Catatan Muslim

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Tersesat Di Hutan

Traveling adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak? dengan melakukan traveling kita dapat sejenak menghilangkan rasa penat setelah seharian bekerja. Namun perlu kamu ketahui, sebelum kamu traveling banyak sekali hal yang perlu kamu perhatikan mulai dari barang bawaan hingga tips-tips traveling.

Destinasi wisata memang selalu memikat hati para traveller, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Namun sangat jarang traveller berkunjung ke alam bebas, kebanyakan traveller lebih banyak berkunjung ke tempat-tempat terbuka.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Tersesat Di Hutan

Padahal alam bebas memiliki daya tarik tersendiri, nah buat kamu para traveller yang ingin berkujung ke alam bebas. Kamu harus bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena alam bebas beda dengan tempat terbuka. Misalnya saja tersesat, jika kita tersesat ditempat terbuka mungkin kita bisa minta bantuan ke masyarakat sekitar. Nah bagaimana jika kita tersesat dialam bebas? Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita perlu tau beberapa hal penting yang harus dilakukan ketika tersesat.

1.Cari Tempat Tinggi

Ketika kamu tersesat di hutan, pandangan kamu menjadi terbatas karena terhalang pohon-pohon yang tinggi. Hal yang bisa kamu lakukan adalah naik ketempat yang lebih tinggi, disana kamu bisa melihat matahari dan jarak pandang kamupun tidak akan terbatas.

Dari atas jarak pandang kamu menjadi lebih jauh, carilah pemukiman terdekat dari tempat kamu tersesat. Jika kamu sudah melihatnya, perhatikanlah arah menuju pemukiman tersebut. Karena ketika kamu sudah turun dari ketinggian, jarak pandang kamupun menjadi terbatas lagi karena terhalang oleh pohon-pohon yang tinggi.

2. Mencari Arah Mata Angin

Seperti yang tadi aku bilang bahwa jarak pandang kita di hutan sangat terbatas, kamu hanya bisa melihat pohon, rerumputan, dan daun-daun kering saja. Untuk mengatasi ini kamu dapat mencari arah mata angin terlebih dahulu sebelum kamu beranjak dari tempat semula.
Maka dari itu sebelum kamu ke alam bebas, lebih baik kamu membawa kompas. Jika kamu lupa atau terlanjur tidak membawa kompas, kamu dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari. Matahari selalu terbit dari timur dan terbenam dibarat. Jika dari tempatmu tidak terlihat matahari, kamu bisa melihat arah tumbuhnya lumut. Lumut selalu tumbuh membelakangi arah terbitnya matahari.

3. Aliran Air Bersih

Jika hal diatas tidak memungkinkan untuk kamu lakukan, kamu dapat mengikuti aliran air bersih yang ada disekitar kamu. Pada umumnya pemukiman warga sekitar berada dekat aliran air besih. Hal ini juga penting selain mencari pemukiman terdekat, kamu tidak akan dehidrasi karena kamu dekat dengan air bersih.

4. Cari Tempat Berlindung

Jika sudah malam, kamu jangan panik. Hal yang harus kamu lakukan adalah mencari tempat berlindung, jika kamu membawa tenda. Kamu bisa mencari tempat yang dirasa aman dari hewan liar, lalu mendirikan tenda ditempat itu.
Jangan memaksakan diri untuk lanjut mencari jalan atau pemukiman warga, karena ketika malam kamu akan kebingungan mencari jalan karena terhalang pepohonan dan gelapnya malam. Apalagi kamu tidak memakai kompas, hal itu akan semakin menyulitkan keadaan kamu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu berkunjung ke alam bebas, jangan pernah jauh dari rombongan. Jangan lupa membawa kompas juga. Semoga artikel ini bermanfaat.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment