Catatan Muslim

Tips Investasi Rumah Kontrakan untuk Pemula

Dewasa ini, investasi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan, tidak hanya bagi para pekerja tetapi juga bagi para remaja ataupun mahasiswa yang belum memiliki penghasil stabil sekalipun. Kenapa sih investasi itu sangat penting? Karena investasi dapat dikatakan pula sebagai jaminan seseorang di hari tua nanti.

Tidak ada satu orang pun yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, baik itu mengenai kesehatan, pekerjaan, hingga kondisi finansial. Walaupun tidak ada yang dapat mencegah terjadinya suatu hal tak terduga di masa yang akan datang, bukan berarti hal tersebut tidak memerlukan antisipasi.

Nah, salah satu bentuk antisipasi paling mudah yang dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat dari berbagai kalangan ialah dengan melakukan investasi. Banyak sekali jenis-jenis investasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari investai emas, saham, reksa dana, hingga yang mulai banyak digandrungi oleh sebagian masyarakat, yaitu investasi properti.

Investasi properti itu sendiri tidak melulu hanya rumah dan apartment saja, membangun bisnis kontrakan pun juga dapat dikatakan sebagai investasi properti yang cukup menguntungkan. Membutuhkan modal awal yang tidak sebesar rumah ataupun apartment, bisnis rumah kontrakan dinilai merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Mengapa?

Semakin meningkatnya harga tanah dan rumah membuat hadirnya bisnis rumah kontrakan kian bertambah dari tahun ke tahun. Jelas saja, tinggal di rumah kontrakan memang jauh lebih murah dan hemat, meskipun fasilitas yang didapat tidak jauh berbeda dari rumah dan apartment. Sehingga, bagi keluarga ataupun mahasiswa yang belum memiliki finansial yang mumpuni, tinggal di rumah kontrakan menjadi salah satu pilihan terbaik.

Permintaan bisnis rumah kontrakan yang semakin tinggi membuat hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Nah, bagi anda yang ingin mencoba untuk berinvestasi bisnis rumah kontrakan, yuk ketahui dulu tips dan trik nya berikut ini.

Cara Investasi Bisnis Rumah Kontrakan

 

  1. Tentukan Jenis Rumah Kontrakan

Pertama-tama, tentukanlah jenis rumah kontrakan anda. Ada yang membeli tanah lalu membangunnya, ada pula yang langsung membeli rumah yang telah jadi. Tentu membeli rumah merupakan cara yang paling efektif dibandingkan harus membeli tanah dan membangunnya terlebih dahulu. Namun, bila anda memiliki desain rumah yang diinginkan, mungkin akan lebih baik untuk membeli tanah dan membangunnya sendiri.

Jika anda memutuskan untuk membeli rumah yang sudah jadi, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas bangunan yang dibeli. Jika ada sesuatu yang kurang, seperti genteng bocor, dinding yang kotor, pintu rusak dan sebagainya, segeralah lakukan renovasi. Sedangkan bila anda justru memutuskan untuk membeli tanah dan membangunnya, pilihlah jenis material terbaik. Biasanya jenis material yang terbaik akan memiliki jangka waktu pemakaian yang cukup lama.

  1. Lokasi Strategis

Lokasi merupakan salah satu kunci utama dari berhasilkan sebuah bisnis rumah kontrakan maupun bisnis kost. Mau sebagus apapun bisnis rumah kontrakan anda, bila anda membangunnya di lokasi yang tidak strategis maka akan secara otomatis menjadi sia-sia. Carilah lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, akses transportasi publik yang mudah, dikelilingi oleh sekolah atau kampus, dan akses tempat makan yang banyak.

  1. Harga Bersaing

Tentukanlah harga kontrakan dengan fasilitas dan lokasi yang sesuai. Janganlah mematok harga yang terlalu mahal maupun yang terlalu rendah. Harga yang pada nantinya anda jadikan sebagai harga sewa biasanya sudah harus termasuk dengan air, listrik, dan internet. Jangan lupa pula dengan biaya pembangunan yang telah anda keluarkan sebagai modal awal.

Selain itu, menyesuaikan harga dengan lokasi tempat anda membangun bisnis rumah kontrakan itu sendiri juga sangat berpengaruh. Sebagai contoh, rumah kontrakan yang dibangun di area sekolahan atau kampus pastinya harus lebih rendah dibandingkan rumah kontrakan yang dibangun di daerah perkantoran.

Walau membutuhkan modal yang cenderung besar, tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis rumah kontrakan merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan dan tak lekang oleh waktu. Tetapi, jangan lupa bahwa disetiap bisnis yang dilakukan, pastinya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Nah, bagi anda yang ingin menjadikan bisnis rumah kontrakan sebagai instrumen investasi, jangan langsung memutuskan dulu. Yuk ketahui keuntungan dan kerugian dari bisnis rumah kontrakan dengan membaca informasi lebih lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/bisnis-rumah-kontrakan-untung-rugi/

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment