Catatan Muslim
test covid jakarta

Cara Mudah Covid Test Jakarta

Rapid test hingga saat ini masih terus dilakukan. Tak hanya di ibukota saja tapi hingga seluruh pelosok negeri. Tapi seringkali kita bertanya tentang mekanisme covid test Jakarta.

Bila beruntung mungkin kita akan bertemu momen dengan gelaran rapid test yang digelar secara massal oleh pemerintah. Bila tidak tentu harus berinisiatif untuk melakukan rapid test secara mandiri.

Jangan sampai seperti nasi telah menjadi bubur atau terlambat dan tidak bisa antisipasi. Dengan melakukan rapid test mandiri tentu kita akan dikenakan biaya tapi angka itu tak sebanding dengan rasa tenang.

Bayangkan bila kita satu waktu dalam kerumunan dan dapat informasi bila ada orang di sekitar kita positif reaktif. Tentu kita yang pernah bersinggungan akan khawatir dan harap-harap cemas.

Ada ketakutan sebelum ada konfirmasi dari dokter bahwa kita benar-benar aman tidak terpapar Covid-19. Oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ini atas kesadaran pribadi.

Pemeriksaan Covid-19 secara mandiri tentu jauh lebih baik daripada mengikuti test covid secara massal. Hanya saja biaya tentu di tanggung kantong pribadi.

Beberapa kelebihan test secara mandiri tentu saja lebih aman karena kita bebas menentukan waktu dan lokasi test. Selain itu dalam prosesnya lebih cepat karena tak perlu antri.

Satu lagi kelebihan test secara mandiri yakni kita bebas menentukan metode yang dirasa paling sesuai. Bisa menggunakan rapid test atau pun PCR.

Covid Test Jakarta

Pemeriksaan corona virus atau covid-19 di Jakarta saat ini tengah gencar-gencarnya. Meski telah memasuki era transisi tapi hingga kini jumlah korban belum turun secara signifikan.

Oleh karena covid test ini harus tetap dilakukan sebagai sarana deteksi dini sebelum jatuh korban. Dari hasil pemeriksaan tentunya bisa dilakukan tindak lanjut yang tepat sesuai dengan protokol kesehatan.

Seperti yang kita tahu saat ini untuk mendiagnosa seseorang terpapar Covid-19 dengan dua alat tersebut:

Rapid test

Metode ini menggunakan sampel darah dan proses pemeriksaan tak lebih dari 2 menit. Dengan darah ini yang akan diukur adalah antibodi.

Dari hasil pemeriksaan ini bila ada gejala yang mengarah Covid-19 baru dilakukan Swab Test atau PCR. Tujuannya untuk memastikan apakah seseorang positif atau tidak.

PCR atau Polymerase Chain Reaction

Pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus, sel, bakteri atau tidak. Dalam kaitan Covid-19 tentu yang diperiksa adalah material virus corona.

PCR atau swab test menggunakan sampel cairan yang di dapat dari saluran pernafasan bawah. Caranya dengan memasukan satu alat yang cukup panjang melalui rongga hidung.

Dengan test ini hasil bisa di dapat dalam waktu 10 hingga 2 jam tergantung alat yang digunakan.

Dari 2 cara diatas tentu cara kedua yang lebih di anjurkan untuk mengetahui apakah positif atau tidak terkena Covid-19.

Saat ini telah tersedia beberapa penyedia Covid test Jakarta. Untuk menemukan lokasi terdekat dan metode apa yang bisa digunakan juga sangat mudah.

Cukup instal Halodoc di smartphone baik itu yang berbasis Android ataupun IoS. Kemudian silakan bikin akun sesuai identitas dan pastikan gunakan data diri sebaik mungkin.

Berhubung ini ada kaitan dengan kesehatan maka jangan coba-coba untuk melakukan manipulasi karena bisa berakibat fatal. Semua data yang ada di jamin kerahasiaan dan keamanan jadi tidak ada pihak lain yang bisa mengakses.

Jika sudah memiliki akun ini maka silakan ikuti petunjuk berikut ini:
1. Buka aplikasi Halodoc dan pilih tombol “COVID-19 Test” lalu pilih Lokasi Rapid Test Drive.
2. Pilih waktu dan tempat untuk melakukan rapid test
3. Unggah foto / scan informasi diri (KTP bagi orang dewasa, dan KK untuk anak di bawah umur)
4. Lakukan pemesanan
5. Lakukan pembayaran dan masing-masing test bisa berbeda karena biaya jasa tenaga medis dan alat digunakan bisa berbeda pula
6. Terima SMS konfirmasi tentang jadwal test dan detail pesanan.
7. Tunjukkan bukti SMS ini kepada petugas medis saat melakukan Covid Test

Pada hari H lakukan beberapa hal ini untuk mempermudah proses pengambilan sampel:
1. Datang tepat waktu, tidak terlalu awal karena akan menunggu dan bila telat waktu akan digunakan oleh mereka yang ada janji di waktu tersebut.
2. Kenakan masker dan selalu membawa handsanitaser untuk membersihkan tangan
3. Kalau bisa ajak keluarga untuk menemani ke lokasi
4. Pastikan KTP bagi orang dewasa dan KK bagi anak-anak di bawa beserta dengan smartphone untuk registrasi di Pos 1 dan selanjutnya pemeriksaan di Pos 2

Hasil dari pemeriksaan ini akan keluar satu hari setelahnya jadi tidak perlu menunggu waktu lama. Cukup pantengin aplikasi atau smartphone saja dan menunggu di rumah.

Sangat mudah bukan melakukan covid test Jakarta ini, sebenarnya tak hanya di ibukota saja tapi telah bisa di lakukan di kota-kota besar lainnya semisal Surabaya.

joko yugiyanto

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.