Catatan Muslim
Menambahkan Halaman Pada Microsoft word

Cara Menambahkan Halaman Pada Microsoft word

Menambahkan Halaman Pada Microsoft word – Halaman pada suatu dokumen adalah sesuatu yang penting. Biasanya tiap dokumen akan memiliki halaman yang menunjukkan dan mempermudah seseorang dalam membaca dokumen tersebut. Dengan adanya halaman pada dokumen juga akan memudahkan seseorang jika ingin mencari suatu informasi secara cepat dalam dokumen tersebut.

Salah satu fitur dalam Microsoft word adalah dengan adanya “page number” yang akan memudahkan kita dalam memberi penomoran halaman. Namun, banyak yang justru tidak tahu dan mengetiknya secara menual di bagian paling bawah halaman pada word.

Cara menambahkan halaman pada Microsoft word

Microsoft word memberikan fitur “page number” yang akan memudahkan anda membuat halaman dengan berbagai opsi gaya. Anda juga mungkin menambahkan header dan footer bersamaan dengan nomor halaman tersebut.

Dengan fitur tersebut, anda juga bisa memilih tipe tulisan dan angka yang akan anda gunakan. Misalnya anda akan menggunakan numeric “1,2,3, dst”, atau mungkin menggunakan angka romawi “I,ii,III, dst”. Anda juga bisa mencantumkan tahun dibuat, atau nama perusahaan anda.

Selanjutnya, untuk membantu anda, berikut adalah beberapa langkah dalam memberikan halaman pada dokumen word anda secara mudah dan tepat.

Cara Memberi Halaman pada Microsoft Word

Anda sudah paham bukan, bahwa anda bisa menambahkan nomor halaman secara mudah dan tentunya dengan posisi halaman yang tepat. Dikatakan tepat karena jika anda membuatnya secara manual, anda belum tentu bisa mendapatkan halaman yang posisinya sama mulai halaman depan hingga terakhir. Namunm jika anda menggunakan fitur page number, anda akan mendapatkan nomor yang sempurna.

Langsung saja, berikut adalah langkah – langkah yang bisa anda lakukan dalam menambahkan nomor pada halaman dokumen anda:

  1. Pertama tentu saja anda harus menjalankan program Microsoft Word yang ada pada sistem operasi yang anda gunakan.
  2. Selanjutnya, buka dokumen yang akan anda kelola dan akan anda tambahkan halamannya.
  3. Jika sudah, letakkan kursor mouse anda ke bagian tab Insert
  4. Dari tab insert tersebut,  pilih menu Page Number. Anda akan melihat pilihan dari pemberian halaman yang tersedia. Berupa penempatan, diatas, dibawah atau pada margin. Serta, anda bisa memilih gaya penomoran yang sesuai.
  5. Pilih salah satu pilihan  halaman yang anda inginkan. Pilihan tersebut akan menjadi pilihan terhadap model halaman yang akan anda gunakan pada seluruh dokumen anda.
  6. Jika anda ingin memberikan nomor halaman pada bagian footer, pilih menu Page Number kemudian Bottom of the Page.
  7. Selesai, anda akan menemukan nomor halaman pada bagian footer dokumen anda.

Anda juga bisa meletakkannya di header dengan memilih top of the page, pada margin dengan memilih page margin. Anda bisa melihat berbagai pilihan juga pada tiap bagian.

Menyesuaikan Format Nomor Halaman

Kita sudah belajar bagaimana cara memberikan nomor halaman pada dokumen anda. bagaimana jika kita tidak menyukai pilihan sebelumnya dan kita ingin menggantinya? Atau jika kita ingin menggunakan format yang berbeda – beda untuk tiap halamannya? Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menyesuaikan format nomor halaman sesuai dengan keinginan anda:

  1. Pertama, untuk menyesuaikan format dari nomor halaman yang digunakan, anda harus masuk ke tab Page Number options,
  2. Kemudian, setelah jendela dialog muncul,  pilih Format Page Numbers
  3. Dari kotak dialog tersebut anda dapat menentukan format nomor halaman yang anda inginkan.
  4. Tentukan  dan pilih jenis format nomor halaman yang sesuai dengan yang anda inginkan.
  5. Kemudian Klik OK untuk melihat perubahan yang telah dibuat.
  6. Selesai. Anda

Selanjutnya, jika anda harus membuat satu halaman depan dengan format nomor yang berbeda dengan halaman lain, anda juga bisa membuatnya. Mungkin halaman pertama merupakan cover yang tidak perlu diberi nomor halaman yang terlihat, maka anda bisa melakukan langkah – langkah di bawah ini:

  1. Pertama, pilih bagian section nomor halaman yang anda ingin jadikan halaman pertama (bisa bagian header atau bagian footer)
  2. Selanjutkan arahkan kursor ke bagian tab Design dan kemudian pilih menu Options
  3. Setelah kotak dialog muncul, akan muncul beberapa pilihan dan pilih Different FIrst Page.
  4. Dengan begitu, anda telah menghilangkan bagian nomor yang ada pada halaman pertama. Halaman tersebut sebenarnya tidak hilang atau dihapus, namun halaman tersebut hanya tidak terlihat.

Jadi, dari penjelasan diatas sudah jelas bukan, bahwa memberikan atau menambahakan nomor halaman pada dokumen word adalah sesuatu yang mudah. Anda tidak perlu repot – repot mengetikkan nomor halaman secara manual, anda bisa menggunakan fitur “page number”. Anda bahkan bisa menyesuaikan berbagai format dan pilihan bentuk huruf yang anda inginkan.

Demikian adalah beberapa cara dalam menambahkan nomor halaman ada dokumen word. Selamat mencoba!

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment