Catatan Muslim
Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota Bandung, Tempat Wisata ‘Urang’ Bandung

Taman Balai Kota Bandung merupakan taman yang dulunya lebih dikenal dengan Taman Dewi Sartika. Disebut begitu karena terdapat patung Dewi Sartika yang letak ditaman ini.

Menemukan Taman di bandung bukanlah hal yang sulit, semenjak Ridwan Kamil menjabat sebagai Walikota Bandung. Lahan kosong yang tersebar di kota bandung disulap menjadi sebuah taman.

Mengenal Taman Balai Kota Bandung Lebih Dekat

Sebelum bernama Taman Balai Kota Bandung, tempat ini lebih dikenal dengan Taman Dewi Sartika. Hal itu karena terdapat patung sang tokoh pendidikan yaitu Dewi Sartika.

Dahulu sebelum Bangunan Balai Kota Berdiri, Bangunan itu merupakan sebuah Koffie Pakhuis atau dalam bahasa indonesia berarti Gudang Kopi. Gudang Kopi ini dimiliki oleh seorang Tuan Tanah/Asisten Residen Priangan yang bernama Adries de Wilde (1781 – 1865).

Pada tahun 1819, Perkembunan Kopi di tanan Priangan sedang berkembang. Akhirnya dibuatlah Gudang Kopi untuk menyimpan hasil panen kopi tersebut. Namun pada tahun 1923, Gedung tersebut diserahkan kepada Kolonial Belanda.

Barulah ditahun 1927, Gudang Kopi diruntuhkan dan dibangun Gedung Balai Kota yang dirancang oleh seorang arsitek barnama EH de Roo. Pembangunan tersebut terkait dengan status Kota Bandung sebegai Kota Praja sejak tahun 1906.

Daya Tarik Taman

Awalnya Tempat ini hanya sebidang tanah yang ditumbuhi pohon-pohon besar berumur ratusan tahun, namun sekarang sudah disulap menjadi area taman yang indah dan terawat.

Taman Labirin

Labirin Taman Balai Kota Bandung

Labirin merupakan wahana favorit pengunjung, karena disini kamu diharuskan mencari jalan keluar dengan pandangan yang hanya bisa melihat jalan lurus saja. Hal ini dikarenakan pembatas berupa rerumputan yang ditanam sangat tinggi sehingga menghalangi pendangan orang dewasa.

Labirin ini memiliki Empat Jalur Masuk yang berbeda disetiap penjuru, kamu harus mencari jalan keluar yang bisa dibilang sangat sulit. Karena nantinya kamu hanya melihat jalan lurus dan berkelok saja.

Taman Bermain Dan Area Kebugaran

Disini terdapat taman bermain anak-anak, kamu bisa mengajak sikecil untuk bermain ditaman bermain ini. Tentu saja kamu harus ikut mengawasi sikecil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ditempat ini terdapat permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan area kebugaran yang memiliki peralatan olahraga yang bisa kamu gunakan. Disini juga terdapat Jongging Track yang bisa kamu lalui bersama keluarga.

Swafoto di Taman Balai Kota Bandung

1001malam.com

Setelah Taman Balai Kota Bandung direvitalisasi, sekarang taman ini sudah semakin modern dan terawat. Taman ini memiliki berbagai latar yang bagus untuk berfoto, salah satunya yakni Gembok Cinta dan Taman Bunga. Gembok Cinta merupakan tempat yang digunakan oleh pasangan muda mudi untuk mengabadikan momen mereka.

Bermain Air Sungai

Taman Balai Kota Bandung
Aiko

Disini terdapat Kolam Renang yang bisa digunakan secara gratis, air yang terdapat pada kolam berasal dari sungai cikapayang yang sudah disaring terlebih dahulu sehingga dapat digunakan oleh anak-anak untuk bermain air.

Akses Angkutan Umum

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti intruksi yang diberikan oleh Google Maps. Namun jika kamu menggunakan Transportasi umum, kamu bisa menaiki Angkutan umum jurusan Kalapa-Ledeng, Antapani-Ciroyom, Stasiun Hall-Dago, Stasiun Hall-Ciumbuleuit, dan Margahayu-Ledeng. Kamu bisa meminta turun didepan Taman Balai Kota.

Lokasi Taman Balai Kota

Taman Balai Kota Bandung terletak di Jl. Wastukancana No. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat di Google Maps.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment