Catatan Muslim

Perhatikan Teknik Fotografi untuk Hasilkan Blog Lebih Ciamik

Saat ini menjadi seorang blogger tidak cukup mereka yang bermodal kemampuan menulis semata. Ada hal lain yang juga harus dipelajari secara teknis semisal teknik foto atau teknik fotografi.

teknik fotografi
pixabay.com

Bahkan di luar sana fotografi bisa jadi lebih populer daripada blog itu sendiri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas fotografi.

Namun berjalannya waktu teknik fotografi ini juga dipelajari oleh para blogger. Bukan tanpa alasan mengingat karya blog tidak cukup hanya dengan tulisan semata.

Dengan mempelajari teknik fotografi maka kita akan bisa mendapat angle foto yang sempurna. Sepintas lihat pembaca akan langsung mengatakan, “saya harus baca blog ini hingga tuntas.”

Foto bukan lagi hanya sebatas pemanis semata. Lebih dari itu foto pun bisa berbicara jauh lebih tajam dari pada kata-kata itu sendiri.

Pentingnya Pemahaman akan Teknik Fotografi

Hampir semua orang bisa menggunakan kamera dan mengambil gambar. Baik dengan kamera dalam arti sesungguhnya maupun menggunakan smartphone.

Tapi hampir bisa dipastikan tidak semua orang tahu cara mengambil gambar yang baik. Dalam arti gambar tersebut seolah dapat berbicara dan menyampaikan pesan tersirat.

Dikutip dari Digital Photography School ternyata teknik fotografi memiliki banyak fungsi. Dan diantara sekian banyak manfaat tersebut setidaknya ada 3 manfaat utama.

1. Menghasilkan Foto Menarik

Seperti yang sudah disampaikan diatas dimana teknik foto ini menjadi penting guna menghasilkan foto menarik. Foto dihasilkan tidak blur dan fokus dengan objek yang ingin disampaikan.

Untuk bisa pada tahap tersebut tentu dibutuhkan pengetahuan dan pastinya latihan. Tidak ada fotografer handal yang muncul tiba-tiba.

Meski miliki bakat yang baik sekalipun tetap ia harus berproses dan menjalani kegiatan fotografi berulang kali. Mencoba dan mencoba guna menghasilkan foto yang lebih baik.

Untuk sampai pada tahap tersebut ada beberapa pengetahuan yang harus dikuasai. Mulai dari pencahayaan, komposisi, exposure, warna, tone, hingga waktu pengambilan foto yang tepat.

Bila sudah mengetahui hal-hal yang sifatnya basic maka tinggal banyak latihan saja. Ada baiknya juga minta masukan dan saran dari orang lain agar hasil lebih baik.

2. Cara Menggunakan Kamera

Bagi fotografer sesungguhnya maka ia harus tahu betul tentang cara menggunakan kamera. Maklum saja dalam kamera tersebut terdapat berbagai formula atau pengaturan yang bisa dipilih.

Semua itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang miliki naluri baik. Bukan hanya sekadar menduga-duga tapi juga akan melibatkan perasaan dan logika yang baik.

Cara membawa dan menyimpan kamera pun juga harus diperhatikan. Bila tidak benda kesayangan ini tentu akan mudah rusak.

Terlebih pada lensa, tentu harus mendapat perlakukan lebih baik. Jangan simpan di tempat lembab karena akan menumbuhkan jamur.

3. Fotograf untuk Terapi

Tak pernah menyangka tentunya bila fotografi bisa digunakan sebagai alat terapi yang baik. Keindahan yang dihasilkan maupun proses mencipta menjadi satu keindahan tersendiri.

Tak jarang kemudian satu karya fotografi yang apik akan dinilai sangat tinggi. Selain itu mungkin pernah kita melihat ada satu fotografer yang rela berada dalam satu tempat berhari-hari untuk mendapat jepretan istimewa.

Selain itu juga ada mereka yang melakukan kegiatan ini sebagai sarana healing atau terapi. Menyeimbangkan antara hati dan pikiran, antara tuntutan hidup dan kenyataan.

Melepas sejenak dari aktivitas harian dan menekuni sebuah hobi tentu itu adalah kemewahan tersendiri.

Namun demikian semua alasan itu benar dan tidak ada yang salah. Apapun alasannya belajar teknik fotografi adalah sebuah kebenaran.

Dan buat kamu yang belum juga belajar, mari kita mulai dari sekarang.

Lina Muryani

Add comment