diatas, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan :

Workshop Telur

Disini kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan fase telur, mulai dari mempelajari tentang Fase telur, penetasan telur, proses penetasan telur, dan sebagainya.

Workshop Bedah Anatomi Hewan

Kegiatan ini sangat cocok buat kamu yang menyukai pelajaran Biologi, kamu bisa belajar membedah salah satu hewan dan mempelajari tentang fungsi organ tubuh, dan sebagainya. Kegiatan ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin latihan untuk mempersiapkan pelajaran praktikum anatomi hewan.
Masih banyak hal-hal yang bisa kamu lakukan di Jendela Workshop ini, walaupun tidak sebanyak Jendela Edukasi dan Jendela Permainan. Jendela Workshop ini sangat menarik untuk diikuti.

Jendela Seni

Ternyata bukan hanya edukasi alamnya saja, disini terdapat edukasi seni. Walaupun tidak diajarkan tentang seni, menurut saya ini termasuk edukasi yang memperkenalkan kita kepada dunia seni. Disini kamu bisa mengasah skill dan menumbuhkan minat seni kamu. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain
Menghias Layang-layang

Anak – anak akan diberikan peralatan melukis dan satu buah layang-layang yang nantinya dapat mereka hias sesuka hati. Kita ketahui memang layang-layang adalah permainan yang menyenangkan, bahkan kita dulu kecil saja sering bermain layang,-layang.

Menghias Tanah Liat

Selain menghias layang-layang, anak-anak juga bisa menghias tanah liat. Mereka juga diberikan peralatan melukis dan tanah liat yang sudah dibentuk. Mereka bisa menghias tanah liat sesuka hati.

Fasilitas

Untuk memaksimalkan tempat wisata ini, pengelola menyediakan banyak sekali fasilitas mulai dari toilet, mushala, aula, tempat parkir, playground, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menemukan bak pasir dan perjernihan air disini.

Lokasi

Tempat Wisata ini terdapat di Jl Sersan Bajuri KM 4.5, Ledeng, Lembang, Bandung, Jawa Barat, 40559. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti Jalur menuju Jendela Alam Lembang yang terdapat di Google Maps.

Itulah beberapa informasi tentang Jendela Alam Lembang, untuk informasi harga tiket dan lainnya akan kami update nanti. Karena tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Jendela Alam Lembang
Overall
4.6
  • Fasilitas
    (4.5)
  • Keindahan
    (5)
  • Transportasi
    (4.3)
  • Penginapan
    (4.5)
Comments Rating 5 (1 review)

Tentang Penulis

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

2 Comments

Tinggalkan Komentar

Sending