Catatan Muslim
wisata gunung papandayan

Wisata Gunung Papandayan dan Pesona Indah Alamnya

Wisata Gunung Papandayan – Salah satu objek wisata alam yang terletak di propinsi jawa barat, Papandayan berada di kabupaten Garut, Jawa barat, tepatnya di dua desa yaitu desa karamatwanngi dan desa sirna jaya kecamatan cisurupan kabupaten garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2.622mdpl dapat menjadi salah satu pilihan tempat pendakian.

Wisata Gunung Papandayan dan Pesona Indah Alamnya

Gunung ini saat sebelum meletus pada tahun 2002 memiliki 4 buah kawah besar, tetapi setelah meletus kawah ini menjadi sebuah area kawah yang cukup besar, dan kawah ini terlihat jelas dari kejauhan. Kawahnya dapat di datangi masyarakat umum yang bukan pendaki gunung sekalipun, hal ini karena adanya jalan aspal mulus yang membentang dari bawah hingga kedekat kawah ini.

Nama papandyan ini berasal dari cerita rakyat yang konon mendengar suara gaib pada saat melintasi gunung, terdengar suara seorang pandai besi yang seperti sedang mengolah besi menjadi perkakas, sehingga di sebutlah gunung pandai (pengrajin besi) papandayan.

Jalur Pendakian Wisata Gunung Papandayan

Jalur pendakian di gunung Papandayan ini hanya ada satu track lewat Camp David dari Alun alun Cisurupan. Selama perjalanan track yang dilalui cukup standar tidak ada track curam, setelah sampai di pos 3 untuk naik ke puncak barulah cukup curam. Kemarin pas naik ada yang turun lagi karena memang derajat kemiringan -+ 110.

Jalur pendakian gunung Papandayan melewati kawah sekitar setengah jam hingga satu jam, tergantung cepat lambatnya perjalanan. Tak perlu khawatir, tanjakan jalur gunung Papandayan cukup landai, sehingga cocok didaki utuk latihan anak-anak atau pendaki pemula. Setelah habis jalur kawah, jalfannya datar dan lebar, selanjutkan jalan lebar berbatu yang anda ikuti akan buntu. Dari situ turun ke arah sebelah kanan mengikuti jalan setapak sampai menemukan sungai kecil.

Harga Tiket dan Destinasi Wisata Gunung Papandayan

Untuk mendaki di gunung papandayan sendiri tidak perlu ijin simaksi. Untuk pengurusan administrasi di camp david dengan hanya membayar 15rb per orang.

Berikut wisata yang ada di gunung Papandayan :

  1. Kawah

Salah satu wisata yang paling utama di gunung Papandayan adalah sisa letusan gunungย  yang saat ini masih tetap aktif (kawah). Kawah ini terakhir kali meletus pada tahun 2002 dimana sebelum terjadi letusannya terdapat nama – nama kawah diantaranya ada kawah yang bernama kawah si balagadama karena kawah ini adalah yang terbesar saat itu juga ada kawah emas karena kawahnya berwarna kuning keemasan dari warna belerang dan ada banyak nama – nama kawah lainya yang menarik. Tetapi, saat ini kawah tersebut sudah tidak ada lagi, disebabkan karena letusan terakhir pada tahun 2002, dan saat ini kawah gunung papandayan sudah menjadi satu dan sangat besar dan terdapat danau sisa letusan di pusat kawah berapi.

  1. Hutan Mati

Hingga saat ini wisata yang paling mempesona di gunung Papandayan adalah Dead Forest atau dapat disebut hutan mati. Dimana hutan mati ini mempuyai pemandangan yang sangat eksotik yang menawarkan sebuah panorama memanjakan setiap wisatawan yang datanng ke tempat ini, karena jika ke tempat ini seakan berada di planet mars yang pohonnya seakan tak hidup di sanding dengan lukisan panorama puncak gunung papandayan.

  1. Padang Bunga Edlwiss

Di Twa Papandayan terdapat tumbuhan endemik yang sangat menarik yaitu Bunga Edelwiss atau yang terkenal dengan keabadiannya, namun yang berbeda disini yaitu terdapat sebuah padang bunga yang semuanya terhampar luas berisi bunga keabadian.

Sumber :
Ngeblog Bareng

*Artikel ini merupakan artikel Guest Post, materi dan gambar sepenuhnya tanggung jawab dari penulis atau pengirim.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

13 comments

  • Pemandangan gunungnya bagus banget di foto 1 dan 2. Hutan matinya beneran masih ada sampai sekarang? Tidak ditanami pohonan yang baru lagi gitu?

  • Wah, semoga next travelling saya selanjutnya bisa menginjakkan kaki di gunung papandayan, keliatannya indah sekali pemandangan disana.

  • Uda lama banget nggak naik gunung. Ternyata sekarang mau naik gunung harus ada ijinnya ya. Dulu mah asek aja naik ๐Ÿ˜
    Tapi seneng ya kalau uda sampai puncak, pemandangannya luar biasa indah.

  • Iconic banget pemandangan hutan mati. ciri khas dari gunung papandayan. Gunung ini termasuk gunung sehari semalam. Keren keren

  • Ah ilah, kenapa pake liat foto papandayan sih. Kan gue jadi rindu sama papandayan bareng sohib tahun 2016 ๐Ÿ™

    apalagi pas di hutan matinya ๐Ÿ™ gokil dah seru abis kaya orang bener bercanda ria tanpa gadget!

  • Papandayan walau katanya rendah tapi ternyata spot spotnya Indah indah ya Kak. Lokasinya pun ga begitu jauh Dr jakarta

  • Selalu “Segar” kalau ngeliat pemandangan alam seperti papandayan ini. Baru tahu juga kalau letaknya di Garut.

    Maklum, “Bukan anak gunung” ๐Ÿ˜€

    Tapi kayaknya seru juga ini kalau sekali kali ikutan naik gunung ๐Ÿ˜‰

  • Wah, ada taman bunga edelweisnya ya disini? Gokil parah. Bakal dijadiin salah satu wishlist nih Gunung Papandayan.