Catatan Muslim

Bisnis Online Murah Meriah, Modal Ratusan Ribu Untung Jutaan

Bila pada zaman dulu mungkin agak susah untuk percaya bisnis online murah meriah. Tapi saat ini dimana era digital pada satu kondisi terbaik bisa dikatakan membuka peluang yang sangat besar.

bisnis online
pixabay.com

Bahkan hanya dengan modal ratusan ribu saja dalam satu bulan bisa menghasilkan jutaan. Menariknya modal ratusan ribu ini bukan hanya untuk satu bulan tapi untuk satu tahun.

Yes, kita cukup keluarkan modal di bulan pertama dan bulan-bulan berikutnya tinggal lakukan kreatifitas dan inovasi. Bisnis modal besar itu biasa tapi bisnis modal minimalis itu luar biasa.

Tak percaya silakan cermati tulisan ini dan gunakan logika dan akal sehat. Saat ini tentu kita sangat familiar dengan namanya hosting dan domain. Tak harus mahal, yang murah meriah pun sudah bisa digunakan.

Kenapa demikian, karena yang kita jual sejatinya adalah servis, jasa atau kreatifitas. Yang hendak kita tawarkan adalah isi yang ada dalam kepala bukan yang lain.

Bisnis Online Murah Meriah Terpopuler

Bentuknya apa tentu macam-macam dan berikut beberapa pilihan yang bisa diambil untuk menjalankan bisnis online murah meriah. Syarat paling utama lebih pada keinginan untuk belajar dan memberi yang terbaik.

Ingat, dalam menjalankan bisnis ini sejatinya kita cukup beli domain dan hosting. Dengan demikian juga tidak boleh asal-asalan.

Nama domain yang digunakan hendaknya mewakili diri kita atau usaha yang tengah dijalankan. Sementara itu hosting murah begitu mudah ditemukan tapi jangan asal murahan.

Penasaran dengan bisnis online apa yang coba saya tawarkan berikut ulasannya.

1. Menjadi Blogger

Menurut saya, iya ini adalah pilihan terbaik bila kita ingin berkreasi. Menjadi blogger bukan hanya asal menulis dan menyajikan data ataupun fakta. Lebih dari itu dibutuhkan kemampuan untuk merangkai kata menjadi makna yang lebih.

Proses panjang pastinya, tapi jangan khawatir selama bertahun-tahun menjadi blogger tak ada kata kehabisan bahan. Selalu ada hal baru untuk diulas, ditulis dari sudut pandang yang kita pilih.

Menjadi blogger adalah salah satu cara menaikan nilai jual kita secara nyata. Dimana pembaca bisa mengetahui apa yang ada dalam benak kita melalui tulisan yang kita buat.

Memutuskan menjadi blogger ada baiknya untuk mengerucutkan tema apa yang hendak kita pilih. ‘Niche’ demikian para blogger menyebut tema dipilih.

Dengan cara ini akan lebuh mudah mem-branding diri. Semisal saya suka makan dan berbau makanan pastinya niche food blogger saya pilih. Dan kamu bisa memilih dan menentukan niche apa yang sesuai dengan passion dan minat yang ingin dipelajari.

2. Menjadi Penulis Lepas

Cara paling instan tentu saja dengan menjadi penulis lepas dimana kita bisa menulis sesuai dengan keinginan klien. Namun untuk menjadi penulis lepas andal pastinya dibutuhkan jam terbang tinggi.

Harus banyak melatih dan menempa diri untuk berkarya lebih banyak, lebih cepat, lebih kritis dan lebih semuanya. Bila tulisan dirasa belum siap jual maka ada baiknya untuk fokus menjadi blogger.

Bila memiliki tulisan yang melimpah bisa juga digunakan sebagai portofolio. Memudahkan calon klien untuk melihat karya kita secara nyata dan bisa lebih mudah meyakinkan dan memengaruhi mereka untuk gunakan jasa kita.

3. Jasa Buat Web

Kalau kamu merasa kurang jago dalam menulis tapi bisa membuat sebuah desain web yang ciamik maka ini saatnya. Kamu bisa membuka jasa buat web entah itu blog atau landing page.

Bila belum menguasai keduanya maka bisa pilih yang paling basic dulu berupa bikin blog. Penting untuk menjaga komitmen pada diri sendiri untuk terus belajar dan mencoba hal baru.

Tak perlu takut gagal atau hasil optimal karena dalam bidang ini semua masih mungkin untuk diperbaiki. Ingat ada banyak kawan blogger yang lebih jago dan jangan sungkan untuk belajar kepada mereka.

4. Afiliate Marketing

Mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing tapi bagi anak muda bisa jadi ini adalah makanan mereka sehari-hari. Bagaimana tanpa produk mereka bisa tetap jualan dan lebih banyak.

Disini kita akan dituntut untuk bisa softselling atau mengedukasi masyarakat akan pentingnya sebuah produk. Bisa jadi kita harus membuat artikel panjang untuk lebih bisa meyakinkan pembaca bahwa produk mereka adalah yang terbaik.

Bila artikel cukup mudah dipahami dan memberi rasa percaya pada tiap pembaca maka pada akhir artikel biasanya mereka akan mengeksekusi. Kita sebagai afiliate akan mendapat keuntungan atau fee dari tiap transaksi yang terjadi.

5. Dropship / Reseller

Bila afiliate memiliki kecenderungan untuk jualan secara soft maka para pelaku dropship dan atau reseller ini lebih secara terang-terangan. Disini kamu bisa membangun website layaknya market place dimana seluruh dagangan bisa dipajang.

Sangat hemat bukan dengan kecil ini kita bisa menampung ratusan hingga ribuan foto produk. Mereka yang tertarik pun tidak perlu datang ke toko. Duduk manis di rumah dan mengakses via smartphone.

Selain 5 cara diatas untuk bisnis online murah meriah tentunya ada banyak cara lain yang bisa ditempuh. Hanya saja cara-cara tersebut telah terbukti ampuh menghasilkan.

Dan saya pribadi, hingga saat ini lebih memilih untuk membuka jasa bikin web dan bikin artikel. Alasannya sangat sederhana, mudah dan murah karena menulis adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Bikin web juga menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang blogger dimana kita memiliki kecenderungan untuk custom tampilan blog yang ada.

Selain itu pekerjaan ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Di jam kantor saya masih bisa menjadi karyawan swasta dan selebihnya saya bisa menjadi seorang content creator atau freelancer.

joko yugiyanto

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.