Catatan Muslim
Cara Membuat Home Recording Murah

Cara Membuat Home Recording Murah Untuk Pemula

Saat ini Home Recording sangat diminati oleh banyak orang, tidak heran banyak yang mencari Cara Membuat Home Recording Murah. Home Recording atau Rekaman Rumahan bisa kamu gunakan untuk pribadi maupun bisnis komersial.

Cara Membuat Home Recording Murah

Mungkin kamu sedang mencari-cari bagaimana cara membuat rekaman lagu dengan budget yang minim namun kualitasnya tak jauh beda dengan studio rekaman profesional. Kalau begitu kamu berada di artikel yang tepat, karena disini aku akan membahas cara membuat home recording murah yang bisa langsung kamu praktekan.

Laptop / Komputer

Laptop
Laptopmag.com

Alat utama yang wajib banget kamu punya yaitu laptop atau komputer, spesifikasi komputer yang kamu gunakan tidak harus High-end, kamu bisa menggunakan spesifikasi minimun yang biasanya tercantum di software yang akan kamu install.

Jika memiliki budget lebih, aku sarankan kamu menggunakan komputer/laptop dengan spesifikasi yang lebih baik sedikit demi kelancaran saat menajalkan software recording.

Spesifikasi Minimal :

OS : Windows XP 32 Bit (Recommended Windows 7 32 Bit)
RAM : 2 GB (Recommended 4GB atau lebih)
Harddisk : Disk 250 GB
VGA : 128 MB
Lainnya : USB 2.0

Spesifikasi diatas adalah spesifikasi paling minimum yang bisa kamu gunakan, jika memiliki budget lebih kamu bisa menggunakan spesifikasi diatas itu.

Sound Card

indiamart.com

Komponen selanjutnya yang harus kamu miliki untuk membuat home recording yakni Sound Card, komponen ini berguna untuk mengubah suara dari analog ke digital.

Sound Card yang kamu gunakan tidak harus mahal, sekarang sudah banyak bertebaran Sound Card murah yang bisa kamu temukan di Marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

Namun kamu juga harus perhatikan Sound Card yang kamu beli, minimal sound card yang ingin kamu gunakan memiliki 2 Input dan 2 Output.

Microphone

 

Selanjutnya kamu membutuhkan Microphone, sebaiknya kamu memilik microphone tipe Condenser. Sekarang sudah banyak microphone yang murah, namun kamu juga harus memperhatikan kualitas dari michophone tersebut.

Kamu bisa mencari-cari microphone murah di marketplace dan melihat review-review nya terlebih dahulu. Namun jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa membeli microphone beserta Pop Filter agar tidak ada suara yang tidak diinginkan saat take vokal.

Selain itu, kamu juga memerlukan Stand Mic untuk menjaga posisi microphone kamu. Untuk Stand Mic ini kamu tidak perlu mencari yang mahal, cukup cari yang murah saja yang penting bisa menahan microphone agar tetap stabil.

Monitor Speaker

Monitor yang aku maksud disini bukanlah monitor komputer melainkan monitor berbentuk speaker. Jika kamu bingung soal Monitor Speaker, coba kamu lihat dipanggung besar terdapat speaker yang mengarah ke panggung. Nah benda tersebut merupakan speaker monitor, alat yang wajib banget kamu punya kalau ingin membuat home recording.

Sebenarnya menggunakan headphone sudah mencukupi, namun lebih baik lagi kamu menggunakan keduanya yakni headphone dan monitor speaker. Kenapa? Karena suara yang kamu dengarkan melalui headphone denan monitor speaker itu akan berbeda.

Jika ruangan yang kamu gunakan untuk home recording merupakan ruangan kecil, kamu cukup menggunakan speaker monitor yang memiliki rentang frekuensi antara 35Hz – 20kHz.

DAW (Digital Audio Workstation)

DAW merupakan software yang digunakan untuk merekam, selain itu DAW membantu kamu untuk mixing suara dan mastering. Banyak DAW yang bisa kamu gunakan salah satunya yakni Cubase.

Aku sangat merekomendasikan kamu menggunakan Cubase, karena software ini sangat mudah dioperasikan dan hasil yang dikeluarkan juga bagus. Hal itu sangat berguna mempermudah kamu yang baru belajar rekaman.

VST (Virtual Studio Technology)

VST (Virtual Studio Technology) adalah perangkat lunak yang berkaitan dengan efek audio yang virtual yang harus dikolaborasikan dengan Digital Audio Workstation (DAW) seperti Sonar, FL Studio, Nuendo, dan lain sebagainya. Banyak VST yang bisa kamu gunakan, contoh VST yang populer yakni Guitar Rig.

Itulah beberapa peralatan yang bisa kamu gunakan untuk Cara Membuat Home Recording Murah, peralatan diatas sudah bisa kamu gunakan untuk membuat home recording yang low budget. Jika kamu ingin menaikan kualitas rekamanmu, sebaiknya gunakan peralatan yang lebih baik. Karena diatas merupakan peralatan paling minumun dan murah yang bisa kamu gunakan.

Avatar

R setiawan

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment