Catatan Muslim

Fakta Seputar Game Solitaire yang Perlu Kamu Tahu

Dari sekian banyak game yang bisa ditemukan tentu kita tak bisa mengindahkan game susun kartu. Di mana ada banyak fakta seputar game solitaire yang cukup menarik.

fakta seputar game solitaire
solitaire.org

Di mana game ini memiliki jumlah pengguna hingga puluhan juta orang. Selain itu game ini telah berusia puluhan tahun. Hadir sejak 1990 dan hingga kini masih eksis di 2022.

Mereka yang mengenal game ini bukan hanya yang berasal dari generasi milenial semata. Ada juga gen Z hingga bisa jadi mereka yang termasuk baby boomer.

Tidak percaya, berikut sejumlah fakta seputar game solitaire yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Dimainkan Tak Kurang dari 35 Juta orang

Hingga saat ini game solitaire setidaknya telah dimainkan hingga 35 juta orang dari seluruh dunia. Hal ini tidak lepas dari peran Windows yang senantiasa membekali permainan ini dalam tiap produknya.

Pada dasarnya game ini tidak perlu di unduh karena langsung tersedia dalam tiap PC / laptop berbasis Windows. Namun selain itu bisa juga ditemukan dalam smartphone hanya saja kita harus mengunduhnya terlebih dahulu.

2. Berfungsi Melatih Jari

Di awal kemunculan Windows tahu betul bahwa pengguna belum familiar dengan apa yang namanya mouse. Guna memudahkan jari untuk melatih penggunaan cursor geser maka muncullah game solitaire.

Berbeda dengan sekarang dimana ada sebagian orang yang telah menggunakan laptop dan tidak membutuhkan mouse maka mereka bisa menggunakan papan geser di laptop mereka.

3. Terdapat Ratusan Permainan

Meski populer dengan nama game solitaire tapi dalam praktiknya ada banyak pilihan permainan yang bisa dimainkan. Tak kurang dari 100 permainan bisa dipilih.

Untuk tingkat kesulitan pun bisa disesuaikan. Dari level yang paling mudah hingga menuju level yang lebih tinggi dan tentunya lebih sulit untuk memenangkan permainan.

4. Diciptakan Anak Magang

Mungkin kita berpikir bahwa game ini diciptakan karyawan senior Microsoft. Namun faktanya permainan ini justru dibuat anak magang.

Dikutip dari TheVerge, game ini dibuat oleh Wes Cherry pada tahun 1988. Menurutnya game ini justru tercipta dikala ia bosan. Dan beruntungnya game ini diterima sangat baik oleh Bill Gates.

5. Berusia 32 Tahun

Pertama kali diluncurkan pada 1990 pada sistem operasi Windows 3.0 atau 2 tahun pasca dibuat Wes Cherry. Dihadirkan khusus kala itu untuk melatih jari bukan sekadar permainan hiburan.

Hingga kini game solitaire masih bertahan dan bisa jadi kembali ke fungsi awal sejak di buat pada 1988. Di mana kita seringkali menggunakan game ini untuk hiburan semata.

6. Terakhir di Windows 10

Meski pihak Microsoft mengatakan bahwa game solitaire terakhir ada di sistem operasi Windows 10 tapi kita tidak perlu khawatir. Bila menggunakan sistem operasi diatasnya harus unduh manual.

Dengan sejumlah perbaikan yang ada kita akan menemukan permainan ini jauh lebih baik dan menyenangkan. Atau hanya ingin bermain di versi klasik pun masih bisa ditemukan.

7. Bermanfaat untuk Kesehatan

Buang jauh-jauh anggapan bila game itu hanya buang-buang waktu. Fakta cukup menarik dimana dengan bermain game pun sangat baik untuk kesehatan.

Game yang identik dengan drag and drop ini bisa melatih motorik tangan, mata dan otak. Terutama mereka yang baru recovery dari sakit. Akurasi tangan tidak tercipta begitu saja dan butuh permainan yang bisa membawa ke sana.

Selain beberapa fakta seputar game solitaire diatas bisa jadi masih ada fakta menarik lainnya. Silakan isi di kolom komentar dan akan saya tambahkan kemudian.

Lina Muryani

Add comment