Catatan Muslim

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Informasi tentang cara meredakan sakit gigi tentu banyak dibutuhkan semua orang. Baik itu dengan cara alami maupun dengan obat-obatan yang begitu mudah ditemukan di warung maupun apotek.

cara meredakan sakit gigi
kompas.com

Namun demikian cara meredakan sakit gigi dengan bahan alami tentu menjadi pilihan utama. Selain hemat ongkos cara ini juga pastinya lebih tidak menyiksa karena tanpa kandungan bahan kimia.

Cukup ambil beberapa bahan yang ada di sekitar kita dan rasa sakit pada gigi pun hilang. Oleh karena itu menjadi penting dipahami, entah sedang sakit gigi atau tidak ada baiknya untuk miliki beberapa alternatif tentang cara meredakan sakit gigi.

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan yang Ada di Rumah

Tanpa disadari di rumah kita pun ada banyak bahan yang digunakan untuk meredakan rasa sakit yang seketika menyerang. Tidak perlu keluar biaya dan hanya butuh sedikit sentuhan maka rasa sakit pada gigi pun akan hilang seketika.

Tak percaya mari kita buktikan satu-satu. Berikut bahan sederhana yang terbukti ampuh hilangkan rasa sakit pada gigi.

1. Kompres dengan Batu Es

Siapa sangka air dingin ampuh digunakan untuk redakan rasa sakit pada gigi. Dan cara menggunakan cukup gampang dimana kita cukup ambil handuk kecil kemudian isi dengan pecahan es batu.

Gunakan untuk kompres pada bagian yang sakit. Lakukan cara ini secara bertahap hingga rasa nyeri itu reda. Rasa dingin yang dihasilkan ternyata mampu mengatasi peradangan pada gusi.

2. Kantung Teh Peppermint

Di rumah suka minum teh dong, dan jangan buru-buru untuk membuang kantung teh peppermint bila rasa sakit pada gigi tiba-tiba muncul. Menarik bukan ternyata bahan yang dikira sampah masih bisa dimanfaatkan.

Cara cukup tempelkan kantong teh pada permukaan gigi yang sakit selama beberapa saat. Dan hasilnya maka rasa sakit pada gigi akan berkurang hingga hilang. Sangat mudah dan praktis bukan.

3. Bawang Putih

Cara selanjutnya yang cukup efektif dan banyak dipilih tentu saja dengan mengkonsumsi bawang putih. Bahkan menurut sejumlah penelitian bawang putih ini bukan hanya bisa atasi rasa sakit pada gigi.

Lebih dari itu juga bisa membunuh bakteri yang akan membentuk plak pada gigi. Cara menggunakan juga sangat mudah yakni cukup tumbuh hingga halus dan ciptakan lendir kemudian tambah garam dan oleskan pada gigi yang sakit.

4. Cengkih

Cengkih tidak saja terkenal sebagai rempah kaya manfaat. Lebih dari itu juga bisa digunakan untuk obat sakit gigi yang ampuh dan cara menggunakannya juga sangat mudah.

Bila ingin hasil optimal dalam proses pengobatan sakit gigi maka gunakan minyak cengkih. Caranya cukup teteskan minyak cengkih pada bagian gigi yang sakit. Atau kalau lebih mudah gunakan kapas lalu sumbatkan. Selain itu bisa juga teteskan pada air hangat dan gunakan untuk kumur-kumur.

5. Daun Jambu

Jambu menjadi salah satu tanaman yang mudah ditanam dan banyak diantara kita yang menanamnya. Dan ternyata daunnya bisa juga digunakan untuk obat sakit gigi yang ampuh.

Cara menggunakan sangat mudah, yakni dengan mengunyah daun jambu dan biarkan zat anti mikroba bekerja. Selain obati rasa sakit daun jambu juga bisa membersihkan gigi dan mulut.

Semua bahan-bahan diatas pastinya sangat mudah didapatkan. Bahkan bisa jadi tersedia melimpah dan selain 5 bahan diatas masih ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai salah satu cara meredakan rasa sakit gigi yang sering muncul tiba-tiba.

Lina Muryani

Add comment