Catatan Muslim
Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word

Cara Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word

Cara Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word sangat penting kamu ketahui, karena cara ini merupakan ilmu dasar microsoft office yang harus kamu kuasai. Penomoran pada microsoft word tidak terlalu sulit, karena microsoft word sendiri sudah menyediakan fitur untuk menyisipkan nomor halaman.

Cara Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word

Penomoran halaman biasanya dibuat untuk tulisan seperti Buku, proposal, makalah, dan skripsi. Jika kamu menggunakan fitur microsoft word saja, kamu tidak akan bisa mem-variasikan desain dari penomoran halaman tersebut.

Misalnya kamu membuat skripsi, jika kamu hanya menggunakan fitur microsoft word tanpa diedit sedikitpun. Kamu tidak akan dapat membuat nomor halaman yang terpisah seperti nomor halaman ditengah bawah dan nomor halaman diatas kanan secara terpisah dalam satu dokumen.

Oleh karena itu, aku disini akan membahas semua Cara Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word dan memodifikasinya.

Langkah Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word

Sebelum kamu memodifikasi nomor halaman, kamu perlu mengetahui cara membuat nomor halaman terlebih dahulu. Membuatnya sangat mudah, ikuti cara berikut.

  1. Masuk ke microsoft word.
  2. Pilih Insert Tab yang berada diatas.
  3. Lihat dibagian Header & Footer.
  4. Pilih Tata Letak Nomor Halaman.
  5. Jika sudah selesai, kamu bisa menutup header & footer dengan cara klik dua kali pada area dokumen, Atau bisa juga dengan klik Close Header & Footer.

Saat kamu menambahkan Nomor Halaman, microsoft word memberikan pilihan untuk meletakan nomor halaman. Berikut penjelasan tata letaknya.

  1. Top of Page, pilihan ini akan secara otomatis membuat halaman yang terletak di bagian atas (Header).
  2. Bottom of Pagi, pilihan ini akan secara otomatis membuat halaman yang terletak di bagian bawah (Footer).
  3. Page Margins, pilihan ini akan secara otomatis membuat halaman yang terletak di dekat marjin halaman.
  4. Current Position, pilihan ini akan secara otomatis membuat halaman yang terletak mengikuti posisi kursor.

Sampai disini kamu sudah bisa membuat nomor halaman di microsoft word, selanjutnya kamu bisa memodifikasinya. Secara default, nomor halaman yang kamu buat akan berupa Nomor. Kamu bisa merubahnya menjadi angka romawi dengan mudah.

Mengubah Nomor Halaman Menjadi Angka Romawi

Angka romawi biasanya digunakan untuk memberikan penomoran pada halaman Cover, daftar isi, kata pengantar, dan lainnya. Untuk isi dari tulisan, kamu bisa menggunakan nomor sebagai Penomoran Halaman.

  1. Masuk ke microsoft word.
  2. Pilih Insert Tab yang berada diatas.
  3. Lihat dibagian Header & Footer.
  4. Pilih Page Number.
  5. Selanjutnya kamu bisa pilih Format Page Number.Mengubah Nomor Halaman Menjadi Angka Romawi
  6. Pada bagian Number Format, kamu bisa mengubahnya dengan angka romawi.
  7. Lalu klik OK.

Sampai sini kamu sudah bisa mengubah Nomor Halaman dengan Angka Romawi, selanjutnya kamu harus tau cara merubah jenis dan ukuran font nomor halaman.

Cara Merubah Jenis Dan Ukuran Font Nomor Halaman

Secara default, nomor halaman yang kamu buat bisa saja membosankan. Kamu dapat mengubah ukuran, jenis, dan warna font nomor halaman.

  1. Klik dua kali pada nomor halaman.
  2. Setelah itu kamu Blok nomor halaman tersebut.
  3. Mengubah Font pada nomor halaman sama saja seperti kamu mengubah Tulisan pada Word yaitu dengan menggunakan Tab Home. Lalu dibagian font kamu bisa variasikan sendiri.

Sangat mudah bukan? selanjutnya kamu juga harus bisa menggabukan nomor halaman angka dengan romawi, hal ini sangat berguna nantinya jika kamu ingin membuat tulisan resmi seperti skripsi.

Cara Menggabungkan Nomor Halaman Angka Dan Romawi

Cara Menggabungkan Nomor Halaman Angka Dan Romawi sangat bermanfaat buat kamu yang ingin membuat tulisan resmi seperti skripsi, buku, proposal, dan makalah.

  1. Buka tulisan anda seperti Skripsi, makalah, dan lainnya.
  2. Selanjutnya kita membuat penomoran romawi terlebih dahulu, biasanya penomoran romawi terletak di Kata pengantar, lembar pengesahan, dan daftar isi. Cara membuatnya seperti membuat nomor halaman biasa.
    – Klik Insert Tab.
    – Pilih Page Number.
    – Pilih Format Page Number.
    – Pada Format Page Number, kamu bisa pilih angka romawi kecil (i, ii, iii, … dst).
    – Lalu klik OK.
  3. Secara otomatis semua halaman akan berupa Angka Romawi Kecil, cara mengubahnya kamu bisa ke halaman yang ingin diubah menjadi Angka. Misalnya BAB 1 Pendahuluan.
    – Klik Page Layout.
    – Pilih Breaks.
    – Pilih Next Page.
  4. Sampai sini kamu sudah bisa memasukan angka sebagai nomor halaman. Caranya sama saja seperti kamu membuat nomor halaman di microsoft word.

Itulah beberapa Cara membuat nomor halaman di microsoft word dan memodifikasinya. Semoga bermanfaat.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment