Catatan Muslim
Cara Merawat Rumput Jepang

Cara Merawat Rumput Jepang

Buat kamu yang ingin mempercantik taman dengan rumput jepang, kamu harus mempelajari Cara Merawat Rumput Jepang. Selain menjadi hiasan, rumput ini juga bergunan untuk menyerap genangan air. Sehingga tidak akan terdapat genangan pada tempat yang kamu tanam rumput jepang.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Rumput Jepang

Sebelum ke pembahasan lebih jauh, sebaiknya kamu mengenal tentang rumput jepang. Tanaman hias satu ini memiliki nama Rumput Jepang bukan berarti berasal dari Jepang, ternyata penyebutan ini karena kebiasaan dari oeang indonesia sendiri.

Rumput ini juga dikenal dengan nama Rumput Jarum, karena rumput ini memiliki bentuk yang sedikit meruncing dan tipis. Oleh karena itu, jika kamu duduk diatas rumput kamu merasa tidak nyaman karena akan merasakan sedikit sakit saat bersentuhan dengan rumput jepang.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan rumput jepang. Sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu Cara Menanam Rumput Jepang. Karena menanam rumput ini agak sedikit susah, jadi perlu tips khusus yang kamu lakukan agar rumput jepang kamu tumbuh dengan baik.

Cara Menanam Rumput Jepang

Selain merawat, kamu harus menanam rumput jepang dengan baik. Jika asal-asalan, rumput jepang tidak akan tumbuh dengan baik dan sesuai yang kamu harapkan. Untuk itu kamu bisa langsung simak Cara Menanam Rumput Jepang berikut :

Mempersiapkan Lahan Tanam

Sebaiknya sebelum kamu menanam Rumput Jepang, kamu harus mempersiapkan Lahan Tanam. Hal ini dilakukan agar lahan menjadi gembur dan subuh sehingga rumput rumbuh dengaik baik nantinya.

Pertama kamu bisa menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul, agar lahan tanam kamu tersingkir dari batu-batu yang tersesisa. Selanjutnya kamu bisa lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang. Gunakan pupuk kandang untuk menaburi semua permukaan lahan yang akan ditanami rumput jepang.

Penggunaan dari pupuk kandang ini sendiri diberikan dengan dosis takaran 2 : 5 atau sekitar 2,5 kg pupuk / meter. Setelah semua pupuk tersebar dengan baik, kamu bisa mulai menyiramnya dengan air agar pupuk meresap kedalam tanah.

Biarkan tanah sekitar 2 – 5 hari, selama waktu itu sebaiknya tanah rutin disiram dengan air agar pupuk lebih mudah terserap dan merata dengan tanah.

Memilih Bibit Rumput Jepang

Selain faktor dari lahan tanam, pemilihin bibit rumput jepang yang baik juga perlu dilakukan. Kamu bisa membeli bibit rumput jepang dalam bentuk bongkahan dan permeter.

Sebaiknya kamu pilih bibit rumput jepang yang berwarna hijau segar, biasanya bibit seperti ini tumbuh prima dan jauh dari serangan hama dan penyakit. Selain dari warna, kamu harus memperhatikan tekstur rumput tersebut. Pilih rumput jepang yang memiliki tekstur rumput keras dan tidak layu.

Karena kamu membeli rumput secara permeter, kamu harus memisahkan rumpit terlebih dahulu menjadi beberapa bagian kecil-kecil. Pastikan saat kamu memisahkan menjadi bagian kecil-kecil, akar yang terdapat pada rumput harus ikut tercabut.

Pastikan bahwa tanaman rumput jepang saat ditanam nanti beserta dengan akarnya, karena tanaman tidak akan tumbuh tanpa akar.

Menanam Rumput Jepang

Setelah mempersiapkan lahan tanam dan memilih bibit rumput jepang yang baik, maka selanjutnya kamu bisa melakukan penanam Rumput Jepang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya saat menanam kamu memperhatikan beberapa tips sebagai berikut :

  1. Sebelum kamu tanam, sebaiknya rumput jepang kamu siram dengan air agar mengilangkan kotoran yang masih tersisa pada bibit rumput jepang.
  2. Waktu penanam lebih baik disore hari sebelum matahari terbenam, hal tersebut dilakukan agar rumput akan memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi.
  3. Karena jika kamu menanam saat pagi hari, tanaman akan terbakar paparan sinar matahari.

Setelah mengetahui beberapa tips diatas, kamu bisa melanjutkannya dengan menanam bibit rumput jepang.

  1. Pertama kamu bisa membuat lubang kotak-kotak dengan cangkur, kira-kira ukurannya 10 x 10 cm.
  2. Taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos secara merata.
  3. Masukan bibit rumput jepang pada lubang yang sudah dibuat tadi.
  4. Kemudian kamu bisa langsung dapat menutup lubang tanam dan meratakannya.
  5. Siram menggunakan air secukupnya, sebaiknya penyiraman ini dilakukan seacara rutin saat awal-awal penanaman.

Cara Merawat Rumput Jepang

Jika dirasa sudah cukup baik menanam rumput jepang, sekarang kamu harus mengetahui Cara Merawat Rumput Jepang yang baik dan benar. Karena tahapan merawat adalah tanahpan yang paling krusial.

Karena jika kamu tidak lakukan dengan baik, nantinya tanamanan akan tumbuh tidak sesuai yang kamu harapkan. Sebaiknya perawatan ini dilakukan dengan rutin, agar rumput tumbuh dengan baik dan indah.

Penyiraman

Penyiraman harus rutin dilakukan, terlebih lagi saat awal-awal penanam. Dengan penyiraman rumput akan mendapatkan nutrisi yang cukup dan akar lebih mengcengkram tanah.

Sebaiknya kamu rutih menyiram rumput 2 kali sehari, waktu yang tepat untuk menyiram yaitu waktu pagi dan sore hari. Gunakan selang atau gembir saat menyiram tanaman, agar akar tanaman jepang tidak rusak.

Pemupukan

Selain jadwal menyiram, kamu juga harus mengetahui waktu yang ideal untuk memberikan pupuk. Waktu yang tepat untuk pemupukan sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali, pertama kamu lakukan saat tanaman berumur 2 minggu setelah ditanam dan saat berumur 1,5 bulan setelah tanam.

Pemupukan sebaiknya menggunakan Pupuk urea dengan dosis takaran 1/2 kg untuk lahan 10m dengan umur tanaman sekitar 2 mingguan. Sedangkan untuk tanaman yang sudah berumur 1,5 bulan, pupuk yang digunakan adalah pupuk TSP dengan dosis yang sama saat kamu memberikan pupuk pada rumput jepang diumur 2 mingguan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara Cara Merawat Rumput Jepang dan menanamnya, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. sebaiknya kamu mengikuti tips dan cara diatas, jangan lupa juga rutin untuk menyiram tanaman kamu agar tumbuh dengan baik dan indah.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment