Catatan Muslim

Mudah, Berikut Cara Merawat Rambut Pendek Tanpa Perlu ke Salon

Mereka yang dinamis cenderung enggan sesuatu yang ribet. Salah satu opsi yang dipilih kemudian adalah memilih dan merawat rambut pendek. Agar makin cantik maka pilih rambut layer pendek dan tahu tentang cara merawat rambut pendek yang benar.

rambut layer pendek
therightthairstyles.com

Rambut pendek itu praktis tapi bukan berarti minim kreatifitas dan tak bisa tampil cantik. Rambut pendek bukan berarti tidak harus dirawat atau diperhatikan.

Keduanya tetap harus ada baik itu tampil cantik dan diperhatikan. Hanya saja tidak seribet merawat rambut panjang.

Rambut pendek juga memiliki kelebihan untuk mudah disisir. Dan pastinya tidak bikin gerah kala beraktifitas siang hari.

Cara Merawat Rambut Pendek dengan Mudah

Bagi kamu yang terbiasa miliki rambut panjang jangan takut untuk mencoba rambut pendek. Dengan mengetahui cara mudah merawat rambut pendek harapannya banyak waktu dan biaya yang bisa dipangkas.

Masalah yang sering timbul dan dihadapi mereka yang miliki rambut pendek antara lain mudah kotor, rambut mengembang dan mudah patah bila cara menyisir keliru.

Berikut cara mudah merawat rambut pendek:

1. Sisir Secukupnya

Tujuan utama dari menyisir sudah pasti untuk membuat rambut rapi. Namun ternyata terlalu sering menyisir juga tidak baik.

Waktu terbaik untuk menyisir rambut tentu saja usai keramas. Namun ada baiknya lakukan setelah mengeringkan rambut dengan handuk.

2. Jaga Kelembapan Rambut

Rambut kering atau berminyak tentu tidak. Sebisa mungkin harus jaga dalam kondisi normal dengan menjaga kelembabannya.

Perlu diketahui rambut pendek cenderung lebih mudah mengembang. Selain itu rambut mengembang lebih mudah menjadi kering.

Mungkin kita berpikir sering keramas adalah satu kegiatan yang baik. Faktanya ternyata hal ini bukanlah tindakan yang tepat karena justru akan merusak rambut.

Selain itu jangan sering atau terlalu mudah mewarnai rambut dengan berganti-ganti warna. Kandungan yang ada dalam pewarna rambut tidak baik dalam jumlah besar.

Penggunaan alat kecantikan seperti hair dryer, pengeriting rambut, catokan dan sejenisnya juga tidak direkomendasikan. Terlebih untuk alat-alat yang membutuhkan suhu tinggi.

3. Keramas Secara Teratur

Keramas terlalu sering memang tidak baik tapi yang disarankan adalah mencuci rambut secara teratur. Artinya kegiatan ini bukan dilakukan setiap hari melainkan cukup 1 atau 2 kali dalam satu minggu.

Sementara itu bagi mereka yang miliki rambut berminyak ada baiknya keramas 2 kali sekali. Gunakan shampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut.

Sangat tidak disarankan pula untuk berganti-ganti shampo karena ini justru akan merusak rambut.

Cara Keramas yang Tepat

Terlihat sederhana tapi faktanya banyak diantara kita tidak pernah tahu cara keramas yang tepat. Yang ada kemudian adalah asal basah dan asal banyak busa. Perlu dipahami, banyak busa bukan berarti telah keramas dengan baik dan benar.

Saat keramas pastikan seluruh rambut basah. Untuk rambut pendek hal ini tentu sangat mudah dilakukan.

Gunakan sedikit shampo dan jangan berlebih. Usai meratakan jangan lupa pijat seluruh kulit kepala dengan lembut. Bilas hingga tidak ada shampo atau busa kemudian keringkan dengan handuk.

Untuk hasil lebih optimal gunakan kondisioner. Produk ini mengandung bahan yang dibutuhkan rambut seperti silikon, minyak hingga pelembap khusus yang dikenal dengan emolien.

Bahan yang akan melapisi tiap helai rambut dan mengisi bagian dalam rambut. Memperbaiki rambut rusak dan melindungi dari paparan sinar matahari.

Sangat mudah bukan dan cara merawat rambut pendek ini tentu bisa dilakukan siapa saja tanpa perlu bantuan orang lain.

Lina Muryani

Add comment