Catatan Muslim

Trik Mudah Mengatasi Dinding Tembok Berjamur

Seringkali kita merasa jengkel bila ada yang tidak beres dengan tembok rumah. Pada satu kondisi sering kali kita temukan jamur diberbagai sudut. Oleh karena itu menjadi penting bagi siapa saja untuk mengetahui cara mengatasi dinding tembok yang berjamur.

mengatasi dinding tembok berjamur
rukita.co

Namun sebelum mencoba melakukan tindakan ada baiknya untuk mengenali dan mengetahui apa sebab musababnya. Bila penyebab utama tidak ditemukan yang ada kegiatan mengatasi dinding tembok berjamur akan menjadi satu ritus.

Satu kegiatan yang terus berulang padahal bila ketemu akar masalah maka cukup satu kali proses dan ke depan tidak akan muncul kembali

Penyebab Dinding Tembok Berjamur

Ternyata dinding tembok berjamur itu bukan karena satu penyebab saja tapi ada banyak hal yang bikin tembok berjamur. Tapi pada umumnya sering kali ditemukan pada daerah-daerah yang cukup lembab.

Faktor curah hujan yang cukup tinggi pun sering kali menjadi biang keladi munculnya jamur pada permukaan tembok. Selain itu bisa juga dikarenakan saluran ventilasi yang tidak sesuai sehingga sirkulasi udara tidak sempurna.

Sementara itu pada beberapa kejadian lain dinding tembok berjamur karena salah pilih cat atau adonan dalam proses pelapisan dinding tidak sesuai. Ketidak sesuaian ini lah yang menjadi penyebab dinding tembok muncul bintik-bintik.

Cara Mengatasi Dinding Tembok Berjamur

Tak mau kejadian ini berlama-lama maka ada baiknya untuk segerakan cari solusi. Satu cara sederhana untuk hilangkan jamur yang muncul pada dinding tembok.

Kini ada banyak cara bagi pemilik rumah untuk mengatasi dinding tembok berjamur. Dari yang menggunakan bahan-bahan tertentu hingga modifikasi lingkungan sekitar.

Cara-cara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dimana bisa jadi semua cara ini tidak bisa diterapkan. Pilih satu saja yang paling tepat dan lakukan segera.

1. Perbaiki Sirkulasi Udara dan Cahaya

Seperti yang disampaikan diatas bahwa salah satu penyebab dinding tembok berjamur adalah buruknya sirkulasi udara dan cahaya. Oleh karena itu ada baiknya susun ulang posisi ventilasi atau jendela sehingga seluruh ruang mendapat sinar matahari dan udara yang cukup.

Khusus ruang atau kamar yang miliki jendela dan tirai. Saat pagi tiba ada baiknya buka dan biarkan udara dan segarnya matahari pagi bisa masuk.

2. Manfaatkan Larutan Antijamur

Cara ini bisa jadi yang paling banyak dipilih. Selain praktis pastinya biaya yang dibutuhkan relatif murah.

Cukup beli larutan antijamur dan semprot pada bagian-bagian yang terdapat jamur. Tak perlu waktu lama maka jamur akan berguguran dengan segera.

3. Cat Ulang Tembok

Selain ada jamur dinding terlihat kusam maka ini adalah solusi terbaik. Dengan melakukan cat ulang sejatinya tidak saja hanya mengembalikan keindahan seperti semula.

Namun lebih dari itu cara ini juga bisa membasmi jamur yang ada. Sebelum dicat pastikan dinding dibersihkan sebaik mungkin sehingga tidak ada kondisi tidak nyaman dikemudian hari.

Jangan lupa diakhir proses gunakan cairan anti waterproof. Namun demikian kini pun sudah ada cat yang terdapat kandungan anti bocor ini.

4. Gunakan Dehumidifier

Tiga cara sebelumnya tidak efektif maka saatnya gunakan Dehumidifier atau mesin yang berfungsi untuk mengurangi tingkat kelembaban. Mesin ini cukup efektif untuk menjaga dinding tetap baik-baik saja khususnya untuk di ruang kerja.

Kini tersedia beberapa pilihan dehumidifier yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada berbagai ukuran, kapasitas, hingga merek yang semua itu bisa disesuaikan dengan kantong.

Dan bila masih membandel dan jamur masih nampak di dinding tembok maka saatnya gunakan jasa Cleanipedia yang siap bereskan itu semua. Bukan hanya membasmi jamur tapi ada banyak hal menarik siap mereka berikan.

Lina Muryani

Add comment