Catatan Muslim
Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word Paling Mudah

Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word – Anda pasti sudah sering menggunakan Microsoft word, untuk membuat laporan, tugas bagi anak sekolah, membuat skripsi atau bahkan membuat brosur. Yang paling sering adalah ketika anda menggunakannya untuk membuat laporan, anda akan membutuhkan halaman daftar isi. Mungkin sebagian dari anda belum begitu mengetahui cara untuk membuat daftar is. Nah, berikut ini kita akan membahas bagaimana cara membuat daftar isi pada Microsoft word.

Cara Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word Paling Mudah

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2007

Bagi anda pengguna Microsoft word versi 2007, berikut langkah-langkah membuat daftar isi dengan mudah:

  1. Pertama, buka halaman penulisan yang sudah lengkap dengan halaman atau page number.
  2. Selanjutnya, blok tulisan yang akan anda masukkan pada daftar isi.Biasanya, tulisan yang akan ditambahkan pada daftar isi adalah mengenai Bab I, II, III, dst, Subbab, dan bagian-bagian subbab lainnya yang menggunakan numbering (I, A, 1, a, 1), a), dan seterusnya).
  3. Selanjutnya, masing masing bagian yang sudah terblock, bisa anda definisikan level format daftar isinya.

Contoh :

  • Tingkat 1 untuk Topik utama (BAB)
  • Tingkat 2 untuk Subbab, dan seterusnya.

Caranya, anda dapat memilih menu Reference lalu pilih Table of Contents. Akan muncul pilihan Add Text, selanjutnya anda tinggal memasukkan topic sesuai dengan tingkat yang diinginkan

  1. Setelah tingkat 1 (untuk BAB) selesai, selanjutnya anda bisa pindah ke tingkat dua, subbab. Caranya adalah :
  • Block seluruh bagian Subbab (biasanya dinotasikan dengan numbering A.), lalu pilih Reference seperti langkah sebelumnya, kemudian pilih Table of Contents. Pilih Level 2 pada kolom add text.
  • Lakukan prosedur yang sama untuk level berikutnya, dan untuk bagian – bagian berikutnya pada bagian atau BAB lainnya.
  • Setelah itu, anda bisa membuka file word baru, kemudian pilih menu Reference -> table of Contents lalu pilih Automatic Table 1
  • Selesai! Anda telah membuat halaman daftar isi. Biasanya judul yang muncul adalah table of content, untuk itu anda bisa merubahnya sendiri menjadi Daftar isi.

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2010

Selanjutnya, bagi anda yang menggunakan versi Microsoft Word 2010, tak banyak  berbeda dengan Microsoft word 2007, hanya saja tampilan menu bar pada versi ini terlihat berbeda dengan menggunakan tab menyamping yang berbeda shape. Anda bisa mengikuti prosedur berikut untuk membuat daftar isi secara cepat:

  1. Block pada tiap BAB dan juga Subbab yang akan anda buatkan daftar isi, kemudian pilih create new style dan isikan sesuai dengan format dan juga style yang anda inginkan untuk format daftar isi.
  2. Setelah setiap BAB telah di blok, pilih tab References, kemudian add text.
  3. Selanjutnya, pilih Level 1 untuk bagian BAB.
  4. Lanjutkan pada subbab lainnya, dengan langkah yang sama.
  5.  Setelah anda selesai melakukan identifikasi level tiap BAB dan Sub-Bab, maka anda bisa membuka page baru, lalu anda tuliskan DAFTAR ISI pada page tersebut.
  6. Setelah selesai,  pilih tab References -> Table of Contents -> Insert Table of Contents.
  7. jumlah level Pada bagian show levelspilih, sesuai dengan yang sudah dibuat sebelumnya.
  8. Kemudian klik OK.

Jika anda ingin menambahkan halaman dan BAB serta Sub-Bab baru, anda hanya perlu melakukan langkah block dan leveling lagi sperti langkah yang sudah dijelaskan.

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2013

Selanjutnya, bagi anda yang menggunakan Microsoft Word 2013, untuk membuat daftar isi, caranya juga hampir sama dengan Word 2010. Letak perbedaannya hanya ada pada bagaimana melakukan pengaturan pada table of contents. Berikut ini adalah langkah – langkah dalam membuat daftar isi pada Word 2013:

  1. Pertama, anda harus block bagian tulisan yang ingin dibuat ke dalam daftar isi, misalnya BAB I, Sub-Bab I, dan seterusnya.
  2. Kemudian definisikan style dan format dari masing – masing level, sehingga ada perbedaan antara level pada daftar isi anda nantinya.
  3. Setelah selesai, block semua konten yang sudah didefinisikan stylenya,selanjutnya anda bisa memilih menu Reference -> Table Of Contents -> Custom Table of Content
  4. Selajutnya, masukkan styles yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam table of contents, kemudian pilih levelnya.
  5. Setelah sema langkah diatas selesai, klik OK
  6. Daftar isi anda pun sudah selesai!

Membuat daftar isi sebenarnya sangat mudah. Anda tidak perlu membuatnya secara manual menggunakan tab,karena itu mungkin sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk melakukan cara diatas, syaratya adalah seluruh file yang akan dibuatkan daftar isi telah selesai dikerjakan. Dengan begitu anda bisa membuat daftar isinya melalui fitur table of content. Nah, demikian tadi adalah cara – cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat daftar isi pada tiga versi microsot word. Selamat mencoba!

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment