Catatan Muslim
cara merubah excel ke word

Cara Merubah Excel Ke Word

Di era yang serba modern dan digital ini, tentu semuanya sudah sering mendengar Microsoft office. Microsoft office merupakan suatu paket program yang berfungsi untuk membuat dokumen. Dalam Microsoft office ini pun terdapat bermacam – macam program, seperti word, power point, excel, Outlook dan lain sebagainya.

Cara Merubah Excel Ke Word

Terkadang, anda perlu merubah atau mengconvert suatu dokumen ke bentuk document lainnya. Misalnya saja, anda memiliki file dalam bentuk Microsoft excel, namun kemudian anda membutuhkannya dalam format word.

Lalu apa yang harus dilakukan? Apakah anda harus mengetik ulang dokumen tersebut? Tentu saja tidak! Anda bisa saja merubah dokumen excel anda menjadi dokumen word. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang cara merubah excel menjadi word. Yuk, simak ulasannya!

Menempel dan menyalin data dari Excel ke word

Anda juga mungkin akan menyalin atau menempelkan suatu data yang tadinya berbentuk excel ke dalam file anda di word. Lalu apa yang anda harus lakukan? Dibawah ini akan dibahas mengenai cara atau langkah yang bisa anda lakukan untuk memasukkan, atau menyalin data yang berasal dari excel. Namun ingat, data yang disalin bukan termasuk tabel.

  1. Pertama, klik dan seret untuk memilih data yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen Word. Setelah itu  tekan tombol Ctrl + C pada keyboard.Jika anda ingin memilih semua data dalam bagan, anda bisa menekan Ctrl + A secara bersamaan kemudian  tekan Ctrl + C secara bersamaan.
  2. Jika anda bingung, anda juga bisa menggunakan cara lein yaitu dengan mengklik menu Edit > Copy.
  1. Jika sudah, Sekarang beralihlah ke jendela Microsoft Word. Untuk menempelkan data yang telah anda salin dari Exce Pada dokumen Word, gerakkan kursor menuju lokasi tabel yang diinginkan, dan kemudian tekan Ctrl + V (Paste). Anda telah berhasil menempel data tersebut ke dalam dokumen Word.
  1. Hal ini juga bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan klik menu Edit > Paste.
  2. klik opsi temple.pada sudut kanan bawah tabel, klik tombol “Paste Options” untuk melihat macam-macam opsi tempel yang berbeda.
  3. JIka tombol Paste Options tidak muncul, itu menandakan bahwa Anda tidak mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya anda bisa melakukan cara berikut:
  • buka File> Options > Advanced.
  • Kemudian,di bawah bagian “Cut, Copy, and Paste”, centang “Show Paste Options”.
  • Lalu, pilih OK.

Anda mungkin bingung dan bertanya – Tanya tentang opsi “Paste Option” yang telah disebut sebelumnya. Untuk lebih memahami opsi atau pilihan yang ada di dalamnya serta fungsi masing – masing opsi, berikut adalah ulasannya:

  • “Keep Source Formatting” adalah sebuah pilihan yang berfungsi untuk menggunakan gaya tabel dari file Excel.
  • Match Destination Table Style” adalah pilihan yang memiliki fungsi untuk menggunakan gaya tabel Word. Sebenarnya, Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat tautan yang terhubung ke berkas Office lainnya.itu artinya, jika Anda akam melakukan perubahan pada berkas Excel, tabel yang disalin juga akan diperbarui di file Word anda.
  • Keep Text Only”, ini merupakan pilihan dimana anda bisa menempel konten dari Excel tanpa format apapun. Jika psi ini menjadi pilihan anda, tiap baris yang telah disalin akan menjadi paragraf tersendiri dengan tab yang memisahkan data dan kolom.

Memasukkan bagan dari Excel ke dalam file Word

Sebelumnya, kita telah membahas tentang bagaimana kita bisa menempelkan data yang berasal dari berkas Excel ke dalam Berkas word. Namun, sebelumnya hanya memindahkan datanya saja, bukan keseluruhan tabel.

Jika anda membutuhkan keseluruhan data serta tabel, apa yang harus dilakukan? Berikut adalah langkah – langkah yang bisa anda gunakan untuk memasukkan bagan dari excel ke dalam word.

  • Pada dokumen Microsoft Excel anda, klik bagan atau tabel yang akan disalin ke dalam word, lalu tekan tombol Ctrl + C pada keyboard secara bersamaan.
  • Lalu anda harus beralih ke dokumen word. Pada dokumen Word tersebut, tekan Ctrl + V secara bersamaan untuk menempel bagan.
  • Seperti sebelumnya, anda juga perlu memilih opsi tempel Anda. Di sudut kanan bawah tabel, klik “Paste Options” untuk melihat macam-macam opsi tempel yang berbeda.
  • Anda mungkin tidak melihat tombol Paste Options, yang berarti bahwa Anda tidak mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya pilihan tersebut anda perlu melakukan langkah berikut :
  • buka File> Options > Advanced.
  • pada bawah bagian “Cut, Copy, and Paste”, centang “Show Paste Options”.
  • Kemudian OK.

Diatas merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menempel data anda yang berupa dokumen excel menjadi word. Anda tidak perlu bingung untuk mengetik ulang atau membuat tabel baru lagi. Anda cukup menyalin dan menempelkannya dengan mengikuti langkah – langkah yang telah dijelaskan. Semoga berhasil!

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment