Catatan Muslim

8 Tempat Wisata Religi di Bandung, Liburan Sekaligus Menambah Ketakwaan

Pilihan tempat liburan nggak hanya seputar pantai dan pusat perbelanjaan. Kamu pun bahkan bisa mendatangi wisata religi saat liburan, sekaligus untuk menambah nilai ketakwaan.

Di Bandung, ada banyak sekali tempat wisata menarik berbau religi yang bisa dikunjungi. Nggak perlu khawatir mencari penginapan, berbagai hotel di Bandung tersedia dengan biaya murah untuk menginap per malamnya.

Well, ini dia delapan tempat wisata religi di Bandung yang recomended untuk dikunjungi. Jangan lupa ajak seluruh anggota keluarga di rumah untuk turut serta.

Simak daftarnya terlebih dahulu, yuk!

1. Masjid Raya Bandung

wisata religi di bandung masjid raya bandung
simas.kemenag.go.id

Masjid Raya Bandung dulunya disebut sebagai Masjid Agung dan sempat disebut sebagai bale nyungcung. Masjid megah ini didirikan pada tahun 1810 hingga 1812. Masjid raya ini sempat direnovasi sebanyak 15 kali.

Masjid Raya Bandung sendiri berlokasi di Alun-alun Bandung, tepatnya berlokasi di Jalan Dalem Kaum Nomor 14, Balonggede, Regol, Kota Bandung. Ada menara kembar setinggi 81 meter di sisi kiri dan kanan menara.

Seiring berjalannya waktu, hotel ini kemudian direnovasi dan tanamannya pun diperbaiki sehingga terlihat lebih instagramable.

2. Masjid Al Jabbar

Masjid Al-Jabbar Bandung
bisnis.com

Masjid Al-Jabbar Bandung sebenarnya sudah berdiri sebagai ikon masjid sekaligus tempat wisata religi yang ada di kota kembang. Namun, kedatangan corona membuat proses pembangunan masjid ini pun terhenti dan tertunda sekitar 1,5 tahun.

Kini, pembangunan masjid ini pun diteruskan. Masjid Al-Jabbar sendiri memiliki desain bangunan yang unik dengan bentuk perahu terapung. Rencananya, masjid ini akan selesai dibangun pada tahun 2023.

3. Masjid Al-Imtizaj

Masjid Al-Imtizaj
liputan6.com

Masjid Al-Imtizaj adalah masjid dengan nuansa Tionghoa yang berlokasi di Bandung. Perpaduan budaya timur tengah dengan Tionghoa begitu kental membuat masjid ini sangat unik.

Perpaduan warna emas, kuning dan merah membuat masjid ini terlihat begitu indah dan cerah. Keunikan lainnya dari masjid ini ada pada tulisan kaligrafi Han ala China di dinding dalam masjid.

4. Katedral Santo Petrus

Katedral Santo Petrus
bandungklik.com

Bagi kamu yang beragama Katolik dan ingin mencari tempat wisata religi bernuansa katolik, bisa coba datangi Gereja Katedral Santo Petrus. Ini adalah rumah ibadah tertua di Bandung dengan gaya neo gotik.

Gereja ini sendiri pertama kali berdiri pada tahun 1922 dan didirikan oleh Wolff Schoemaker. Arsitektur gereja katedral ini terlihat menarik dan sangat vintage dengan banyak tempat duduk di luar.

Kalau kamu ingin bersantai di luar gereja, dipersilahkan asalkan tidak berisik ketika ibadah sedang berlangsung. Ada banyak pedagang yang berjualan di depan Katedral untuk mereka yang lapar.

5. Biara Karmel OCD Bandung

Biara Karmel OCD Bandung
ceritapiknik.com

Biara Karmel OCD disebut juga sebagai pertapaan OCD Bandung. Ini adalah Gua Maria Karmel yang lokasinya sekitar 1 jam perjalanan dari Bandung. Menariknya, Biara ini dilengkapi dengan gua berisi salib dan patung-patung yang sangat menarik.

Salah satu hal yang membuat Biara Karmel OCD menonjol adalah patung Yesus wafat yang sangat indah dan besar.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, disarankan untuk menggunakan jaket tebal karena hawa yang semakin dingin ketika malam.

6. Masjid Al-Irsyad

Masjid Al-Irsyad
khazanahmasjid.com

Masjid Al-Irsyad adalah salah satu masjid yang berlokasi di Kota Padalarang, Kabupaten Bandung. Masjid ini termasuk fenomenal dan monumental karena dirancang langsung oleh gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Konsep dari Masjid Al-Irsyad sendiri adalah green mosque alias masjid hijau. Itulah kenapa masjid ini ditumbuhi oleh berbagai tanaman serta pepohonan yang tinggi, membuat suasananya semakin sejuk.

Luas bangunan dari masjid ini sendiri adalah 1000 meter persegi dan berbentuk kubus. Gubernur Ridwan Kamil sendiri mencontoh Masjidil Haram dan Ka’bah sebagai inspirasi pembangunan masjid ini.

7. Masjid Raya Trans Studio Bandung

Masjid Raya Trans Studio Bandung
thetranshotel.com

Masjid Agung Trans Studio Bandung terlihat menarik dengan desain yang modern dan kapasitas yang sangat luas. Lokasinya tepat berada di dalam Trans Studio Bandung.

Masjid megah ini nggak hanya menyediakan tempat ibadah yang luas, tetapi juga tersedia jadwal kajian untuk mereka yang ingin belajar Islam lebih dalam.

8. Vihara Vipassana Graha Bandung

Vihara Vipassana Graha Bandung
wihara.org

Vihara Vipassana Graha Bandung merupakan tempat wisata religi bagi mereka yang beragama Hindu. Bangunan ini miliki ciri khas berupa banyaknya Candi sejumlah 1000 buah.

Sekilas, tempat wisata ini berbentuk seperti Vihara di Thailand dengan stupa yang lumayan tinggi. Mungkin bagi kamu yang belum sempat tahu Vihara ini, mengira lokasinya ada di luar negri.

Vihara ini sendiri sudah terkenal hingga mancanegara dan didatangi berbagai orang dari dalam hingga luar negri. Dua buah patung gajah putih yang ada di Vihara ini jadi daya tarik tersendiri para pelancong.

Setelah mengunjungi salah satu dari delapan tempat wisata religi di Bandung, kamu bisa mencari penginapan terbaik untuk menginap. Ada banyak hotel murah dan terbaik di Bandung, salah satu contohnya adalah Intercontinental Bandung.

Ini adalah hotel bintang 5 di Bandung dengan fasilitas terbaik yang berlokasi di Jalan Resor Dago Pakar Raya 2B Resor. Booking sekarang via Traveloka, dapatkan harga promo dengan biaya terjangkau dan potongan besar!

Lina Muryani

Add comment