Catatan Muslim

Kecelakaan Lalu Lintas Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia. Siapkan Hal Berikut!

WHO menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu 10 besar penyebab kematian di dunia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dishub, dinyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas di tahun 2020 naik 3% dibanding 2019.

asuransi syariah
pixabay.com

Oleh karena itu, agar lebih nyaman dalam berkendara dan tidak takut dengan risiko yang dapat terjadi. Maka kita memerlukan jaminan perlindungan seperti produk asuransi agar kita terproteksi dari risiko yang ada di jalan raya.

Jangan sampai kita mengalami kerugian yang serius ketika kecelakaan menimpa kita. Di masa sekarang ini, sudah banyak produk asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh berbagai macam perusahaan asuransi.

Aneka produk tersebut tentunya juga menawarkan berbagai macam manfaat yang ada. Belakangan, untuk meningkatkan pengguna asuransi di kalangan muslim, sudah mulai bertebaran produk asuransi syariah yang memberikan kita perlindungan sekaligus berbuat baik ke sesama muslim.

Maka dari itu, mari kenali produk asuransi kendaraan syariah yang wajib kamu miliki berikut ini.

Mengenal Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan asuransi yang mengutamakan prinsip berbagi, saling melindungi, dan tolong menolong berdasarkan prinsip syariah. Asuransi konvensional menggunakan prinsip jual beli dalam akad, sedangkan asuransi syariah menggunakan prinsip syariah atau akad Tabarru’ yang dikenal sebagai hibah.

Apabila kita bandingkan dengan asuransi konvensional, asuransi syariah memiliki berbagai manfaat unggul yang dapat kamu miliki, yakni:

  • Pengelolaan risiko = Dengan prinsip tolong menolong dan sharing of riskatau saling menanggung antar peserta asuransi.
  • Pengelolaan dana = Asuransi syariah lebih transparan dalam pengelolaan dana.
  • Kepemilikan dana = dana asuransi dalam produk asuransi syariah merupakan milik bersama atau milik seluruh peserta, sedangkan perusahaan asuransi hanya memegang amanah dalam pengelolaan dana menggunakan akad Tijarry. Dalam hal ini perusahaan asuransi diberikan komisi atas jasanya dalam pengelolaan dana dan didasari kesepakatan bersama.
  • Pembagian keuntungan = keuntungan yang didapat dan akan dibagi antara peserta asuransi dan perusahaan penyedia asuransi, menggunakan prinsip bagi hasil.
  • Pengawasan = Pelaksanaan asuransi syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah sehingga aman bagi kita yang ingin menjunjung tinggi prinsip syariah dalam menggunakan asuransi.

Dengan menggunakan asuransi syariah, kamu bisa memberikan perlindungan bagi risiko yang kamu mungkin akan hadapi di masa mendatang sekaligus berbagi dengan peserta asuransi syariah lainnya. Hal ini karena sebagian premi yang kamu bayarkan akan dialihkan untuk dana milik bersama yang dapat digunakan sewaktu-waktu oleh peserta asuransi lain.

Dengan kata lain, kamu juga berbagi kebaikan dengan teman sesama muslim.

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah asuransi yang dirancang untuk menutup pertanggungan atas kendaraan bermotor atas kerugian dan/atau kerusakan pada kendaraan bermotor. Kerugian atau kerusakan itu bisa jadi karena kecelakaan tabrakan, perbuatan kriminal, kebakaran, dan lain-lain

Secara umum, terdapat dua jenis pertanggungan asuransi kendaraan bermotor yang dapat kamu pilih, yakni All Risk dan Total Loss Only. Asuransi kendaraan All Risk adalah asuransi kendaraan bermotor yang menjamin risiko kerugian secara keseluruhan baik karena kerugian yang kecil ataupun besar, termasuk kehilangan.

Sedangkan, asuransi TLO memberikan jaminan penggantian kendaraan yang mengalami kerusakan dengan nilai kerusakan >75% dari nilai kendaraan ketiga kerugian terjadi. Asuransi kendaraan menjadi penting buat kamu yang memiliki kendaraan bermotor.

Terlebih ketika melihat data diberbagai kota mengenai kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Terdapat banyak jenis kendaraan bermotor yang dapat kamu pilih dan disesuaikan dengan nilai premi yang dapat kamu sanggupi.

Kamu dapat melihat berbagai informasi mengenai asuransi kendaraan dari berbagai situs perusahaan asuransi atau bisa juga kamu mengikutsertakan asuransi kendaraan secara bundling ketika kamu membeli kendaraan.

Apabila kamu menginginkan kendaraanmu tetap aman dan sekaligus melindungi diri kamu dari risiko yang ada. Maka kamu bisa dapatkan semuanya dengan menggunakan asuransi kendaraan syariah ataupun produk asuransi syariah.

Nah, itulah asuransi yang perlu kamu siapkan sedari dini. Seiring meningkatnya kecelakaan lalu lintas, sudah saatnya kamu siapkan asuransi tersebut agar kamu terlindungi dan memiliki jaminan perlindungan selama kamu berkendara.

Selain itu, dengan adanya asuransi tersebut tentunya dapat memberikan kamu perlindungan lebih apabila di masa mendatang kamu mengalami kejadian selain kecelakaan dalam berkendara. Jadi, tunggu apalagi?

Segera siapkan asuransi-mu!

Lina Muryani

Add comment