Catatan Muslim
Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

5 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga, Berpenghasilan Tanpa Meninggalkan Kewajiban

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini adalah beberapa yang paling realistis dijalankan saat ini. Tak butuh modal banyak selama memiliki kreatifitas dan pastikan modal terus berputar.

Menyadari bahwa ada banyak keluarga yang merasa tidak nyaman dengan kondisi ini dan membutuhkan solusi atas masalah finansial. Satu usaha atau bisnis kecil-kecilan bila ditekuni kelak akan tumbuh dan berkembang menjadi besar.

Tak sedikit para suami yang mengalami penurunan penghasilan, hingga terpaksa diberhentikan oleh perusahaan di tempatnya bekerja. Miris memang, tapi tidak ada yang bisa disalahkan sebab ini murni bencana.

5 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga, sekali pun masih harus menjaga dan merawat anak masih kecil. Berikut beberapa rekomendasikan 5 peluang usaha yang bisa dicoba:

  1. Warung Kelontong

Usaha warung kelontong keberadaannya selalu populer,  baik di kota ataupun di desa. Berbagai kebutuhan rumah tangga yang lengkap membuat usaha ini senantiasa berpeluang memiliki banyak pelanggan, mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, bahkan hingga anak-anak.

Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, salah satunya karena bisa tetap menjaga dan mengawasi anak. Jika usaha sudah mulai besar dan jumlah pelanggan atau aset meningkat ada baiknya untuk mempekerjakan karyawan tentu sebuah pilihan yang sangat bijaksana.

  1. Konter Pulsa

Siapa yang tidak membutuhkan pulsa, kuota, hingga token listrik? Hampir semua orang membutuhkannya, apalagi di zaman digital seperti sekarang ini. Cukup duduk menunggu dan melayani customer, tentu ini merupakan peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang sangat recomend.

Usaha ini tidak membutuhkan ruang yang luas dan salah satunya bisa memanfaatkan garasi rumah. Bahkan hanya dengan menaruh etalase di teras lengkap dengan spanduk sekali pun pun bisa.

Menjalankan usaha ini pun tidak membutuhkan keterampilan yan berarti, sehingga mudah dijalankan oleh pemula sekali pun.  Modal yang dijalankannya pun tidak terlalu besar, cukup menyiapkan produk utamanya yaitu pulsa dan kartu perdana.

Jika modal memang memadai, tidak ada salahnya jika melengkapinya dengan aksesoris smartphone, maupun produk yang lainnya.

Baca juga: Toko Mainan Anak Salah Satu Peluang Usaha yang Sangat Menjanjikan

  1. Bisnis Fashion

Pakaian adalah salah satu kebutuhan yang pasti dibutuhkan oleh semua orang, sehingga cocok untuk membuka usaha ini. Bisa dibilang bisnis seribu umat karena sangat banyak mereka yang bermain di bisnis ini.

Memulai jualan secara online maupun offline bisa dilakukan kapan saja dimana saja. Jika tidak memungkinkan untuk meninggalkan anak, maka tidak usah menjemput bola.

Memiliki pelanggan yang dekat-dekat saja lebih direkomendasikan dari pada harus mengorbankan anak. Customer juga akan paham dengan keadaan bunda, sehingga jika benar-benar berminat, tentu tidak keberatan untuk mereka datang ke rumah untuk melihat dan membeli barang yang dijual.

Sesekali buatlah postingan yang menceritakan aktivitas selama di rumah, terutama bersama anak. Dengan demikian calon customer akan  benar-benar mengerti dan memahami kesibukan bunda.

  1. Usaha Menjahit

Bagi bunda yang memiliki keterampilan menjahit sebenarnya pandemi Covid-19 memberikan peluang penghasilan, diantaranya dengan membuat masker. Bunda bisa membuat masker yang menarik, sehingga nyaman dan tetap percaya diri ketika digunakan.

Selain masker tentu juga bisa melayani pesanan para tetangga maupun teman di media sosial, seperti pesanan baju, celana, hingga seragam sekolah dalam partai besar.

  1. Bisnis Kuliner

Bisa dikatakan bisnis kuliner adalah usaha yang tak akan lekang di makan waktu. Kapanpun dimana pun pangsa pasar terbuka lebar.

Usaha pembuatan kue bukan hanya trend ketika menjelang lebaran saja.  Usaha ini semakin terbuka lebar salah satunya untuk keperluan ulang tahun.

Anak-anak zaman sekarang mayoritas meminta ulang tahunnya dirayakan, bukan hanya di kota bahkan anak-anak yang tinggal di desa sekali pun. Soal harga pun bisa dikondisikan sesuai dengan budget yang ada.

Tak hanya kue, aneka jenis minuman atau jajanan kekinian pun bermunculan. Inovasi dari para pelaku kuliner berubah dengan sangat cepat dan ini pastinya menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Dengan bantuan internet siapa saja bisa dengan mudah meningkatkan kompetensi. Ada situs, video hingga aplikasi yang siap menyediakan tutorial terbaik hingga mendetail.

Penutup

Demikian referensi 5 peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang dapat disampaikan. Usaha apa pun sebenarnya bisa dijalankan sendiri bila masih memungkinkan.

Jika usaha sudah berkembang ada baiknya untuk merekrut orang yang bisa dipekerjakan. Ingat sukses itu hanya ada bagi mereka yang tekun dan bersedia kerja keras.

 

Chinta Velina

Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. -Seno Gumira Ajidarma

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.