Mungkin tidak sedikit orang pernah merasakan hang pada laptop atau komputernya saat baru saja dinyalakan, masalah seperti ini memang sering terjadi. Mungkin saja anda salah satu orang yang memiliki masalah seperti ini. Jika berbicara soal penyebab masalah ini, saya bisa katakan bahwa penyebab masalah ini sangat beragam dan penanganannya pun berbeda.

Cara mudah mengatasi hang komputer dan laptop

Apakah sulit mengatasinya mengingat penyebab masalah ini sangat beragam? mengatasi hang pada laptop atau PC tidak terlalu sulit. Anda dapat mencoba beberapa tips dibawah ini agar dapat mengatasi masalah pada laptop/PC anda.

Periksa Komponen Harddisk

Karena penyebab masalah ini beragam, anda perlu memeriksa software dan hardware untuk mengetahui masalah tersebut. Jika perangkat anda hang dan tidak memungkinkan untuk pengecekan dari segi software, hal yang harus anda lakukan yakni pengecekan dari segi hardware.

Hardware saling terhubung satu sama lain dan sangat berperan penting dalam jalannya suatu perangkat, jika terdapat satu hardware yang tidak berfungsi. Hal itu dapat menyebabkan perangkat anda tidak bekerja maksimal atau malah membuat perangkat anda menjadi tidak bisa bekerja sama sekali.

Oleh karena itu, pemeriksaan hardware secara berkala sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini. Hardware yang harus anda periksa secara rutin yaknik Harddisk atau SSD, komponen tersebut memang hardware yang paling vital.

Anda harus memastikan bahwa komponen itu bekerja dengan baik, jika dalam pemeriksaan terdapat masalah seperti bad sector. Anda harus segera mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Periksa komponen RAM

Masih dalam tahap pengecekan segi hardware, RAM juga jangan luput dari pemeriksaan kalian. Mengingat RAM adalah jembatan yang menghubungkan antara Harddisk (Menyimpan Data) dan Prosessor (Memproses Data) menjadikan komponen ini tidak kalah penting dari Harddisk.

Kebanyakan masalah pada komputer terjadi dikarekan RAM yang bermasalah seperti kendor, kotor, dan lain sebagainya. Jika sebuah komponen RAM bermasalah maka menimbulkan berbagai troubleshoot pada perangkat anda salah satunya yakni mengalami hang.

Setelah mengetahui betapa pentingnya RAM pada perangkat anda, anda harus memastikan bahwa RAM yang ada pada perangkat anda tidak bermasalah. Hal yang anda dapat lakukan adalah membersikah RAM dengan menggunakan penghapus, pertama-tama anda lepaskan RAM dari Motherboard dan lakukan pembersihan pada kuningan yang terdapat pada RAM menggunakan penghapus dengan cara menggosok kuningannya secara perlahan.

Masuk ke Safe Mode

Setelah anda memastikan bahwa komponen hardware anda tidak bermasalah dan baik-baik saja, anda bisa melanjutkan pemeriksaan dari segi sofware. Anda dapat memanfaatkan fitur bawaan dari windows yakni Safemode.

Safemode adalah salah satu fitur yang sangat berguna yang terdaapt di sistem operasi Windows. Cara kerja fitur ini dengan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga, sehingga yang berjalan hanya aplikasi bawaan windows saja. Dengan begitu anda dapat mencari apakah ada aplikasi pihak ketiga yang membuat perangkat anda bermasalah.

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan booting seperti biasa. Lalu tekan dan tahan tombol F8, jangan dilepas sampai anda terdapat pilihan dna anda masuk kedalam safe mode.

Jika tidak terjadi apa-apa saat anda menekan tombol F8, kemungkinan anda telat menekan tombol tersebut sehingga perintahnya tidak berjalan. Anda bisa melakukannya lagi dengan cara diatas.

Periksa Driver

Pemeriksaan tidak cukup pada aplikasi pihak ketiga saja, anda juga harus memeriksa Driver yang terpasang pada perangkat anda. Karena hal ini yang paling sering menyebabkan perangkat anda menjadi hang dan bermasalah.

Anda cukup masuk kedalam Control Panel lalu masuk kedalam Device Manager. Anda akan melihat seluruh Driver yang terpasang pada perangkat anda, selanjutnya anda cari Driver yang tidak cocok dengan perangkat anda dalam artian bermasalah.

Driver yang bermasalah bisa anda ketahui dengan melihat apakah ada tanda silang atau tanda seru yang terdapat pada Driver tersebut, jika anda menemukan tanda tersebut pada salah satu Driver anda dapat menghapusnya.

Install ulang Sistem Operasi

Bukan hanya tentang Aplikasi dan komponen Hardware, sistem operasipun dapat menyebabkan perangkat anda bermasalah. Biasanya masalah terjadi karena operasi sistem yang terpasang pada perangkat anda bermasalah.

Jika sudah bermasalah anda tidak dapat memperbaiki sistem operasi tersebut, hal satu-satunya yang dapat anda lakukan yakni dengan meng-install ulang sistem operasi tersebut.

Jika anda tidak mahir dalam melakukannya, anda dapat meminta bantuan tukang service komputer. Tentu saja jangan lupakan Back Up data anda yang ada diperangkat tersebut agar tidak hilang.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hang pada komputer atau laptop anda, semoga cara diatas dapat menjadi solusi untuk anda mengatasi masalah tersebut.

Sending
User Review
( votes)

Tentang Penulis

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Tinggalkan Komentar