Catatan Muslim

Cara Membuat Label Undangan Otomatis Pada Word

Selain untuk mengerjakan tugas dan membuat dokumen, microsoft office juga bisa digunakan untuk Membuat Label Undangan Otomatis Pada Word. Label undangan ini biasanya ditempelkan pada undangan seperti pernikahan. khinatan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Label Undangan Otomatis Pada Word

Biasanya kita banyak mengundang orang diacara yang akan dilaksanakan, jika ditulis secara manual tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu bisa saja habis hanya untuk menulis nama dan alamat undangan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui Cara Membuat Label Undangan Otomatis Pada Word agar lebih mudah.

Buat kamu yang memakai Microsoft Office versi berapapun, kamu bisa mengikuti tutorial ini. Disini saya akan menggunakan Microsoft Word 2013 sebagai contohnya.

Persiapan Membuat Label Undangan

Sebelum kamu membuat label undangan, kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan nama dan alamat yang ditulis pada microsoft excel. Nantinya nama dan alamat tidak perlu kamu tambahkan satu persatu, namun bisa langsung di tempelkan pada microsoft word secara otomatis.

1. Anda memiliki daftar nama dan alamat yang banyak, jika dimasukan satu persatu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu kita akan membuatnya dengan Microsoft Excel.

2. Buatlah Nama dan Alamat pada Kolom A dan Kolom B dibaris pertama, lalu pada baris kedua dan seterusnya diisikan data yang ada miliki. Silahkan lihat contoh dibawah ini.

Membuat Label Undangan Di Word

Diatas saya telah memasukan contoh data nama dan alamat yang ingin saya tempelkan pada undangan, kamu bisa membuatnya dengan format seperti itu. Jika kamu sudah memasukan semua nama dan alamatnya, kamu bisa langsung membuatnya di microsoft word.

Membuat Label Undangan Otomatis Pada Word

Selanjutnya kamu harus membuat nama dan alamat tersebut tercetak pada kertas label, caranya sangat mudah kamu hanya perlu mengikuti cara ini dengan teliti. Jika tidak teliti, teks yang kamu cetak tidak akan pas dengan label.

1. Silahkan buka Microsoft Word, disini saya menggunakan Microsoft Word 2013.

2. Selanjutnya kamu pilih Mailing Tab > Labels.

3. Selanjutnya akan muncul pop up Envelopes and Labels, kamu bisa pilih Options.

4. Kamu akan melihat pengaturan Label, disana sudah tersedia label dari microsoft word. Namun jika kamu merasa label yang telah disediakan tidak sesuai dengan label milikmu, kamu bisa membuatnya dengan klik New Label.

5. Nah, nanti akan tampil pop up Label Details, disini kamu diharuskan untuk mengiri setiap detail pada label tersebut. Lalu klik OK.

Berikut penjelasan setiap detail pada Label Detail :

  1. Label Name : Isi nama label sesuai keinginanmu.
  2. Top Margin : Isikan jarak antara pinggir atas kertas sampai pinggir atas label.
  3. Side Margin : Isikan jarak antara pinggir samping dengan pinggir kertas.
  4. Vertical Pitch : Ukuran tinggi label ditambah dengan jarak vertikal antara label pertama dan label kedua.
  5. Horizontal Pitch : Ukuran tinggi label ditambah dengan jarak horizontal antara label pertama dan label kedua.
  6. Label Height : Ukuran tinggi Label.
  7. Label Width : Ukuran lebar Label.
  8. Number Across : Isikan dengan jumlah kolom label.
  9. Numer Down :Isikan dengan jumlah baris label.
  10. Page Size : Pilih Custom.
  11. Page Width : Masukan lebar kertas label.
  12. Page Height : Masukan tinggi kertas label.

6. Setelah kamu mengisi semua detail diatas, kamu akan diarahkan kembali ke Envelopes and Labels. Disini kamu bisa langsung membuat dokumen baru yang berisi label yang akan kamu cetak.

Karena saya tidak setting apa-apa jadi labelnya agak berantakan. Namun karena ini contoh, kamu tetep bisa mengikuti cara ini dengan settingan label yang berbeda.

Tampilan kamu dengan tampilan contoh diatas akan berbeda, karena diatas tidak diubah apapun hanya menggunakan settingan default. Kamu tetap dapat mengikuti cara ini, hanya saja tampilannya berbeda.

Cara Memasukan Daftar Ke Label Undangan Di Word

Membuat Label Undangan Di Word

Pada awal tadi kita sudah membuat daftar nama dan alamat yang akan kita cetak pada label undangan, selanjutnya kamu dapat memasukan daftar dari excel tersebut ke word. Caranya sangat mudah, langsung saja simak cara berikut.

1. Ini adalah label undangan saya, label undangan yang kamu sudah kamu setting akan berbeda kolom dan tampilannya.

2. Kamu bisa langsung memasukan daftar nama dan alamat ke word dengan cara masuk ke Mailings > Select Recipients > Use an Existing List.

3. Kamu akan diarahkan ke jendela Windows Explorer, selanjutnya kamu bisa cari file yang kamu buat tadi diawal, setelah itu klik Open.

4. Selanjutnya akan tampil Select Tabel, ini dibiarkan saja langsung saja klik OK.

5. Selanjutnya kamu bisa langsung memasukan nama dan alamat pada setiap label yang terdapat pada word. Format penulisan nama kamu bisa gunakan di Mailings > Insert Merge Field > Nama. Kamu juga bisa memasukan alamat secara otomatis dengan cara yang sama.

6. Silahkan masukan nama dan alamat pada label di word, disini saya sudah membuat format seperti ini. “Nama” dipaling atas, tengah masukan kata “Di”, dipaling bawah masukan “Alamat”

7. Selanjutnya kamu copy format tersebut ke seluruh kolom label yang ada pada word. Pada kolom selanjutnya tambahkan <<Next Record>> sebelum <<Nama>>, hal ini berguna agar Word dapat mengurutkan nama sesuai ditabel yang kita buat tadi.

8. Kamu dapat menambahkan Next Record dengan cara ke Mailings > Rules > Next Record.

Selanjutnya kamu bisa copy paste format di kolom label kedua ke semua kolom label yang ada diword, itulah Cara Membuat Label Undangan Otomatis Pada Word. Semoga bermanfaat.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment