Catatan Muslim

Belajar Microsoft Word untuk Pemula

Belajar Microsoft Word untuk Pemula – Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang termasuk ke dalam produk Microsoft Office yang berguna sebagai aplikasi pengolah kata. Di dalam paket aplikasi office sendiri terdapat banyak produk seperti Excel, Powerpoint, Publisher, Access dan lain-lain.

Namun di artikel kali ini, kita hanya akan membahas 1 aplikasi pengolah kata saja yaitu Microsoft Word. Aplikasi Microsoft Word adalah salah satu yang paling populer di dunia, terutama di Indonesia yang memiliki banyak pengguna Microsoft Windows.

Pertama kali software ini dibuat adalah pada tahun 1998, yang pada saat itu dirilis dengan harga $500 USD. Yang kemudian disusul dengan munculnya paket office lainnya seperti office 2000, 2003, 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Sebenarnya banyak sekali pengembangan office yang dilakukan oleh Microsoft, namun yang paling umum dipakai adalah yang saya sebutkan tadi. Dan office terbaru yang dikeluarkan Microsoft saat ini adalah versi Office 2019.

Belajar Microsoft Word untuk Pemula

Walaupun microsoft word sudah lama dirilis, namun sampai saat ini banyak sekali orang yang belum menguasai cara menggunakan microsoft word itu sendiri. Untuk itu, dibuatlah artikel ini sebagai referensi bagi Anda yang ingin mempelajari cara penggunaan microsoft word.

Belajar Menggunakan Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word

Microsoft word adalah perangkat lunak buatan Microsoft yang dirancang sebagai aplikasi pengolah kata dan dokumen. Pengolah kata disini dapat diartikan untuk membuat, mengedit dan memformat dokumen yang lebih jelasnya bisa Anda dapatkan di paragraf dibawah ini.

Fungsi Microsoft Word

  1. Membuat Dokumen

Aplikasi buatan microsoft ini dapat Anda gunakan dalam membuat dokumen digital ataupun mencetaknya di kertas nanti. Namun, Kamu membutuhkan sebuah printer untuk melakukan pencetakan melalui aplikasi microsoft word ini.

  1. Mengedit Dokumen

Dengan adanya microsoft word, Kamu bisa mengedit dokumen yang telah dibuat menggunakan aplikasi lain ataupun dengan microsoft word itu sendiri. Jadi, ada baiknya kamu selalu menyimpan dokumen penting yang sekiranya bisa diubah nantinya seperti surat lamaran kerja.

  1. Memformat Dokumen

Fitur-fitur pada microsoft word dapat dikatakan cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata, hal ini akan memungkinkan kamu untuk membuat berbagai format dokumen. Seperti heading, ukuran kertas dan jenis font.

Panduan Belajar Menggunakan Microsoft Word

Sebelum Kamu memasuki tahap pembelajaran, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi microsoft word sudah terinstall di komputer Kamu. Apabila belum, maka Kamu perlu menginstall paket aplikasi microsoft office terlebih dahulu.

  1. Membuka Aplikasi Microsoft Word

Jika Kamu menggunakan sistem operasi dibawah windows 8, untuk membukanya kamu dapat membukanya dengan:

  • Klik start > all program > microsoft office > microsoft word
  • Klik start > ketik microsoft word
  • Shortcut pada desktop

Apabila menggunakan windows 8 atau 10, Kamu hanya perlu mengetikan microsoft word pada start atau menggunakan shortcut desktop.

  1. Membuat Dokumen Baru

Ketika program microsoft word dibuka, untuk membuat dokumen baru Kamu hanya perlu mengklik blank document pada tampilan yang terlihat.

  1. Mengetikan Dokumen

Selanjutnya Kamu langsung bisa membuat sebuah dokumen menggunakan aplikasi microsoft word. Beberapa fitur dasar yang dapat kamu temukan pada aplikasi ini antara lain:

Bold: Berguna untuk menebalkan kata

Italic: Berguna untuk memiringkan huruf

Underline: Berguna untuk memberi garis bawah

Kesimpulan

Microsoft Word merupakan salah satu produk paket aplikasi dari Microsoft Office yang berguna sebagai pengolah kata.

Fitur-fitur dalam Microsoft Word dapat dikatakan cukup lengkap, karenanya Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terpopuler.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment