Catatan Muslim

Cara Bijak Hadapi Monopause Diera Modern

Bagi kaum perempuan yang telah masuki usia 40 tahun maka monopause adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu menjadi penting untuk pahami cara bijak hadapi monopause dan kenali ciri wanita menopause.

bijak hadapi monopause
kontan.co.id

Tujuannya sudah pasti agar tidak shock bila fungsi dalam tubuh tidak seperti dulu. Monopause itu sendiri dalam bahasa sederhana bisa dikatakan sebagai mati haid. Atau satu kondisi dimana masa reproduksi wanita telah berakhir.

Menariknya ternyata monopause yang terjadi pada seorang wanita berbeda-beda. Ada diantara mereka yang terjadi pada usia 40 awal dan ada pula yang terjadi pada masa 40 akhir.

Menjadi penting kemudian bagi para wanita untuk temukan cara bijak hadapi monopause agar tidak merembet ke masalah lain. Bisa jadi bila salah sikap maka akan ada pihak lain yang dikorbankan.

Kini berbicara tentang seks ataupun masa reproduksi bukan lagi hal tabu. Kemudahan mengakses informasi memberi ruang bagi siapa saja untuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan.

Pun dalam kaitan tentang monopause. Bagi mereka yang melek informasi tentu akan sangat mudah mencari jawab apa yang harus dilakukan kemudian.

Lain cerita bagi mereka yang tabu, bisa jadi mereka akan tersiksa dengan berbagai pertanyaan yang harusnya terjawab. Fakta lain ternyata menunjukkan bahwa tidak semua wanita akan menerima kondisi monopause.

Cara Bijak Hadapi Monopause

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Satu yang pasti dalam hal apapun pola hidup sehat adalah solusi atas segala hal. Kapanpun, dimana pun cara ini dianggap paling ampuh jaga tubuh tetap sehat.

Mereka yang menerapkan gaya hidup sehat terbukti lebih bisa menerima satu kondisi yang kurang nyaman dalam tubuh karena antar organ tubuh bekerja dengan optimal.

2. Rajin Olahraga

Olahraga juga sangat disarankan bagi segala usia. Bahkan dari bayi hingga mereka yang telah lanjut usia pun disarankan untuk tetap berolahraga. Pilih olahraga yang sesuai dengan usia dan kemampuan.

Olahraga secara rutin meski dalam waktu sedikit jauh lebih baik daripada olahraga berat dalam satu waktu. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan kegiatan olah tubuh ini.

Kenali Gejala atau Ciri Menopause

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk dipahami dalam kaitan bijak hadapi monopause sudah pasti mengenali gejala atau ciri monopause. Tanpa mengenali gejalanya seorang wanita bisa jadi tidak akan paham berada di titik mana.

Namun pada umumnya, gejala monopause ini sudah dirasakan sejak masuki masa monopause untuk kali pertama. Terdapat sejumlah perubahan yang dulu bisa jadi ada secara teratur tiba-tiba tidak teratur.

Perubahan tersebut antara lain:

1. Siklus Menstruasi

Satu ciri utama terjadi monopause adalah menstruasi yang tidak teratur. Dalam tiap individu gejala bisa jadi beda, ada yang sering telat dan ada pula yang dapat lebih awal. Selain itu darah yang keluar pun tidak stabil, kadang banyak dan kadang sedikit.

2. Penampilan Fisik

Saat masuki usia monopause maka biasanya juga disertai dengan perubahan penampilan fisik. Tanda yang nampak biasanya adalah rambut rontok, kulit kering, panyudara kendur hingga berat badan bertambah.

3. Perubahan Psikologis

Bukan hanya secara yang nampak, yang tidak pun terjadi perubahan. Pada kebanyakan wanita biasanya akan terjadi suasana hati galau atau moody, kesulitan tidur, berkeringat pada malam hari. Pada kondisi yang parah akan terjadi depresi.

5. Perubahan Seksual

Selanjutnya perubahan yang bisa jadi akan berdampak pada hubungan rumah tangga adalah terjadinya perubahan seksual. Dalam banyak kasus para wanita yang masuki masa monopause maka gairah seksualnya akan menurun. Hal ini ditandai dengan mengeringnya miss V.

Dengan mengetahui itu semua maka siapapun itu para wanita pastinya akan lebih bijak hadapi monopause. Tak ada yang perlu ditakutkan karena itu semua adalah satu hal yang normal dan terjadi hampir semua wanita.

Lina Muryani

Add comment