Catatan Muslim
rajin belajar

Cara Efektif Agar Menjadi Lebih Rajin Belajar

Belajar adalah salah satu kewajiban dan hak bagi siswa maupun mahasiswa. Sebenarnya semua orang pasti memiliki kewajiban dan hak untuk belajar. Namun, masalahnya adalah banyak diantara para anak muda, terutama pelajar yang saat ini tidak begitu peduli dengan belajar dan menjadi malas.

Cara Efektif Agar Menjadi Lebih Rajin Belajar

Padahal, sebenarnya belajar merupakan sesuatu yang penting dan tentu saja akan bermanfaat bagi diri mereka sendiri. apalagi di era modern seperti ini, sudah seharusnya belajar adalah menjadi sesuatu yang utama.

Agar tidaj tertinggal dalam segi apapun, sudah seharusnya seseorang menjadi rajin belajar. Lalu, apakah ada cara agar seseorang menjadi lebih rajin belajar? Berikut adalah cara agar seseorang lebih rajin belajar:

Pelajari sesuatu yang paling menarik

Setiap orang pasti memiliki pelajaran favorit tersendiri. Untuk itu, anda harus bisa menemukan pelajaran favorite anda. ketika seseorang sangat menyukai sesuatu, pasti orang tersebut tidak akan bosan dan malas untuk terus menemuinya dan membahasnya.

Begitu juga dengan pelajaran, jika anda sudah menemukan materi atau pelajaran yang sangat menarik, pasti kalian akan sangat menyukainya. Kalian akan dengan senang hati mempelajarinya.

Kenyamanan tempat

Hal lain yang bisa menjadi salah satu penunjang agar kalian lebih rajin belajar adalah dengan menemukan tempat yang nyaman. Biasanya seseorang memiliki tempat yang memberikan kenyamanan tersendiri.

Misalnya kalian menyukai berada di kamar tidur kalian, maka kalian akan merasa nyaman berada disana. Kalian akan sangat senang beraktivitsa di tempat tersebut termasuk belajar. Dengan begitu, kalian akan senang belajar dan mungkin kalian tidak sadar sudah belajar dalam waktu yang cukup lama.

Waktu yang tepat

Waktu yang tepat juga menjadi salah satu faktor penentu lainnya. Terkadang seseorang menyukai belajar di pagi hari karena merasa pikirannya masih segar. Namun ada juga yang suka belajar di malam hari ketika semua orang tidur.

Oleh karena itu, kalian harus menemukan waktu yang tepat yang menurut kalian paling menyenangkan dan nyaman untuk belajar. Terutama ketika kalian bisa sepenuhnya berkonsentrasi.

Duduk dalam posisi yang tepat

Kebanyakan orang menyukai membaca sambil tiduran. Padahal, selain merusak kesehatan mata, belajar atau membaca dalam posisi ini akan membuat kita susah focus. Dengan tidur atau berbaring, sebenarnya justru menyebabkan kita pecah focus dan kurang konsentrasi. Jadi, sebaiknya kalian belajar dengan duduk di kursi dan menggunakan meja agar kalian lebih mudah menyerap materi.

Tetapkan target

Target adalah hal yang penting ketika kalian belajar. Ketika kalian mulai belajar, tentukan target kalian, apa yang akan anda capai selama belajar tersebut. Misalnya ketika anda akan belajar, anda menetapkan target untuk bisa memahami tentang bagaimana membuat diagram dalam Microsoft word maka anda akan bisa mempelajarinya dengan lebih focus.

Metode kreatif

Temukan metode belajar yang kreatif. Anda harus bisa membuat sesuatu yang kreatif yang akan membuat anda semakit mudah mengingat segala sesuatu yang telah dipelajari. Contohnya anda ingin mengafal serangkaian nama ilmiah dari tumbuhan, maka anda bisa menyusunnya dan menyanyikannya sesuai dengan nada lagu yang anda sukai. Dengan begitu, anda akan selalu mengingatnya.

Baca materi yang penting

Tiap pelajaran, pasti ada bagian – bagian yang lebih penting dibanding materi lainnya. Untuk itu, baca yang penting terlebih dahulu. Dengan begitu kalian akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran itu.

Istirahat

Selanjutnya, istirahat juga sesuatu yang harus dilakukan meskipun kalian sedang belajar. Meskipun kalian sedang sibuk, kalian tidak boleh lupa istirahat. Jadi, seandainya kalian belajar, bukan masalah jika kalian selingi dengan bermain game maupun mendengar music. Selama kalian tidak terlalu lama memainkannya, dan segera kembali belajar.

Hindari makanan cepat saji

Siapa sih yang tidak suka makanan cepat saji? Rasanya yang enak dan mudah mendapatkannya, membuat setiap orang menyukai dan ketagihan. Namun, seperti yang sudah diketahui bahwa makanan cepat saji bukanlah makanan yang sehat. Jadi, hindari makanan ini, terutama selama masa ujian. Lebih baik kalian memakan buah dan dan sayuran untuk nutrisi otak, sehingga lebih mudah untuk belajar.

Tidur Cukup

Kalian juga tidak boleh lupa untuk tidur. Meskipun kalian sangat perlu untuk belajar, bukan berarti kalian harus belajar tanpa kenal waktu. Justru, saat kalian mendekati masa ujian, sebaiknya istirahatkan tubuh dan pikiran kalian agar bis aberpikir jernih ketika kalian sedang menghadapi soal. Tidur yang cukup akan membantu kesehatan tubuh dan pikiran kalian.

Demikian adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat diri kita sendiri lebih rajin belajar. Belajar bukan berarti harus membaca buku secara terus menerus, namun juga harus diselingi dengan kegiatan yang anda sukai. Kalian juga harus ingat bahwa belajar yang terbaik adalah dengan memanjakan serta membuat diri kalian nyaman. Dan tentu tidak memaksakan diri!

Img : Inc

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment