Catatan Muslim
koleksi museum sangiran

Mengenal Dan Melihat Koleksi Museum Sangiran Di Solo

Museum satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai sejarah, kamu bisa berlibur bersama keluarga sambil belajar sejarah tentang purbakala. Museum Sangiran adalah museum yang memiliki koleksi mengenai manusia purba, selain itu dikatakan bahwa museum ini adalah salah satu museum terlengkap di Asia. UNESCO menetapkan Museum Sangiran sebagai Situs Warisan Dunia. Hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Negara kita.

Koleksi Museum Sangiran

Museum Sangiran memiliki luas sekitar 52 km², dan memiliki koleksi kurang lebih 13.806 buah benda purba, salah satunya adalah fosil gigi dari ikan hiu purba, gajah purba, harimau purba, dan hewan purba lainnya.

Tempat dimuseum ini terbagi menjadi dua yakni ruang display dan gudang penyimpanan. Ada lebih dari 2.931 benda purba yang tersimpan di ruang display dan lebih dari 10.875 benda purba yang tersimpan di gudang penyimpanan.

Benda-benda purba di Museum Sangiran terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya Cetakan Fosil Manusia Purba, Fosil Vertebrata, Fosil Binatang Laut, Fosil Tumbuhan laut, dan fosil-fosil bebatuan purba.

Dalam kategori Cetakan Fosil Manusia Purba terdapat Australopithecus Africanus, Phithecanthropus Modjokertensis, Pithecanthropus erectus, Pithecanthropus Soloensis, Homo Neanderthal Eropa, Homo Neanderthal Asia, Homo Sapiens sapiens, dan masih banyak lagi.

Dalam kategori Fosil Hewan Vertebrata terdapat Elephas namadicus, Stegodon trigonocephalus , Mastodon sp , Bubalus palaeokarabau, Felis palaejavanica, Sus sp, Rhinocerous sondaicus, Bovidae, Cervus sp, dan lain sebagainya.

Dalam kategori Binatang Air terdapat Crocodillus sp, Ikan, kepiting, gigi ikan hiu, Hippopotamus sp, Moluska, Foraminifera, Chelonia sp, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi koleksi-koleksi yang ada di Museum ini. Selain koleksinya yang lengkap dan banyak, di Museum ini terdapat fasilitas yang mendukung kegiatan belajar seperti fasilitas audio-visual, penjual souvenir,Laboratorium, Ruang Pertemuan, Perpustakaan, Ruang Penyimpanan dan lain sebagainya.

Bagaimana? tertarik berkunjung ke museum sangiran? semoga artikel yang singkat ini dapat menjadi referensi kamu dalam mempertimbangkan berkunjung ke museum sangiran yang ada di solo ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment