Catatan Muslim

Sebelum Mewarnai Rambut Perhatikan 9 Hal Berikut ini

Mungkin akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan rekomendasi warna rambut yang bagus. Mengingat saat ini ada cukup banyak pilihan warna yang bisa dipilih ketika kita memutuskan akan mewarnai rambut.

mewarnai rambut
tresemme.com

Namun ada hal lain yang juga harus diperhatikan sebelum kita benar-benar mewarnai rambut. Jangan sampai salah langkah dan kemudian “mahkota” itu akan rusak.

Sejatinya rambut indah itu tidak saja milik mereka yang panjang dan lurus. Namun rambut pendek atau keriting pun sama indahnya bila kita mampu merawat dengan baik.

Seiring kemajuan zaman tren pewarnaan rambut pun kian berkembang. Bila dulu hanya ada beberapa warna saja tapi kini bisa ditemukan hingga puluhan warna.

Kenapa Harus Mewarnai Rambut

Pewarnaan rambut pada umumnya miliki beberapa tujuan. Ada diantara mereka yang ingin tampil lebih cantik atau lebih fresh.

Tapi ada juga diantara mereka yang mewarnai rambut karena untuk menutupi sebuah kelemahan. Misalnya saja, mereka yang masih usia 30 tahunan tapi sudah ada uban di mana-mana.

Tak sedikit pula, mereka yang konon sedang mencari jati diri. Alhasil dengan mengubah warna rambut sesuai dengan mood pun bukan hal yang aneh lagi.

Oleh karena itu menjadi penting kemudian untuk memperhatikan sesaat, selama proses pewarnaan dan sesudahnya. Tujuannya untuk memastikan hasil optimal dan bertahan jangka panjang.

Tak ingin itu terjadi maka perhatikan 9 hal berikut ini sebelum memutuskan memilih warna untuk diaplikasikan:

1. Cuci rambut

Ada baiknya sebelum proses pewarnaan untuk mencuci rambut. Dengan keramas sesaat sebelumnya akan membuat rambut lebih bersih.

Selain itu untuk menjaga tingkat kelembaban. Jangan sampai terlalu kering atau terlalu berminyak.

2. Gunakan kondisioner

Usai keramas guna memberi nutrisi pada rambut ada baiknya gunakan kondisioner. Cairan ini sangat ampuh untuk membuat rambut tampil lebih lembut.

3. Gunakan produk pewarna berkualitas

Tak ingin rambut rusak sesudahnya. Ada baiknya hanya menggunakan produk pewarna yang berkualitas.

Mungkin soal harga cenderung lebih mahal sedikit. Namun hal itu biasanya berbanding lurus dengan kualitas dan hasil di dapat.

4. Pilih warna rambut yang tepat

Ada baiknya sebelum benar-benar mengaplikasikan untuk memilih warna rambut yang tepat. Tidak ada salahnya minta rekomendasi orang yang ada di sekitar kira-kira warna apa yang cocok.

5. Perhatikan warna kulit

Tak ada salahnya pula untuk memperhatikan warna kulit. Sebisa mungkin jangan sampai bertabrakan kecuali miliki rasa percaya diri yang tinggi dengan sesuatu yang anti mainstream.

6. Hindari paparan sinar matahari

Usai melakukan pewarnaan jangan sekali-kali terpapar sinar matahari langsung cukup lama. Sebisa mungkin beberapa usai pewarnaan untuk menghindari sengatan matahari yang mengandung sinar ultra violet.

7. Menggunakan shampo khusus

Untuk hasil optimal ketika kita sudah memutuskan melakukan pewarnaan rambut maka akan dibutuhkan effort ekstra. Salah satunya tentu saja shampo khusus yang direkomendasikan.

8. Jangan keramas menggunakan air hangat

Saat keramas usai pewarnaan jangan sekali-kali menggunakan air hangat. Hal ini karena akan membuat rambut menjadi kasar dan kusam.

9. Hindari berenang

Selain tidak disarankan keramas dengan air hangat / panas, usai pewarnaan juga dilarang untuk berenang. Seperti kita tahu pengelola menambahkan klorin pada air kolam agar tetap jernih dan itu tidak baik untuk rambut.

Bila beberapa hal diatas sudah dipahami maka hampir bisa dipastikan rambut, indah, sehat, menawan didapat. Tinggal bagaimana konsisten untuk melakukan perawatan saja karena untuk cantik bukan proses instan dan satu kali treatment saja.

Lina Muryani

Add comment