Catatan Muslim
merawat komputer

Cara Merawat Komputer Yang Baik Dan Benar

Dijaman yang serba canggih ini, hal dasar yang kita harus ketahui adalah cara merawat komputer. Sebenarnya bukan hanya komputer saja yang perlu perawatan, tapi hampir seluruh barang elektronik perlu dilakukan perawatan rutin.

Untuk merawat komputer ini sendiri terbilang cukup mudah, karena kamu hanya perlu kedisiplinan untuk melakukan pembersihan secara rutin. Perawatan komputer memang sudah tugas pemilik agar komputer bertahan lama dan tidak cepat rusak.

Cara Merawat Komputer Yang Baik Dan Benar

Merawat komputer dapat mencegah kamu mengeluarkan uang untuk memperbaiki komputer kamu jika sudah rusak. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? oleh karena itu kamu harus mengetahui Cara Merawat Komputer yang baik dan benar.

Menutup Program Yang Tidak Penting

Perawatan bukan hanya dari segi hardware saja, kamu juga harus melakukan perawatan dari segi software yakni dengan cara tidak membuka banyak program yang tidak penting. Sebaiknya kamu tutup program yang sudah tidak terpakai.

Karena program yang kamu tidak tutup masih memakan RAM, hal itu berdampak pada melonjaknya memori yang terpakai pada RAM sehingga komputer yang kamu gunakan akan menjadi lebih lemot disebabkan oleh program yang membebani RAM.

Mengatur Suhu Ruangan

Komputer yang sehat adalah komputer yang disimpan diruangan yang tidak terlalu panas dan disimpan ditempat yang tepat. Sebaiknya kamu menyimpan komputer ditempat yang memiliki ventilasi yang cukup.

Kalau bisa kamu gunakan kipas dan arahkan pada CPU, hal ini dilakukan agar komponen pada komputer kamu tidak mengalami panas berlebih. Komponen yang memiliki panas berlebih akan mudah rusak dan umurnya lebih pendek dari biasanya.

Gunakan Stabilizer / UPS

Komponen yang harus kamu lindungi salah satunya adalah Harddisk, karena disini tersimpan seluruh file sistem. Untuk melindunginya dari kerusakan, kamu bisa menggunakan Stabilizer atau UPS.

Stabilizer ini berguna untuk menstabilkan tegangan listrik yang terkadang naik dan turun, selain itu juga stabilizer dapat mencegah harddisk dari kerusakan ketika tiba-tiba listrik padam.

Uninstall Program Yang Tidak Terpakai

Seperti yang disebutkan tadi bahwa salah satu komponen yang harus kamu rutin rawat yaitu harddisk, kamu bisa merawatnya dengan menghapus program yang tidak perlu dan tidak terpakai.

Menghapus program yang tidak tercapai akan mempercepat proses read/write dari harddisk komputer kamu sehingga beban komputer akan lebih ringan. Selain itu, beban komputer yang tidak terlalu berat bisa membuat harddisk kamu awet.

Membersihkan Komponen Komputer

Sebenarnya membersikan komputer tidak harus rutin, jika penggunannya masih pada indoor. Namun lebih disarankan membersihkan komputer setiap beberapa bulan sekali, agar komputer kamu bersih dari debu dan kotoran.

Debu dan kotoran pada komponen yang banyak menempel, bisa saja membuat komputer kamu menjadi cepat rusak dan tidak bertahan lama.

Menggunakan Antivirus

Semakin berkembangnya teknologi, maka hal-hal seperti kerusakan pada teknologi juga berkembang. Hal yang paling dihindari oleh pengguna komputer adalah serangan virus yang dapat menginfeksi seluruh sistem pada komputer.

Untuk mencegah dan mengenali virus baru yang berkembang, kamu bisa memasang antivirus dan mengupdatenya secara berlaka. Hal ini bertujuan agar komputer kamu tercegah dari virus yang mengharuskan kamu untuk menginstall ulanng komputermu.

Bersihkan Recycle Bin Secara Rutin

Jika kamu sering menghapus file yang terdapat pada komputer kamu, kamu akan melihat file tersebut tidak langsung terhapus dan malah masuk ke Recycle Bin. Hal ini agar ketika kamu salah hapus file, kamu bisa mengembalikannya dengan cara klik restore.

File yang terhapus dan masuk kedalam recycle bin tidak langsung terhapus dari haddisk, sehingga ketika kamu tidak bersihkan akan memakan penyimpanan pada haddisk kamu. Sebaiknya bersihkan recycle bin secara berlaka, sebelum itu kamu harus memeriksa apakah ada file di recycle bin yang penting dan tidak sengaja terhapus.

Itulah beberapa Cara Merawat Komputer Yang Baik Dan Benar, hal diatas kamu perlu lakukan agar komputer kamu terhindar dari kerusakan. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan uang ketika komputer kamu mengalami kerusakan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, semoga bermanfaat~

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment