Catatan Muslim

Memilih Kondisioner Sesuai Jenis Rambut

Seiring kemajuan zaman yang ditandai dengan variatifnya gaya hidup membuat shampo saja tidak cukup untuk perawatan rambut. Harus ada perlakuan atau treatment lain yang dilakukan dan salah satunya menyertakan kondisioner.

memilih kondisioner yang tepat
pixabay.com

Masalah selanjutnya yang muncul ternyata produk ini tak hanya satu macam saja. Ada cukup banyak pilihan kondisioner yang bisa dipilih.

Semua itu tentu untuk disesuaikan dengan kondisi atau jenis rambut. Rambut pada umumnya ada rambut normal, kering dan berminyak. Selain itu bisa saja muncul kondisi lainnya.

Oleh karena itu produsen perawatan rambut pun menyediakan cukup banyak pilihan. Semua itu guna memudahkan pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan.

Manfaat Utama Kondisioner

Sebelum memutuskan akan menggunakan kondisioner ada baiknya untuk tahu betul apa manfaat dari produk yang satu ini. Jangan hanya karena ikut-ikutan atau sekadar murah maka langsung dibeli.

Yang ada kemudian justru rambut akan rusak. Bayangkan bila rambut bermasalah di-treatment dengan cara yang salah. Yang ada kemudian justru penyesalan dan membutuhkan biaya besar untuk mengembalikan pada kondisi semula.

Ada cukup banyak manfaat dari sebuah kondisioner. Setidaknya ada 7 manfaat yang langsung bisa dirasakan dengan pemakaian teratur.

1. Melembapkan Rambut

Manfaat utama dari sebuah kondisioner tentu saja melembapkan rambut. Kondisi ini tentu menjadi yang sangat diidamkan para wanita.

2. Melembutkan Rambut

Tak hanya lembap tapi para wanita inginkan rambut lembut. Dan hal itu tidak bisa terjadi seketika dan butuh perawatan khusus terlebih mereka yang cukup miliki aktivitas padat di luar ruangan.

3. Mengatasi Rambut Singa

Kondisi lain yang begitu ditakuti kaum perempuan tentu saja rambut singa dan ini seringkali terjadi pada mereka yang sering beraktifitas di luar ruangan. Jangan sampai rambut megar dipelihara terlebih bila akan ketemu klien tentu bikin malu berada di ubun-ubun.

4. Menjaga Kilau Alami Rambut

Kilau alami layaknya bintang iklan bukan hal yang tidak mungkin. Terlebih mereka yang tahu betul bahwa rambut adalah mahkota dalam arti sesungguhnya.

5. Mencegah Rambut Kusut

Rambut kusut secara psikologis juga akan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tak ingin ini terjadi maka pastikan perawatan rambut dilakukan secara berkala dengan produk yang tepat.

6. Perawatan Pasca Smoothing atau Diwarnai

Mereka yang suka berkreasi dengan rambut harus memperhatikan hal yang satu ini. Jangan sampai usai treatment ada kegiatan lanjutan yang harus dilakukan dan pastinya akan membuat hasil tidak maksimal.

7. Mencegah Kerontokan Akibat Rambut Rapuh

Alasan lain kenapa kondisioner ini harus digunakan tentu untuk cegah rambut rapuh. Bukan hanya karena faktor usia tapi ada faktor lain yang juga harus diperhatikan agar rambut tidak kian rapuh.

Cara Tepat Menggunakan Konditioner

Mungkin kita tak pernah menduga bila kondisioner harus digunakan dengan bijak. Artinya tidak asal asalan untuk dapat hasil terbaik.

Jika kamu merasa rambut semakin berminyak setelah menggunakan kondisioner, mungkin bukan produknya yang salah, tapi cara memakai kondisioner yang tidak tepat. Daripada bingung coba perhatian tahapan menggunakan kondisioner berikut ini:

1. Keramas Dulu dengan Shampo

Kondisioner seyogyanya tidak berdiri sendiri dan harus digunakan setelah keramas menggunakan shampo. Baik shampo maupun kondisioner juga harus miliki merek yang sama karena keduanya sudah diset sedemikian rupa dan saling melengkapi.

Sebelum menggunakan kondisioner juga pastikan tidak ada sisa shampo yang menempel. Bilas hingga bersih untuk hasil optimal.

2. Peras Rambut dengan Lembut

Meski menimbulkan rasa nyaman saat melakukan hair treatment tapi jangan buru-buru mengaplikasikan. Sebelum menggunakan kondisioner peras rambut hingga jumlah air berkurang.

Gunakan sisir bila perlu dan dengan berkurangnya jumlah air maka kondisioner akan lebih mudah menempel. Atau bila perlu gunakan handuk.

3. Gunakan Produk Secukupnya

Jangan terlalu banyak menggunakan kondisioner dan jangan pula terlalu sedikit. Pastikan merata hingga seluruh bagian rambut dari akar hingga ujung rambut.

4. Aplikasikan Kondisioner dari Tengah ke Ujung Rambut

Cara yang tepat menggunakan kondisioner tentu saja dari tengah ke ujung rambut. Kebanyakan dari kita menggunakan produk ini dari akar rambut ke ujung rambut.

Tujuannya agar tidak menumpuk di bagian kepala. Selain memberi rasa tidak nyaman tentu akan buang-buang kondisioner yang sebenarnya bisa digunakan lain waktu.

5. Hindari Kulit Kepala

Kulit kepala menjadi bagian yang sensitif dan sebisa mungkin hindari. Pada sebagian orang yang sensitif tentu akan menimbulkan gatal dan segera mungkin dibilas.

6. Diamkan Beberapa Saat

Usai digunakan jangan segera dibilas tapi diamkan terlebih dahulu. Biarkan meresap hingga bagian terdalam dan memberi efek baik.

7. Bilas Hingga Bersih

Dan terakhir jangan lupa bilas bersih untuk hasil lebih optimal. Rasakan dengan jari untuk memastikan di rambut sudah tidak ada lagi kondisioner yang menempel.

Jenis-Jenis Kondisioner

Faktanya ada banyak jenis kondisioner yang bisa ditemukan. Namun secara prinsip setidaknya ada jenis yang paling banyak digunakan.

1. Kondisioner untuk Perawatan Rambut Rusak

Sesuai dengan namanya tentu kondisioner ini dirancang secara khusus untuk memperbaiki rambut rusak. Kondisioner ini mampu menutrisi rambut dan memperbaiki kerusakan sehingga rambut kembali sehat dan kuat.

Rambut rusak pada umumnya disebabkan pengunaan styling tools hingga perubahan cuaca. Oleh karena itu sebisa mungkin jaga rambut sebaik mungkin.

2. Kondisioner Untuk Perawatan Rambut Rontok

Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal dan cara paling mudah tentu dengan menggunakan kondisioner khusus untuk rambut rontok. Nutrisi ini akan bekerja dengan baik dari akar hingga ujung rambut.

Ada baiknya pilih kondisioner yang diperkaya Nutri Serum & Dynazink. Dan produk ini pun cukup mudah di dapat di toko-toko terdekat.

Selain 2 jenis kondisioner paling populer tersebut mungkin bisa saja ditemukan produk lainnya yang biasanya satu set dengan shampo ditawarkan.

Lina Muryani

Add comment