Catatan Muslim

Tips Cerdas Memilih Pipa Air untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Bagi kamu yang hendak membangun rumah tentu membutuhkan saluran air. Baik itu untuk mengalirkan air bersih ataupun membuang air kotor. Menjadi penting kiranya untuk kemudian cerdas memilih pipa air. Salah sedikit bisa jadi barang tidak bisa dipakai dan sia-sia.

cerdas memilih pipa air
rucika.co.id

Pipa air itu sendiri memiliki karakter berbeda-beda. Harus bisa disesuaikan dengan peruntukkan agar mendapat hasil optimal. Dikatakan demikian tentunya bila biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, awet tahan lama dan mudah dipasang.

Untuk memudahkan hasil akhir maka setidaknya ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Gunakan perhitungan dengan matang dan bila kurang paham bisa tanya pada mereka yang ahli atau googling di internet agar tidak salah pilih.

Bila beberapa hal ini tidak terjawab maka ada baiknya untuk dihitung dan pikir ulang. Pipa air seperti apa yang hendak digunakan.

Kali pertama yang harus dipahami tentu saja jenis kebutuhan itu sendiri. Untuk kebutuhan rumah tangga setidaknya ada 3 saluran yang akan ditemukan. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda.

Kenali Kebutuhan Pipa Air

Kebutuhan pemipaan untuk rumah tangga mayoritas dibedakan atas 3 hal:

1. Saluran Air Bersih

Pipa pertama yang paling banyak digunakan tentu saja untuk saluran air bersih. Dimana air menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Artinya pipa ini pun wajib harus ada. Bila tidak maka siap-siap menimba dan memasukkan ke dalam ember. Khusus di perkotaan bisa jadi sudah tidak ada lagi kegiatan bagai mengerek bendera ini.

Pipa paling banyak digunakan untuk saluran air bersih adalah pipa PVC tipe AW ½ dan ¾ inch.

2. Saluran Air Buangan

Bedakan antara saluran buangan dan saluran air kotor. Yang termasuk saluran buangan antara lain pipa untuk kamar mandi.

Pipa paling banyak untuk kebutuhan ini adalah tipe D atau AW dengan ukuran 2 atau 3 inch.

3. Saluran Air Kotor

Yang termasuk saluran air kotor adalah saluran pembuangan dari kloset. Tipe pipa yang cukup baik adalah tipe D atau AW dengan ukuran 4 inch. Ukuran lebih besar daripada yang lain untuk memastikan air kotor langsung terbuang.

Bila diatas sudah ada beberapa tipe pipa yang disebutkan dan ternyata bingung berikut penjelasannya.

1. PVC Kelas AW

Jenis ini menjadi paling tebal daripada PVC yang lain dan mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm2. Pipa ini baling banyak digunakan karena memiliki sejumlah kelebihan daripada pipa yang lain semisal cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan.

2. PVC Kelas D

Bila anggaran untuk pipa kelas AW kurang maka ada baiknya pilih PVC kelas D. Pipa ini mampu menahan tekanan hingga 5 kg/cm2. Berhubung kapasitas tekanan di bawah Kelas AW praktis kekuatan dan berat juga lebih ringan.

3. PVC Kelas C

Kelas C menjadi pipa paling rendah daripada kelas sebelumnya. Wajar kemudian bila pipa ini paling banyak digunakan untuk saluran pembuangan.

Bila sudah tahu berbagai kebutuhan dalam memilih pipa air untuk rumah tangga dan tipe yang ada maka kini saatnya untuk eksekusi.

Tips Cerdas Memilih Pipa Air

1. Bikin Perencanaan

Hidup itu harus realistis, pun demikian dalam membangun saluran air juga harus demikian. Pemilik keputusan bisa bermain pada kualitas mana yang akan dipilih atau ukuran berapa yang akan digunakan.

Memilih pipa air yang pas itu ada seninya. Ada baiknya patuhi standar yang ada dalam sistem pemipaan. Bila tidak bisa jadi hasil tidak akan optimal.

2. Tentukan Budget

Budget akan sangat menentukan hasil dalam memilih pipa air dan ini tentu sifatnya sangat subjektif. Selain karena faktor kualitas tentu bisa juga karena selera.

3. Cek 3 Harga

Lakukan cek 3 harga ke toko-toko yang ada di sekitar untuk memilih pipa air terbaik. Biasanya masing-masing toko memiliki harga yang berbeda. Tak banyak tapi bila dihitung secara kuantitas bisa jadi akan lebih hemat.

4. Memilih Pipa Air Terbaik

Dari sekian banyak merek pipa air yang ada di pasaran ada satu nama yang sangat direkomendasikan. Pipa air Rucika menjadi yang terbaik karena mereka berpengalaman lebih dari 40 tahun. Harga pipa air ini juga sangat kompetitifnes dan berani bersaing dengan yang lebih maka tapi tetap memberikan kualitas premium.

Tak hanya itu saja tapi mereka juga paling berkomitmen untuk menciptakan pipa paling ramah lingkungan dan bebas korosi. Ingat, kesehatan adalah yang utama dan jangan coba-coba mengakali.

Pipa air Rucika juga ada banyak ukuran dan tipe. Selain itu mereka memiliki sambungan pipa yang variatif dan ini pastinya memudahkan dalam pemasangan.

Rucika juga menjadi salah satu pipa dengan teknologi terbaik. Salah satunya mereka juga telah memperkenalkan Jacking System.

joko yugiyanto

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.